Sunday, March 30, 2014

Theolized RGSS3 Will Be Back on Summer 2014

Just want to announce that I will be vacuum on production until summer (July 2014). This is the busiest semester I have. Also I joined two different projects with two different team mates. So, I would prefer to do the projects than post something on this blog. So, see you later...

Sunday, March 23, 2014

Theo - Region Switcher

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebuat kamu bisa ngeswitch region dari nomor tertentu ke nomor lain. Berguna buat mendukung script-script yang ngemanfaatin region

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main.
Gunakan script call seperti berikut
region_switch(ori_id, switch)
Ganti ori_id dengan original region ID yang akan kamu ubah. Contoh :
region_switch(1, 0)
Script call tersebut akan mengubah region id dari map saat kamu berada yang awalnya nilainya 1 akan jadi 0.

Saturday, March 22, 2014

Anvil Studio - Software Gratis Untuk Membuat Lagu


Official Site : http://www.anvilstudio.com
Bagi para developer RPG Maker tentu sudah ngga asing lagi dengan yang namanya BGM atau Background Music. Bahkan bisa jadi adalah salah satu hal wajib. Nah, namun rasio composer dibanding skill lain (terutama di Indo) adalah bisa dibilang paling sedikit daripada skill yang lain (script, event, story, drawing). Bisa jadi karena kebanyakan dari mereka tidak tau dan tidak mengenal software pembuat lagu. Kali ini wa mau memperkenalkan software gratisan andalan gwa untuk membuat lagu. Dijamin halal :D

Overview :
Anvil Studio adalah software gratis yang memfokuskan pada pembuatan lagu berformat MIDI. Walaupun sebenarnya Anvil ini bisa dipake buat rekaman atau untuk meng-export format audio yang lain dengan cara tertentu.

Sejauh ini Anvil Studio memang jarang dipandang atau kurang terkenal karena secara fitur dia kalah dengan seniornya, Fruity Loops Studio (FL Studio). Dan disamping itu, juga karena kurangnya minat untuk mendengarkan atau membuat lagu berformat midi.

Perbandingan Anvil dengan FL Studio :
  • Anvil adalah software gratis.
  • Ringan. Bisa dijalankan di komputer jadul sekalipun.
  • Dengan cara tertentu, kamu bisa menyetting loop untuk digunakan dalam RPG Maker.
  • Anvil support composing model partitur / Not balok dan tabulasi gitar. Sedangkan FL hanya piano roll saja
  • Tidak memiliki pattern controler seperti FL.
  • Tidak memiliki VSTi selengkap FL.


Friday, March 21, 2014

PaintTool SAI - Software desain grafis untuk penggambar

Official Site : http://www.systemax.jp/en/sai/
Fansub Fansite : http://detstwo.com/sai/
Well, walaupun artikel ini tidak berhubungan secara langsung dengan RPG Maker, namun software ini cukup berguna bagi mereka yang bergerak pada bidang artist atau graphics resource terutama untuk desain karakter, bust portrait, atau faceset.

Kebanyakan orang Indonesia lebih mengenal software-software desain grafis mainstream semacam Photoshop atau Corel Draw. Hal yang sama terjadi pas waktu klub UKM kampus gwa lagi ada oprec (open recruitment) buat rekrut divisi artist. Dari sekitar 30'an (atau 40 gw lupa), yang kenal dengan software ini hanya berkisar kurang lebih tiga orang. Padahal menurut gw, bagi mereka yang emang murni doyan nggambar, ini adalah software wajib. 

Overview (pendapat dan pandangan pribadi) :
PaintTool SAI adalah software desain grafis 2D yang mengutamakan fungsi untuk menggambar daripada untuk mengedit sebuah gambar. PaintTool khusus menyediakan bagi mereka-mereka yang memang lebih suka menggambar dari 0 tanpa harus menggunakan generator atau template. Oleh karena itu SAI tidak memberikan tool-tool yang tidak relevan dengan tujuannya.

Meskipun dengan tool yang lebih terbatas dari seniornya (Photoshop dan software lain), dari komunitas-komunitas nggambar (internet) yang gwa kenal, kebanyakan mereka menggunakan SAI untuk membuat gambarannya. Lantas apa alasannya?

Wednesday, March 19, 2014

Event vs Script? Mana Yang Lebih Baik?


"If it can be done by event, why use script?"
or
"If it can be done by script, why use event?"

Termasuk orang manakah kalian? Jika kalian adalah ahli eventer bahkan bisa membuat HUD sendiri di map dengan cara show pic, bahkan membuat menu sendiri dengan menggunakan event (ada yang bisa lho). Lalu ada script yang langsung memudahkan kalian buat ngelakuin itu. Apakah kalian tetap bertahan pake event? Atau beralih ke script? Beberapa orang bilang selama suatu kasus tertentu bisa diselesaikan dengan cara event, ngga perlu insert script baru. Jadi, perbandingannya mereka itu gimana sih?

Event :
  • (+) Lebih human readable. Dalam artian orang RPG Maker pasti banyak yang tau dan bisa baca sistemnya.
  • (+) Lebih terjamin kompatibitilasnya. Karena ngga ada kasus bentrok ama sistem lain
  • (+) Lebih praktis, karena cukup dengan menggunakan event. 
  • (-) Umumnya merepotkan.
  • (-) Jika kamu mau berpindah project, kamu harus menyesuaikan lagi. Terutama jika kamu menggunakan variable atau switch.

Monday, March 17, 2014

Opini - Apa Itu Originalitas? Seberapa Pentingkah?

Dalam kasus ngedev game di RPG Maker itu originalitas adalah salah satu aspek yang biasanya diperhatiin. Apalagi kalau kamu kumpul ama komunitas. Macam-macam pendapat orang mengenahi aspek yang satu ini. Ada yang berpendapat penting, sesuatu yang wajib, ngga perlu banget, dan lainnya. Disini, gw dengan pandangan gw sendiri.

Apa itu original?
Original dalam arti bahasa artinya adalah orisinil / asli (source: google translate). Original dalam arti istilah adalah sesuatu yang asli buatan tangan atau hasil pemikiran kamu sendiri dengan referensi seminimal mungkin. Semakin minimalnya referensi, karya yang kamu bisa dibilang makin original. Sebagai contoh, jika kamu menggambar dengan cara tracing gambar orang, namun dengan gaya rambut atau pakaian yang berbeda, kamu boleh menganggapnya itu original. Namun apakah itu sepenuhnya original?

Okay, ngga usah dipikir berat-berat :v intinya sesuatu hasil pemikiranmu itu adalah original.

Jika hasil pemikiranmu sama atau mirip dengan milik orang lain, apa itu original?
Sering kali gw temuin kasus jika karya seseorang (terutama artist / penggambar. Namun tidak sebatas itu saja) dibandingkan dengan karya orang lain mereka ngga suka. Mereka sering menganggap karya mereka bukanlah original lagi dan kebanyakan mereka pundung, ngambek, patah semangat dan semacemnya. 

Well, please... kalau dari sudut pandang gw, seperti yang sudah dijelasin diatas. Jika itu memang hasil pemikiranmu dan dengan referensi yang minim (dan memang tidak mengambil referensi dari sesuatu yang dibandingkan ama orang lain), gw masi nganggep itu original. 

Lalu bagaimana kasusnya dengan kesamaan itu? Sekali lagi, please... Orang yang membuat itu adalah sama-sama manusia seperti kita. Sumber inspirasi kita adalah sama. Jika bisa diibaratin yaitu bagaikan dua lubang atap. Kita dapat cahaya dari dua lubang berbeda. Namun sumbernya sama, Matahari. Jika ada kesamaan itu adalah hal WAJAR!

Seberapa pentingkah originalitas?
Back to topic. Karena blog ini mbahas soal RPG Maker dan RGSS3, jadi wa ngga mau bahas hal terlalu jauh. Dalam beberapa kasus, original itu menjadi hal penting. Seperti jika kamu menginginkan sesuatu hal yang unik dalam game yang kamu buat. Apalagi jika kamu memang berniat membuat game dengan serius, aspek ini patut diperhatikan. Apa yang membuat game kamu berbeda dari yang lain?

Saturday, March 15, 2014

Eremidia Dungeon : Skyward Temple


General Info :
Project Name : Eremidia Dungeon : Skyward Temple - v1.3c
Code Name : AED / ED:ST
Engine : RPG Maker VX Ace
Genre : Dungeon Crawling RPG
Playtime : Approx. 2 Hours
Language : Dual Language (English & Indonesian)
Download Link : Click Here (Not required RTP to play)
RMN Page : Click here

Introduction : 
This is a simple short story about three young people who bravely explore an unexplored ruin called the "Skyward Temple". It is an abandoned temple known well as the Temple of the Dragons, and is located in the Eastern Realm of Eremidia. In order to capture the high-value artifact "Skyglyph", our party recklessly enters the temple. Can you help them retrieve the Skyglyph? 

This game is not an exercise in complex storytelling. I'm not an expert writer, so I'm keeping it simple. Instead, this is an exercise to provide gameplay based on my Theolized Sideview Battle System.  


If you have ever played Eremidia: Dungeon!, this game has very many similarities, such as: flame encounters; limited visibility; enemy naming; accessory naming. The location is not the exact same place, but the story is still based in the same continent. 

The Characters :

Name : Cornelia Stella (Stella)
Class : Marksman / Star Gunslinger (Ranged & Area Damage)
Short Bio : A self-proclaimed master of markswoman. Ironically, her speed is better than her accuracy. She doesn't have any experience in raiding dungeons yet. Sometimes, she always fight with Soleil just because a little thing


 Name : Emille Lunar (Lunar)
Class : Sorcerer / Silvermoon Mage (Magics & Healer/Support)
Short Bio : Adept sorcerer from Runica Academy. Has a wide knowledge about magics and history. He was the first time who wanted to take Skyglyph. Until he met his companions in his journey.
Name : Soleil Alfred (Soleil)
Class : Spellblade / Solar Blade (Melee & Damage Dealer)
Short Bio : Experienced dungeon raider. Very interested in exploration or battle. Often reckless to do something. His nature is tipically a main hero of the story. Such as, brave, sometimes naive, and almost doesn't fear anything.

Screenshots :









Videos can be found in my Youtube Channel


Thursday, March 13, 2014

Apa Itu Script Dalam RPG Maker?

RGSS3 Script
Pembukaan :
Sebenernya gwa sendiri bingung ini masuk bagian artikel atawa tutorial. Kalo masuk artikel gw ga yakin post ini bakal ketemu. Soal e dari statistik pageview lebih banyak tutorial daripada artikel yang dibuka. Cuman kalo masuk tutorial, gw ngga ngajarin apa-apa.

Well, sejak mulai dirilisnya RPG Maker XP dan generasi atasnya penggunaan script RGSS mulai populer. Script pasalnya bisa ngebikin kamu nambah-nambahin fitur dan semacemnya. Namun, script pada RPG Maker sendiri itu apa sih?

Jadi apa itu script?
Kalo untuk penjelasan awam, script itu adalah kode yang dapat dipasang pada script editor untuk menambahkan fitur-fitur yang kamu inginkan pada game yang kamu buat. Itu secara gampangannya.

Kalo dari pandangan dan cara gw, script itu sendiri adalah sekumpulan baris kode RGSS yang nantinya bakal dieksekusi pada RGSS Player sehingga menjadi game2 RPG Maker yang biasa kita jalanin sekarang.

Well, mari kita padukan pemahaman kedua pengertian diatas.
Orang umumnya menganggap script itu adalah seperti ini.


Insert the script below material but above main
Itu semua sebenernya hanya pengertian gampangnya agar kamu tidak perlu berpikir banyak-banyak. Tapi, sebenarnya, sejatinya script adalah seperti ini


All built in script will be executed
Yup, jika seandainya kamu hapus semua script bawaan yang ada di RPG Maker kamu, maka kamu ngga akan bisa ngejalanin game kamu meski kamu bisa utak-atik di editor. Dalam artian, script adalah jantung dari game yang kamu bikin. Editor hanya berperan menyediakan informasi database yang nantinya akan diolah dalam game.exe

Untuk lebih jelaskan, coba perhatikan berikut.

Update - Simple Variable HUD v1.2b

Version : 1.2b
Original Post : Simple Variable HUD
What's new?

- Make sure HUD is always visible (v1.2)
Dalam beberapa kasus (misalnya galv visirange), kalo kamu kombinasi script gwa dengan scriptnya orang lain, kadang HUD gwa ketimpuk. Sekarang gwa pastiin HUD gw mesti kelihatan walo dikombinasiin ama scriptnya orang lain

- Fixed hidden glitch
Ada yang barusan lapor kalau variable HUD dihidden, trus pas akses menu dan balik lagi map. Ada glitch variable HUD muncul sepersekian detik.

Download :
See original post

Theo - Command Help Popup

Version : 1.0
Inspirasi : RMVX - Ill Will
Perkenalan :
Script ini ngebuat kamu bisa ngasi help / bantuan buat window command. Macem  main menu, battle, atawa menu pas di titlescreen sekalipun

Screenshots :




Saturday, March 8, 2014

Visibility Range Tergantung Equip (+Demo)


Level : Intermediate
Pembukaan :
Gw barusan dapetin kasus orang minta ajarin gw. Orang e itu ngePM ane dan minta ajarin hal yang udah Soleil katain diatas. Awalnya sih dia mintanya script. Cuman, kalo kasus kayak gitu, ngga perlu script juga kali ah. Eventing aja bisa. Well, sebagai pertanggung jawaban gw atas jawaban gw barusan, gw bikinin demo simple ini dan sekalian gw update blog ini juga.

Contoh screenshot :


No Equip

With Equip

What to do?
Pertama, pastikan kalian punya item di database. Misal e Torch Light.

Kedua, pastikan kamu pasang script Galv Visibility Range dalam projectmu. Link ada di bawah, bagian extra credit. Atau donlot aja demo ini. Kalo kamu ga bisa masang script, baca Cara Pemasangan Script di RPG Maker.

Ketiga, pastikan kamu setting script visibility range seperti ini. Setting switch ID dan Variable ID ke nomor yang kalian mau. Wa asumsiin kalian udah ngerti apa itu Switch dan Variable. Semisal, di demo yang gw kasi ini, gw contohin satu.

Saturday, March 1, 2014

Theo - Region Bush

Version : 1.0
Request : Transparent Based on Region ID
Perkenalan :
Script ini ngebuat kamu bisa menyetting bush (sprite setengah transparan) pada tile selain rumput. Mayan berguna jika kamu mau gunain custom parallax mapping.

Screenshot :

Bush based on region
Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Gunakan notetag pada map properties seperti ini