Saturday, September 27, 2014

RPG Maker window too big? How do we fix it?

This article is a translation from this post with some change.





Some of you may already experience that the window of RPG Maker is too damn big. Do not ever ask this question on official forum or you will be suspected as a pirate. Though, the problem was not actually a pirated version of RPG Maker I guess. So, I decided to make this article to help you.

One of the answer is too expand your screen resolution. But it usually doesn't work because your screen is already meet the minimum resolution to work in RPG Maker. So, what is the problem?

Check your system font. Check whether the font named Verdana is exist or not. I bet it doesn't exist. It could caused by accidentally delete the font when you uninstall some software or you don't have the font at the first place. In this case, try to search the said font and install it in your system. 

I haven't got this problem, so I don't know if it requires to reboot or not. I just got this solution from my friend who has similar problem, and he solved it.
So, well... good luck. I hope this help ^^

Wednesday, September 24, 2014

RPG Maker VX Ace diport ke android?

Barusan gw nemu berita kalo sekarang Enterbrain bakal kerjasama ama Degica untuk bisa ngebikin game RMVXA diport ke android. Namun hal ini cuman sekedar wacana doang. Lantaran emang barusan muncul berita ne dan belom ada kabar lebih lanjut. Jadi tunggu saja kedepannya. Yah, setidaknya ikut berharap juga, walau gw jujur masih agak pesimis sih.

Sumber : http://www.siliconera.com/2014/09/23/expect-rpg-maker-games-smartphones-soon/

Theo - State Damage using Skill

Version : 1.0
Perkenalan :
Pernah kepikiran untuk membuat slip damage pada state tidak hanya berdasar pada persenan? Namun berdasar skill? Dimana di dalam skill tersebut ada formula yang dimana user (dilambangkan 'a' dalam formula) adalah yang  memberikan state tersebut kepada target? Dengan kata lain, slip damage tergantung kepada subject yang memberikan state pada korban. Script ini akan  membantumu

Video :



Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main.

Tuesday, September 23, 2014

Simple Left Side Currency

Version : -
Perkenalan :
Cuman snippet iseng yang nggeser currency jadi ada di sebelah kiri


Layar Tembak :



Cara penggunaan :
Pasang di bawah material namun di atas main.
Script ini cucuk dan maen. Ngga perlu repot2. Ngga kredit juga ga masalah _(:3J

Theo - Notification Window

Version : 1.0
Require : Basic Modules
Perkenalan :
Script ini memberi kamu alternatif untuk menampilkan notifikasi daripada harus menggunakan show text. Notifikasi akan di munculkan di atas dan tulisan akan tampak seperti diketik

Layar Tembak :


Monday, September 22, 2014

Update - Fast Travel v1.2

Version : 1.2
Original Post : Fast Travel
What's new?
Atas ide yang gw dapet dari rekues e Allusion dari VXAN dan sekalian gw lagi tahap jenuh nggarap TSBS, gw iseng2 update script ini jadi lebih baik.

Change Background
Sekarang kamu bisa definisiin background setiap listnya





Optimasi kode
Atas ilmu yang gw dapet dari kebanyakan ngoding mulu, gw baru sadar kalo script gwa ini fail banget. Herannya kok ngga ada yang ngereport gitu lho. Script ini aslinya potensi game breaker yang bisa ngebikin Game.exe crash. Berarti nda ada yang make dong? :/ well ya sudahlah. Yang penting strukturnya sedikit gw benerin biar ngga crash

Theo - Random Battle Transition v2

Version : 2.0
Sebelumnya : Random Battle Transition
Perkenalan :
Script ini ngebikin tiap kali masuk battle menampilkan transisi yang berbeda-beda. Tentunya kamu harus punya file gambar untuk transisinya. Script ini hasil rewrite dari versi sebelumnya. Sekarang kamu bisa switch battle transition semaumu sendiri.

Layar Tembak : (ngga ada bedanya ama yang sebelumnya)



Theo - Passability Checker

Version : 1.0
Requires : Basic modules
Perkenalan :
Punya masalah dengan pengecekan passability? Ngga punya waktu buat ngecekin tiap sudut peta? Script ini ngebantu kamu buat ngecekin seluruh isi peta dan ditampilkan dalam bentuk garis. Sehingga kamu tahu mana yang punya passability salah

Nb : Aslinya mau gw namain Passability Debugger

Layar Tembak :



Monday, September 15, 2014

Update - Basic Modules v1.5d

Version : 1.5d
Original Post : Basic Modules
What's new?

- Jump in same place
Cuman benerin sedikit fungsi jadi lu bisa lompat di tempat yang sama. Berguna kalo lu make script TSBS gw. Kalo penasaran kek gimana


Caranya gunain di TSBS gw cukup dengan pake command [:slide] dan pastiin kamu masukkan koordinat x ama y dengan nol. Contoh :
[:slide, 0, 0, 25, 10],

Faceset - Elmer RTPVX

Ok, setelah ngapdetin cewe-cewe doang, sekarang giliran si cowo. Untuk kali ini gwa share si Elmer dari RMVX. Wajahnya jadi lebih dewasa menurut gw. Dan kelihatan tambah keren. Kalo mau dipake, jangan lupa kredit gw, TheoAllen / Theolized RGSS3



Sedikit catatan. Gw lupa ngasi highlight rambut e. Dan karena udah terlanjur banyak, gw males nambahin. Jadi ya biarin gini aja dah.

Faceset - Alice RTPVXA

Gambar berikutnya. Sorry cewe lagi, gw cowo wajar gw suka cewe. Tapi untuk kali ini entah kenapa gw kurang puas nggambar e. Kayaknya ada yang salah di struktur wajahnya gitu. Emotnya gw bikin random juga, dan keknya out of character banget emot yang gw bikin. Dari gambar asli RTP ne kelihatan kalem tapi disini malah jadi beda. Well, ntar-ntar gw edit lagi dah kalo ada waktu.



Sunday, September 14, 2014

Faceset - Natalie RTPVXA

Sekali-kali nggambar yang bitchie. Asline kurang demen ama karakter ini sih. Tapi entah kenapa jadi tantangan tersendiri nggambar e. Langsung aja dah. Kalo dipake jangan lupa kredit gw, TheoAllen / Theolized RGSS3.



Saturday, September 13, 2014

Dibully, dikomen pedes, atau dikacangin?

Sama halnya seperti komunitas lainnya. Dari luar, komunitas itu sepertinya oke-oke saja dan asik. Namun sebenarnya komunitas tidak jarang sering terjadi konflik internal. Tak terkecuali komunitas RPG Maker di Indonesia.

Banyak para pemula yang baru saja mau mencoba RM dan masuk ke komunitas ini, namun jika tidak beruntung bisa jadi dia kena bahan bully. Seperti dikatain Noob yang ga mau berusaha, suruh cari tutorial sendiri dan semacamnya. Yup, konflik internal kek gini adalah yang emang sering bisa kalian liat. Tak terkecuali terkadang gw sendiri pernah jadi antagonis yang ngebully juga. Well, setidaknya gw ngakuin diri gw sendiri.

Dibully lebih baik daripada dikacangin?

Beberapa orang percaya bahwa ditanggepin dengan cara dibully itu lebih baik daripada ngga ditanggepin sama sekali. Apakah hal ini benar? Bisa jadi ... Namun, apa yang terjadi jika kalian keterlaluan ngebully orang yang jadi target kalian?

Si korban bisa saja down. Dia ngerasa ga mampu lantaran dia langsung tau semua kelemahan yang dia miliki. Karena sudah tahu semua kelemahan, akhir e mau naek kembali takut, ngga percaya diri, bahkan cuman buat tatapan muka ama banyak orang. Parahnya, dia bisa ampe dendam kesumat ama elu yang pernah ngebully dirinya. Percaya, gw pernah ngebikin orang jadi sampe kek gini. Dulu banget....

Dan kalian masih percaya kalau ngebully itu lebih baik?

Lalu bagaimana dengan dikacangin? Apa lebih baik?

Ngacangin seseorang itu adalah cara aman menghindari masalah. Konsep ini sering dipakai di forum luar yang sering gw singgahin. Kalau lu ngga bisa ngomong baik, ngga usah kasi komentar apapun. Si korban kacangan bakal belajar secara ga langsung. Apa yang salah dari dirinya? Dan tentunya ngga bisa marah-marah ke orang tertentu soal e ngga punya target.

Namun jika yang terjadi adalah kemungkinan terburuknya, yang jadi target adalah satu komunitas itu. Dia nganggep komunitas yang dia singgahin itu jelek tanpa memperhatikan diri sendiri kok sampe bisa dikacangin. Parahnya lagi kalo si doi curhat di blog atau tempat lain yang ngejelek-jelekin komunitas itu.

TSBS Devlog 1.4 - Improved Timed Hit

Sorry pengen ngasi teaser lagi buat TSBS versi ke 1.4. Improved timed hit. Kali ini kalian ngga cuman bisa ngasi pencetan confirm button doang. Tapi bisa shift atau tombol lain. Dan kalian bisa ngebikin beda tombol beda sequencenya. Atau bahkan ngehindar jika berhasil mencet tepat waktu. Well, langsung saja deh ini teasernya.


RPG Maker Tutorial Video Bahasa Indonesia

Gw aslinya sudah tau ini cuman karena gw lupa siapa orangnya dan lupa dimana dia dlu ngeposnya akhirnya kedelay sampe sekarang. Nah berhubung gw baru saja nemu tadi, gw share disini sekalian. Sayang sekali video kek gini jarang banget yang nonton. Si doi fokusnya ke RMVX. Tapi ngga beda jauh sebenernya ama RMVXA. Langsung aja deh
Credit : Randa Nugraha
P.S : Buat yang ngebikinin video ne makasih banyak ya. Kalo ngga berkenan gw pasang disini, boleh lapor nanti gw hapus :D

Friday, September 12, 2014

Theo - Multiple Animation Display

Version : 1.0
Request by : LadyMinerva
VXAN Post : Multiple Animation Display
Perkenalan :
Pernah kalian ngebikin animasi bejibun sampe dalam satu frame animasi kalian nampilin gambar sampe 16? Yup itu adalah batas maksimal dari gambar animasi. Dan pernahkah kalian kepikiran buat gunain gambar lebih dari dua? Script ini bisa membantumu dengan menggabungkan dua database animasi jadi satu.

Screenshots :







Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main.
Dan perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Prevent TP Charge by Damage

Version : 1.0
Perkenalan :
Secara default, jika kalian make system TP di RMVXA, setiap kali aktor kalian kena damage dari musuh, bakal nge-charge bar TP. Nah ini terkadang ngeselin buat beberapa skill yang ngurangin TP lewat damage formula. Script ini ngebantu kamu ngedisable TP buat dicharge saat aktor kalian kena damage

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Tuliskan <no charge> pada skill notebox untuk membuat skill tidak berefek pada TP

Thursday, September 11, 2014

Disclaimer! PC / Lappie lu BSOD, jangan salahin script gwa

Barusan beberapa menit yang lalu gwa dapet keluhan seseorang kena BSOD. Pasalnya dia terkesan kek nyalahin gwa, karena bilang dia abis masang basic modul gw trus kena bluskrin. Itu menyiratkan gw yang nyebabin kompinya kena BSOD.



Ok, emang enak nyalahin apa yang barusan kalian lakuin itu dicurigain sebagai penyebab kasus ini. Termasuk salah satunya masukin script gwa trus seenaknya sendiri bilang gara-gara script gwa gitu.

Perlu kalian tau, script gwa ngga ada yang pernah utak-atik internal sistem Windows kalian. Gw ngga pernah gunain Win32API call yang notabene dari library windows. Pol-polan akses file external. Basic modules gw yang dicurigain disini juga ngga pernah akses file luar selain internal RGSS3 sendiri.

So, jika kompi kalian kena masalah sehabis masukin script gwa, cek dulu emang lappie atau PC lu yang ngga beres. Gw ga tanggung jawab atau ikut2an masalah u soal ini. Ngga bisa make script gwa lantaran PC lu kena trouble? itu urusan lu sendiri. Thanks...

P.S : Bagi yang ngga ngerti BSOD

Faceset - Actor 4-6 RTPVXA

Ada yang kenal aktor ini? Setau gw aktor ini belom ada namanya. Well, namain aja sendiri dah. Rencananya facesetnya mau gwa tambahin lagi nantinya.



Wednesday, September 10, 2014

Kesalahan umum dalam mempromosikan game

"Kk master dan senior sekalian, tolong coba game ane dong. Disini link donlotnya"

Kalimat di atas tentu saja bukanlah hal yang asing lagi apalagi di telinga orang-orang yang udah cukup lama menggandrungi dunia developing RPG Maker. Mungkin bagi kalian-kalian yang masih baru memegang tools RPG Maker ini dan ini pertama kalinya bagi kalian untuk membuat game dan kalian berhasil, kalian pasti merasa excited banget, bukan?

Nah, lantaran kalian terlalu seneng, kalian ini segera orang lain mencobanya dan tergesa-gesa membagi link download tanpa memperhatikan lawan bicara kalian. Dan akibatnya kalian melupakan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat mempromosikan game. Apa aja itu?
Deskripsi game
Yup, deskripsi. Ini hal yang mendasar namun entah kenapa gw masih sering lihat orang-orang yang baru masuk dunia seperti ini melupakan hal yang satu ini.

Deskripsi game menjelaskan sebenarnya apa isi dari game kamu itu. Bagaimana ceritanya? Siapa saja tokohnya? Fitur apa saja yang disajikan game kamu? Genre? dan berapa lama playtimenya? Dengan adanya deskripsi yang jelas tentang game kamu, orang akan bisa menilai bahwa kamu membuat game setidaknya lebih niat dan ngga asal-asalan. Game yang tidak berdeskripsi tentu saja orang akan bingung sebenarnya yang akan dia maenin itu game apa? RPG? Horror? dating sims? ato jangan-jangan virus? Orang akan ragu untuk mendownload game kamu.

Faceset - Eric RTPVXA

Bingung mau ngomong apaan di post kek gini :v
Intinya pokoknya gw cuman mau share aja Eric hasil redraw'an gw barangkali ada yang mau cari-cari gambar RTP style lain. Rencananya nanti karakter RTP yang lain juga bakal gw redraw pake style gw.



Skyward Temple Dungeon Battlebacks

Sekalian buat semakin gedein isi blog, gw sekarang juga mau nyabang ke hal material grafis. Walo disini paling gw cuman bisa edit-edit atau cuman bikin grafis abal-abal doang. Bukan ngerendahin diri, gw emang ga bisa make photoshop, serius. Gw ngedit pake software greget, Painttool SAI lol

Langsung saja deh. Gambar-gambar di bawah ini diambil langsung dari game gw ED: Skyward Temple. Jika mau make battleback ini, tolong cantumin kredit ke Enterbrain dan TheoAllen / Theolized RGSS3

Tuesday, September 9, 2014

Pertanyaan mainstream mengenai RPG Maker

Berhubung karena gw sering kali mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti ini, gw mau coba bahas semuanya di satu post ini barang kali kalau ada orang mau cari-cari. Dan setidaknya bisa untuk cari referensi walau setidaknya semua jawaban yang ada disini cuman murni dari gw dan sepengetahuan gw. Bisa jadi jika kalian menanyakan sumber yang lain, jawabannya akan berbeda. Well, langsung saja deh, berikut beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai RM dan biasanya yang tanya hal seperti ini adalah yang baru kenal RPG Maker
  • RPG Maker bisa bikin game 3D ga?
Pertama, emang apa yang ada di pikiranmu saat kamu menanyakan hal 3D di RPG Maker? Kamu ingin membuat game 3D dengan kemudahan seperti RPG Maker? Tidak bisa, RM itu game engine khusus buat 2D. 

Jikalau kalian nemu game RM yang terlihat seperti 3D, itu adalah Mode-7 dimana cuman ngemanfaatin grafis 2D dipaksa jadi 3D. Tentunya hasilnya tidak akan maksimal jika kalian menggunakan engine yang fokus ke 3D seperti unity. Jadi saran gw, kalau kalian memang pengen buat game 3D, RPG Maker itu pilihan yang salah
  • RPG Maker bisa dibikin online ga?
Bisa, dan tidak. Gw sempet denger isu bahwa sebenernya RPG Maker bisa untuk bikin game online dengan cara tertentu. Dan kabarnya ASOE, script online untuk RMVXA bakal rilis akhir tahun ini. Tidaknya adalah karena, gw ngga pernah denger game RM dijadikan online, berhasil, dan menjadi begitu gempar di komunitas RPG Maker internasional. Mungkin mereka gagal? bisa jadi, mungkin juga ngga lantaran hanya untuk kalangan tertentu. 

Tentunya kalau kalian mau bikin online, persiapkan aja ilmu programming yang mantab, pelajari PHP, jaringan, dan socket programming. Lalu, siapkan server, koneksi yang memadai dan hal rempong lainnya. Gw pribadi lebih menjawab ke Tidak soal urusan ini

Monday, September 8, 2014

RM Beli ama bajakan, bedanya apa?

Yang satu ini termasuk pertanyaan yang cukup menggelitik menurut gwa. Beberapa orang masih dengan polosnya menanyakan hal ini. Ok, gw ga berniat menuduh seseorang, silahkan bagi yang merasa ya silahkan merasa. Ok, balik ke pertanyaan awal. Jadi apa bedanya RM yang original / asli / beli jika dibandingkan dengan bajakan? Apakah ada fitur yang lebih baik? Atau bagaimana?

Jika kamu punya RM dengan beli, kamu bisa mengambil manfaat antara lain berikut ini
  • Kamu mendapat support dari forum internasional. Karena mereka akan melakukan instant ban jika ketahuan yang kamu pakai adalah illegal.
  • Untuk yang beli ke steam, kamu bisa backup project kamu dengan steam workshop. Jadi nda usah khawatir takut hilang.
  • Jika kamu mengambil krek'an yang salah, bahasanya adalah full bahasa jepang dan ada kemungkinan terdapat bug atau beberapa fitur yang kurang seperti box script call yang kecil saat kamu membuat event. Versi terbaru box script call udah gede banget
  • Tentunya kamu punya hal untuk mengkomersilkan game kamu tanpa mendapat cemo'ohan dari kalangan developer lainnya atau ancaman lainnya.
  • Kamu telah berusaha membebaskan bangsa Indonesia yang kerap dipercaya sebagai negara pembajak software.
  • Kamu menghargai yang membuat RPG Maker, tentunya kamu juga akan dihargai oleh orang lain.
Namun ada beberapa orang yang kerap sekali mencari celah-celah untuk urusan aturan ini. Seperti memperpanjang masa trial dengan cara ngeroll-back date, pake deep freeze, manfaatin komputer warnet dan semacamnya. Lalu dengan memanipulasi trial date mereka menganggap mereka menggunakan RM secara legal dan gratis. 

Saturday, September 6, 2014

Layar RPG Maker yang kegedean dan cara benerinnya

Ok,... problem ini termasuk problem yang mainstream dan sering ditanyain di komunitas RM setidaknya RM Indonesia tapi ngga ada yang mau dokumentasiin cara benerinnya. Layar screen RM yang kelewat gede, dan resolusi layar kamu seharusnya juga sudah cukup. Namun kenapa layar screen RM masih tetep kegedean?

Contoh kasus kek gambar dibawah ini



Kasus kek gini ngebikin bete banget lantaran lu ngga bisa pencet ok, cancel, dan semacemnya. Berlaku untuk eventing dan databasing. Well, gw sendiri belom pernah ngalamin kejadian kek gini. Jadi tulisan ini semata hanya gw dapet dari narasumber gw. Biasanya penyebab layar RM bisa segede ini lantaran font kamu ada yang hilang, yaitu font Verdana. Coba cek font di PC lu, (katanya sih) penyebab hilangnya font itu lantaran kamu habis uninstall sesuatu.

Nah, pemecahan masalahnya tinggal cari aja font Verdana, install di PC lu, dan buka ulang RPG Maker lu. Semoga berhasil :D

Friday, September 5, 2014

TSBS Devlog v1.4 - Advanced Projectile Controls

Ok, dengan post ini gw cuman mau merayakan prestasi yang barusan gw dapet kemaren. Gw lagi mempersiapkan TSBS versi ke 1.4 dan itu bakal ngerombak sebagian besar struktur script bagian implementasi. Tapi hasilnya lumayan keren lah :D

Sedikit teaser untuk versi TSBS berikutnya dan sekaligus fitur yang gw banggain. Advanced projectile controls