Friday, February 28, 2014

Update - Limited Inventory v1.3

Version : 1.3
Original Post : Limited Inventory
What's new?

- Ability to change base inventory limit using script call
Beberapa orang nanyain bagaimana cara ganti nilai limit. Di update kali ini, wa nambahin fitur untuk ganti nilai base inventory limit make script call. Jadi semisal, kalau di database kamu awalnya make notetag <inv plus: 100> nah tu 100 di tengah game bisa diganti jadi 1000 misalnya. Contoh script callnya kayak gini.

Change base inventory limit using script call

- Ability to make your custom formula for inventory limit
Yang namanya klien idenya macem-macem kan ye. Ada yang nanyain juga gimana kalo limitnya berdasar agility? Gimana kalo limitnya berdasar variable? gimana kalo bikin formula sendiri sekalian? Fine, idenya gilak, tapi keren. Update kali ini kalian dah bisa bikin formula sendiri buat nentuin inventory limit e.

Inventory limit formula
Sisanya ada di keterangan script. Baca aja

Download :
See original post

Wednesday, February 19, 2014

Link-link script Battle Engine/System RGSS3

Postingan kali ini wa mau catet-catet battle engine/system yang ane kenal. Perlu diketahui apa yang ane catet disini adalah script-script yang ngubah battle system secara gede-gedean. Kalo cuman ngubah tampilan kecil atawa cuman nambahin sekelumit fitur, kaga masuk disini.

Sideview Battle System (SBS)
Action Battle System (ABS)

Tuesday, February 18, 2014

Perspektif untuk para pemula RPG Maker

Post kali ini wa mau bahas masalah perspektif buat kalian yang baru-baru mau belajar tool RPG Maker. Beberapa cara pemikiran dan sudut pandang mereka menurut wa kebanyakan malah ngerepotin sendiri dan malah ngebikin ga produktif. Parahnya lagi ada yang sampe berani nyalahin senior mereka gara-gara kaga mau ngajarin (elu siapa? sok penting gitu. Lagian kita ga ada kewajiban ngajarin ente2 disana). Oke, langsung menuju bahasan aja deh.

1. Tampung ide besarmu untuk nanti. Kenali alat yang kamu pakai
Pola yang sering gwa temuin buat kalian yang baru-baru kenal RPG Maker. Kalian mesti punya mimpi untuk game impian kalian. Yang ngebikin Harvest Moon kek, bikin Suikoden kek, bikin fangame SAO kek, dan semacemnya. 

Dan kalian mentah-mentah tanya ke masta-masta "Kk, gimana caranya bikin game kayak Harvest Moon?". Pertanyaan itu jawabannya bisa jadi ebook berlembar-lembar. Siapa yang mau ngejawab pertanyaan simple tapi jawabannya kompleks gitu? Gwa sih ogah (kalo ada ya lu beruntung).

Buang impian lu itu untuk sementara. Lha terus gimana dong? Coba kenali dulu software yang kamu pakai. Fitur ini untuk apa dan apa. Apa fungsi dari Conditional Branch, apa kegunaan variable, apa kegunaan common event, apa itu script, dan sebagainya. Jika kamu sudah memahami sebagian besar dari kegunaan dasar RPG Maker, kamu mau tanya sesuatu bakalan lebih mudah dijawab. Dan tentunya pertanyaan lu ngga bakal ngawur.

2. Rasakan rasanya ngebikin game. Dimulai dari yang sederhana dulu
Punya impian oke. Punya teori soal game development oke. Ilmu tentang RPG Maker juga sudah lumayan. Tapi apa kamu sudah mencobanya dalam ngebikin game sendiri? Apa kamu sudah menerapkan teori-teorimu ke dalam game yang kamu kerjakaan?

Dulu gwa emang cuman belajar RPG Maker doang tanpa ngebikin game. Ane mayan hafal fungsi-fungsi editor RM. Ya tapi cuman sekedar tau aja. Tapi kenyataannya pas ane ngedevelop game, ngegabungin skill-skill ane jadi satu kesatuan dan ngebikin yang disebut game itu ternyata ngga gampang. Butuh justifikasi sana sini. 

Nah, bagi kamu-kamu yang mau belajar RM, coba bikin konsep sederhana. Misalnya jelajahin dungeon, atau bikin minigame simple. Tujuannya agar kamu paham bener gimana rasanya databasing, gimana rasanya eventing, gimana rasanya saat2 kekurangan resource seperti gambar atau lagu. Ngedev game itu ngga cuman di GDD (Game Design Document) aja

Monday, February 17, 2014

Theo - Event Direction Lock

Version : 1.0
Requested by : shikami (RMID)
Perkenalan :
Jika kamu mengaktifkan suatu event, otomatis event tersebut akan menghadap player. Dengan beberapa alasan tertentu, ada yang ingin event tidak menghadap pada player. Kamu bisa lakukan dengan direction fix. Namun, direction fix juga bakal ngunci gerakan event tersebut saat jalan.
 
Jadi, bagaimana solusinya? Script ini ngebantu kamu nge-lock event agar tidak menghadap player saat diaktifkan.

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Tambahkan <dirlock> pada nama event untuk event yang ingin kamu kunci.

Sunday, February 16, 2014

YEA - Battle Engine (Disable Left/Right Selection)

Version : (u dont say ... )
Core Script : YEA - Battle Engine
Perkenalan :
Bagi kamu-kamu yang ngga suka ama seleksi kanan-kirinya YEA Battle Engine. Emang dalam beberapa kasus itu fitur ganggu banget sih.

Cara pemasangan :
Pasang script ini tepat dibawah YEA - Battle Engine 

Saturday, February 15, 2014

Update - Footstep Sound v1.1

Version : 1.1
Original Post : Footstep Sound
What's new?

- Change how the sound is handled
Kalo kemaren sound diplay setiap pergantian tile, sekarang wa ganti jadi setiap frame. Jadi, semisal kalo kamu jalan, setiap 10 frame bakal play SE. Tentu saja kamu bisa nyetting sesuai kebutuhan

Download :

Thursday, February 13, 2014

Theo - Reverse Input Control

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini bisa ngebikin movement player jadi terbalik

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Gunakan script call seperti ini untuk nyettingnya
Input.reverse = true
Input.reverse = false
Inget, untuk nulisin Input, huruf I harus gede ~

Theo - Character Animation Loop

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa ngeplay animasi looping pada karakter yang ada di map.

Screenshot :


Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Gunakan script call seperti ini pada set move route
animloop(id)
animloop(id, mirror)
animloop(id, mirror, rate)
Ganti id dengan id animasi dalam database.
Ganti mirror dengan true atawa false. Nilai defaultnya adalah false
Ganti rate dengan angka 1 - 4. Semakin kecil semakin cepat gerakan animasinya. Nilai defaultnya adalah 3

Contoh :

Tuesday, February 11, 2014

Update - Limited Inventory v1.2d

Version : 1.2d
Original Post : Limited Inventory
What's new?

- Bugfix. Unequip item causes lose the item if inventory is full
Laporan dari temen wa kalo inventory full dan lu mo unequip weapon/armor, tu equip item malah hilang.

Download :

YEA - Name Icon

Version : 1.0
Core Script : YEA - Battle Engine
Requester : Headhunter Regiment
Perkenalan :
Script ini cuman nambahin icon di samping nama battler

Screenshot :

Name Icon
Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah YEA Battle Engine
Gunakan notetag <icon: index>
 
Index adalah icon index. Ganti dengan angka. Semisal
<icon: 99>

Update - Gameover Choice v2.1

Vesion : 2.1
What's new?

- Compatibility with TSBS and Battle Symphony
Update versi kali ini wa coba mastiin kompatible dengan kedua battle system itu. Wa coba dari sample game TSBS dan demo Battle Symphony dan keduanya bekerja dengan baik

Download :

Saturday, February 8, 2014

Theo - External Texts

Version : 1.0
Perkenalan :
Sempat berkeinginan untuk ngebikin game kamu jadi dual language? Namun keburu males duluan lantaran bakal kebanyakan percabangan? Pengen nyatet dialog in game pake file external biar bisa saling cross check dengan timmu? Script ini bisa menjawab keinginanmu

Screenshot :

External Text
Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Buat folder baru di dalam folder data dengan nama "Texts"

Make new folder named "Texts"
Buat file baru di dalam folder tersebut dengan Ms.Excel (atawa software sejenisnya) dengan ekstensi file  [dot]csv. Isi file tersebut dengan format sepert ini (gambar besarin sendiri kalo ga kelihatan)

File contents format
Panggil message dengan script call seperti berikut

Saturday, February 1, 2014

Theo - Additional Fixed Parameters

Version : 1.0
Perkenalan :
Dalam feature default RMVXA kamu hanya bisa mengubah-ubah parameter dalam persen. Dengan artian kamu ngga bisa bikin state yang nambah parameter dengan nilai yang konstan / fixed. Seperti attack akan ditambah dengan nilai konstant seperti +10 atau semacamnya.

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun diatas main
Gunakan notetag seperti di bawah ini pada notebox state
 
Untuk pertambahan (ganti n dengan angka *udontsay)
<mhp: +n>
<mmp: +n>
<atk: +n>
<def: +n>
<mat: +n>
<mdf: +n>
<agi: +n>
<luk: +n>

Curhat - Baca Sebelum Bertanya

Post kali ini mau wa isi dengan curhatan-curhatan wa soal pola beberapa post dari orang-orang yang baru belajar atau baru ngerti RM. Tujuan wa biar mereka bisa tau diri kedepannya. Soal e annoying juga ngelihat pola pertanyaan kayak gitu terus gwa :v

1. Nanya cara gunain script tanpa nyebutin script apaan
Ini salah satu pola pertanyaan yang sering gwa temuin. Ngga di grup FB, ngga di RMID juga. Sering kali gwa nemuin pertanyaan "kk, gimana cara gunain script sideview battle?", "Kk, gimana caranya nampilin ikon senjata di sideview battle?". Yang perlu kamu sebutin saat nanya itu kamu kudu ngerti script SBS mana yang kamu pakai. 

Jangan berharap dengan pertanyaan gitu kita-kita langsung ngerti script apa yang kamu pake dan dijawab dengan bener. Kebanyakan pasti jawabannya "pake SBS apa kk?" dan kalopun yg ditanya gw ya palingan wa jawab "Ga tau kk :v". Inget! beda script SBS beda juga cara makenya woi! Lu kira semuanya sama gitu ye?

Alangkah baiknya kalau mau nanya cara penggunaan script, berikan link aslinya sekalian.

2. Posting script ngga pake pastebin atawa file [dot]txt. Tapi langsung pake komen FB atawa inbox
Buat kalian yang ngga ngerti sama sekali soal script tak kasih tau, formating di script itu ngemudahin ngebaca script itu sendiri. Kalo elu-elu pada ngepost script di komen FB itu SPASI E ILANG! :v dimana itu ngebikin script makin susah dibaca (bayangin kalo u ngepost script yg ampe ribuan baris). Ngasi spasi di script itu ngga asal-asalan keren. Tapi itu juga ngebikin code lebih enak dibaca.