Sunday, November 23, 2014

Theo - Invisible Regions

Version : 1.1
Requires : Basic Modules v1.5
Perkenalan :
Script ini membuat agar daerah yang berbeda region ID dengan milik player tertutupi oleh petak gelap. Event yang berbeda region dengan player juga akan dihilangkan dari layar.

Layar Tembak :





Cara Penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main. Jangan lupa ama basic modulnya di taruh atas.

Untuk membuat map menampilkan efek ini, taruh notetag seperti ini di map properties
<invisreg>

Theo - Event Trigger There / Event Queue

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini memaksa event lain untuk dijalankan setelah event yang sedang berjalan saat ini selesai. 
  
Contohnya, jika event ID yang berjalan saat ini adalah nomor 2, dan kamu tentukan event yang berjalan berikutnya adalah event nomor 3, maka setelah event nomor 2 selesai, akan langsung mengeksekusi event nomor 3. Trigger action button, event touch, atau player touch tidak  berpengaruh.

Sorry ngga ada screenshot, soal e gw ngga tau apa yang mau gw tunjukin juga

Cara Penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main.
Untuk mengantrikan event yang akan dieksekusi, gunakan script call berikut
  
$game_map.events_queue << event_id


Friday, November 21, 2014

Theo - Message Idle Trigger

Version : 1.0
Perkenalan :
Snippet iseng lain, secara otomatis skip message yang ditampilkan setelah sekian frame tidak ada input dari player.

Cara penggunaan :
Pasang scriptnya di bawah material, namun di atas main
Set konfigurasi framenya semaumu. Script ini termasuk plug and play


Sunday, November 16, 2014

Theo - Character Shadow

Version : 1.0
Pembukaan :
Script ini memberikan shadow sederhana pada karakter.

Layar Tembak :



Saturday, November 15, 2014

Theo - Lock Party Leader

Version : 1.0
Pembukaan :
Snippet iseng gwa, dimana party leader ngga bisa diganti posisinya dengan formasi dari menu. Screenshot? nda usah lah.

Cara penggunaan :
Pasang scriptnya di bawah material namun di atas main
Cucuk dan main tanpa ada extra konfig lagi

Download :
Klik disini

Friday, November 14, 2014

ASR - Call Pictures

Version : 1.0
Dari : Aussenseiter
Pembukaan :
Pernah kesusahan dan kerepotan saat kamu mau menggunakan show picture untuk keperluan dialog yang menggunakan portret karakter? Script ini membantumu mempermudah untuk menampilkan portret karakter dengan settingan preset (sudah ada) untuk keperluan dialog ala VN (Visual Novel).

Fitur-fitur :
  • Menempatkan gambar pada dua tempat, Kanan dan Kiri
  • Memberikan efek pada gambar (fade, scroll in/out, animasi)
  • Script call yang sederhana
Layar Tembak :



Play Animation over picture

Apa itu RGSS? Definisi RGSS

RGSS adalah singkatan dari Ruby Game Scripting System. Sebuah library kode dalam bahasa C yang meng-ekstensi bahasa Ruby dan digunakan dalam seri RPG Maker sejak dirilisnya RPG Maker XP. RGSS dieksekusi dalam bahasa Ruby, dalam artian segala bentuk scriptnya adalah dalam bahasa Ruby.

Perlu diketahui bahwa script bukanlah program. Dimana perbedaan mereka adalah terletak pada model pengeksekusian. Code yang bukan script harus dikonversi menjadi bentuk bahasa mesin yang berisi biner satu dan nol agar dapat dijalankan, dimana bahasa kerennya adalah di-compile. Sedangkan script, merupakan bahasa interpreter yang tidak perlu di-compile untuk menjalankannya. Setiap perintahnya harus diterjemahkan satu-satu saat dijalankan. Umumnya script lebih lambat dibanding dengan bahasa pemrograman yang dicompile karena alasan ini.

Dalam library RGSS mengandung object dan method yang berfungsi untuk mengolah grafis, audio, dan data, termasuk data dasar dari struktur database RPG Maker di versinya. Meskipun RGSS dikhususkan untuk RPG Maker, scripter handal dapat membuat berbagai macam tipe game dengan RGSS.

Versi :
  • Versi original RGSS pertama kali dirilis dengan RPG Maker XP dengan versi Ruby 1.81
  • RGSS2 dirilis bersamaan dengan RPG Maker VX, dan masih menggunakan versi Ruby 1.81, normalnya jumlah frame rate lebih tinggi dibanding dengan RPG Maker XP dan lebih serba guna.
  • RPG Maker VX Ace adalah engine ketiga yang menggunakan RGSS, yang sering disebut sebagai RGSS3. Tidak sama dengan versi sebelumnya, versi Ruby yang dipakai adalah versi 1.92 dimana script tersebut lebih cepat dan lebih serba guna. 
Pustaka :

Wednesday, November 12, 2014

Error Dalam Penggunaan Script

"Kk, scriptnya kok waktu ane pasang malah error?"
Kalimat yang sering terdengar dari kebanyakan kalangan RMer yang biasanya baru menyentuh area script. Yup, gw bisa memaklumi sebenarnya kekurangan pengetahuan mereka soal script. Terkadang masalah ini terjadi karena kekurangan pengetahuan soal script, karena berbeda script berbeda pula cara penggunaannya. Welp, gw disini mau coba jelasin penyebab umum terjadinya error dalam pemasangan script dan tips untuk diagnosanya.



Penyebab umum tidak bekerjanya script

Kesalahan dalam pemasangan
Pemasangan yang tidak benar dalam penggunaan script bisa mengakibatkan terjadinya error. Pada umumnya, script ditaruh di bawah material, namun di atas main. Enterbrain sudah menyediakan tempat tersebut khusus untuk menaruh script. Untuk lebih jelasnya, coba kunjungi Cara pemasangan script.

Melakukan load game
Beberapa script tidak akan bekerja jika kamu melakukan load game. Kenapa? Load game berarti kamu me-load data yang sudah terinisialisasi / diciptakan sebelumnya. Bisa jadi data baru atau script yang kamu masukkan membutuhkan inisialisasi ulang. Biasanya errornya berupa "Undefined method for nilClass". Oleh karena itu, jika kamu memasukkan script, test dengan new game, bukan load game

Kompatibilitas antar script
Tidak semua script dapat dimasukkan bersamaan. Ada beberapa script yang saling konflik satu sama lain. Mungkin rada susah yang satu ini untuk mengidentifikasinya. Biasanya, script yang dibuat oleh pembuat yang sama, memiliki kompatibilitas lebih tinggi daripada yang tidak. Namun jangan takut untuk mencoba memasang script yang dibuat orang yang berbeda. Tidak semua mengalami masalah kompatibilitas kok.

Meski gwa bilang jangan takut untuk mencoba, namun juga jangan seenaknya mencampur adukkan semua script. Semisal jika ada script yang mengubah tampilan menu dari battle, dan kamu memasukkan script yang melakukan hal yang sama, sudah jelas mereka bakal ngga kompatible.

Kesalahan versi script RPG Maker
Ini mungkin kelihatan konyol, tapi mungkin bisa jadi script yang kamu masukkan adalah bukan versi RPG Maker yang kamu pakai. Sebagai contoh, kalau kamu memasukkan script RMXP ke RMVXAce, jelas-jelas mereka adalah versi RM yang berbeda. Jadi pastikan script yang kamu masukkan benar versinya.

Sunday, November 9, 2014

Theo - Script Backtracer

Peringatan! Script ini dikhususkan bagi para scripter
Version : 1.0
Perkenalan :
Pernah bingung saat kamu ingin menganalisa suatu method script, namun kamu tidak tahu sebenarnya method itu dipanggil di mana saja? Script ini bisa membantu kamu nge-backtrace suatu method script untuk menganalisa method.

Layar Tembak :

Contoh penggunaan
Hasil output

TSBS Bugfix - Opacity Error

Original Post : Theolized SBS

Berasal dari laporan seorang anonim di Saran dan Laporan Bug, dimana kalo kamu ngasi enemy yang "Appear Halfway" dan event yang ngeganti HP/MP semua enemy, maka enemy yang seharusnya belum muncul, akan muncul.

Bug ini ada pada versi 1.3c dan juga versi 1.4



Patch :
Klik disini

Bagaimana cara patch?
Cukup taruh scriptnya di bawah Implementation

News - Asynchronous Online Engine (ASOE)

Seperti yang pernah gw tulis di post ini. Bisa ngga RMVXA dibikin online? Iya dan ngga, karena emang susah ngebikinnya. Namun beberapa bulan kemaren ada orang yang ngebikin framework khusus untuk script online. Dengan script ini game VXA kamu bisa tukar menukan data secara online. Semisal ngebikin highscore yang diupdate berkala setiap kali player memenangkan game. Namun walaupun dikata online, script ini bukan untuk MMO dimana kamu bisa liat player lain berjalan secara realtime.

Untuk perkenalan lebih lanjut, bisa kamu lihat di blog Welcome to ASOE.
Pada hari ini, script ini sudah dirilis versi Alpha-nya. Cek disini untuk info lebih lanjut.

Catatan :
Script ini bukan untuk kalian yang masih pemula. Karena script ini membutuhkan beberapa bidang keahlian dan kebutuhan lain disamping dari RPG Maker itu sendiri. Seperti,...
  • Kemampuan membaca bahasa inggris, karena dokumentasinya bahasa inggris. Dan, gw ngga punya ketertarikan untuk belajar networking, jadi sorry gw ga bisa terlalu bantu.
  • Server untuk mengeksekusi file PHP
  • Tentunya kalian juga harus ngerti cara koding PHP dan MySQL
  • FTP Client untuk mengupload file ke server
  • Sisanya baca sendiri di post originalnya :v

Saturday, November 8, 2014

Theo - Window Class Name Display

Version : 1.0
Perkenalan :
Bermula dari ketika gwa ngedit projectnya orang dimana menunya udah pre-made alias bukan menu default lagi. Otomatis gwa juga harus belajar ulang struktur script e. Banyak window baru, susunan baru, heck daripada gw jelajahin satu-satu, mending gwa bikin snippet yang nampilin nama-nama window biar gwa enak kalau mau ngedit script di bagian mana.

Ide ini bukan ide yang original aslinya. Ide aslinya gwa terinspirasi dari Luna Engine. Dimana di Luna Engine emang ada fitur buat nampilin nama window sekaligus. Karena script itu komersial dan ga bisa sembarang sebar, ya udah gw bikin versi gwa sendiri aja

Script ini dikhususkan bagi kalian para scripter buat ngebantuin kalian.

Layar Tembak :



Aussenseiter © Erojiji (RMID)

Update - Light Effect v1.2

Version 1.2
Original Post : Light Effect
Apa yang baru?

- Light Effect on player


Ide dari orang anonim yang mendadak comment di post light effect. Sekarang kamu bisa nyalain lampu di karakter player.

- Lag Reduction
Jika kamu ngasih banyak light effect di map, maka hasilnya akan ngelag. Sebenernya ini udah lama gw bikin buat game gw sendiri Skyward Temple. Tapi nda gwa update-update lantaran nda ada yang protes :v

Download :
Cek original postnya

Thursday, November 6, 2014

In Progress, Helpfile Bahasa Indonesia


Helpfile, bagi kalian pasti sudah tidak asing dengan yang namanya helpfile. Kotak window yang muncul saat kamu memencet F1 pada umumnya. Helpfile mencakup sebagian besar dokumentasi dasar dari operasi sebuah program, tak terkecuali RPG Maker. Helpfile juga sudah menjelaskan hal-hal dasar dari tutorial yang tersebar di internet. Namun, kenapa help file tersebut jarang ditengok oleh yang baru belajar RPG Maker dan malah mencari tutorial / buku? Ada beberapa kemungkinan untuk hal ini.
  • Memang ngga tau adanya helpfile pada RPG Maker
  • Navigasi susah, karena tidak diajarkan langkah-per-langkah
  • Bahasa inggris. Sebagian besar pemula RMer indo (yang gw tau) menolak untuk membaca dan mencari tutorial yang memakai bahasa asing.

Monday, November 3, 2014

Next Project: Theolized Grid Battle System

English post : Read here

Setelah nyelesein TSBS versi 1.4, sekarang gw mempersiapkan project script gede gw selanjutnya. Grid Battle System. Grid Battle System apaan seh? Baca aja disini.

Tapi sebelum bisa jadi script yang serba guna, gwa yakin ini bakal waktu lama sekitar 1 taun macem TSBS gw. Maka dari itu gwa mau ngebikin script ini sama caranya kek gw ngedevelop TSBS gw setaun yang lalu. Gw ga menduliin kompatibilitas, soal e itu ngebikin gwa justru ngga bisa ngelakuin banyak hal. Yang penting ide gwa salurin dlu, ide gwa, kompatibilitas ntaran.

Ide-ide dan referensi yang bakal gwa ambil adalah dari sini.
Ok, maduin semua konsep jadi satu kesatuan itu susah. Karena itu gwa mau mulai dari ide-ide gwa sendiri. Gw ga yakin konsep gwa ini terbaik, setidaknya ini yang bisa gwa pikirin sekarang.

Party dan Troop punya wilayah sendiri
Seperti Eremidia: Dungeon! Kamu ngga bisa seenaknya masuk wilayah lawan. Gw rasa ini bakal lebih mudah scriptingnya daripada harus ngebikin pergerakan yg bebas

Posisi grid menentukan bonus
Yep, bonus. Semisal makin maju, seranganmu bakal ditambah, kalau mundur defend u bakal bertambah, dan sebagainya.

Sistem menarget
Ini adalah bagian paling rempong. Kalo mau jujur gw rada-rada ngga sreg ama model targetingnya Eremidia: Dungeon! dimana u cuman bisa narget dengan jarak. Kalo musuhnya ada jauh di belakang dan u cuman bawa melee, ya bai-bai. Mungkin punya gw lebih mirip kek Cruna.

Cuman gw rada bingung ama dua ide gw.