Saturday, October 24, 2015

Sekilas Dan Kesan Pertama Tentang RPG Maker MV


Kemaren gw beruntung banget bisa dapet RPG Maker MV dari pre-order berkat bantuan temen. Dan disini gw akan mengulas beberapa kesan pertama gw liat generasi penerus seri RPG Maker yang satu ini untuk referensi bagi kalian yang belom punya. Asumsi kalian sudah tau seluk beluk RPG Maker VX Ace dan seri RM sebelumnya, karena gw bakal ngebandingin ama mereka

Besar program RPG Maker MV
Hal yang perlu diperhatikan disini sebelum kalian memulai mencoba tool yang satu ini, bahwa gede dari file yang akan didownload adalah dua kali lipat dari RPG Maker VX Ace yaitu dengan besar sekitar 533 MB dalam format zip. Dan begitu selesai diinstal akan bengkak menjadi 749 MB

Ok, berlanjut ke memulai sebuah project. Tidak sama kek tradisi RM pada umumnya dimana kamu punya RTP di folder terpisah, tapi setiap kali buka project, semua RTP langsung dikopi dalam folder projectmu dan gede total sekitar hampir 400 MB

Buat yang punya internet ama quota pas-pas'an plus free space yang tinggal secuil, gw saranin untuk mempertimbangkan ulang jika kalian bener-bener mau mencoba tool ini.

Gede satu project begitu dibikin

Rajin-rajin memangkas resource yang ngga dibutuhkan. 170 MB berasal dari Audio dan 200'an MB berasal dari Graphics. Gw yakin gak semua grafis ato sound kepakai. Jadi pilih-pilih. Dan hati-hati bagi yang demen bikin NEP (Baca: Never Ending Project) kebanyakan, ntar bisa-bisa HDD kalian bengkak cuman karena project gak jadi-jadi =P