Friday, January 31, 2014

Theo - Passive Skill Effects

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini bisa ngebikin kamu bisa membikin passive effect untuk skill. Semisal karakter kamu sudah mempelajari skill "Survival I", maka karakter kamu akan mendapat tambahan 10% HP (disetting lewat feature)

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Pasang notetagnya seperti ini pada skill
 
<passive: n>
Ganti n dengan state id. Maka jika skill dengan notetag akan ngemerge feature dari state yg kamu pilih ke actor yang memiliki skill tersebut

Addon - Enemy Level Scaling

Version : 1.0
Core Script : Enemy Class and Level
Optional Script : Condition Checker
Perkenalan :
Ini adalah script addon dari script enemy class n level gw. Seperti titlenya, script ini untuk ngebikin kamu bisa ngebuat skala level enemy dimana level enemy ngikutin karakter

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah script "Theo - Enemy Class and Level"
Gunakan notetag seperti ini pada note enemy

<level max: n>
Untuk menentukan sampai level berapa enemy akan terus naek ngikutin party
 
<exp per level: n>
Tambahan EXP jika level enemy naek ngikutin party. Semisal level awalnya 1 dan musuh naek level 3 karena ngikutin party. Jika reward exp awalnya cuman 10 maka jika kamu gunakan notetag ini, reward EXP akan bertambah n * level
Sisanya lihat sendiri di script e

Update - Animated Portrait v1.3

Version : 1.3
Original Post : Animated Message Portrait
What's new?

- Screen y Reposition
Masih ngga puas juga dan fitur yang ada? Masih pengen reposisi atas bawah e animated portrait? Fine, here u go! :v

Screen Y reposition
- Show portrait at bottom screen
Kalo message window ada diatas, portrait sekarang ditampilin di bawah

Displayed at bottom screen
Download :
See Original Post

Thursday, January 30, 2014

Scene di RGSS3 dan anggotanya

Level : Skilled / Scripter
Pembukaan :
Post kali ini gwa mau bahas script scene yang ada di defaultnya RGSS3. Mungkin bisa jadi acuan kalian untuk ngemodif script nantinya. Well ini cuman gambaran aja sih. Awas KEBANYAKAN SCREENSHOT!. Tidak disarankan dibuka bagi yang internetnya make quota / lemod ~

Macam-macam Battle System pada RPG Maker

Artikel akhir bulan ini gwa mau bahas macem-macem battle system yang ada pada RPG Maker. Sering kali gwa temuin pertanyaan ga jelas macem "kk, battle system yang langsung ama musuh itu apa ya?". Dan beberapa pertanyaan gaje laennya. Oke, dengan adanya post ini wa harap bisa ngebantu kalian ngasi gambaran battle system di RM itu ada apa aja.

Berdasar System
Battle System bisa dibagi berdasar sistemnya sendiri. Seperti alur damage dan gameplaynya. Di RPG Maker ada tiga kategori besar. Yaitu

(Default) Turn Based Battle system
Turn Based Battle System (default RPG Maker)
System ini adalah system default yang dipakai oleh RPG Maker. Dimana actor dan enemy terdapat giliran satu sama lain. Actor mengambil aksi melalui menu, dan dieksekusi setelahnya.

EDC : Qarun Ruin
Action Battle System (biasa disebut ABS)
System ini adalah battle system langsung di tempat. Actor langsung melancarkan serangan kepada musuh dan musuh juga langsung melancarkan serangan kepada actor.

STABS - Simple Tactical Battle System by Zetu
Tactical Battle System
System ini adalah battle system tipe taktik. Dimana player harus menempatkan posisi actor pada sebuah grid map. Memposisikannya pada posisi tertentu sehingga menentukan efektifitas battle tersebut

Monday, January 20, 2014

Theo - Enhanced Enemy AI

Version : 1.0
Perkenalan :
Secara default, kamu hanya bisa memilih kondisi action pattern di dalam database hanya satu. Lalu bagaimana caranya kita gunain dua kondisi secara bersamaan? Atawa gunain kondisi sendiri seperti script call? Script ini menjawab pertanyaanmu

Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Gunakan tag seperti ini pada notebox enemy di database
 
AI: NamaKey
 
Dimana "NamaKey" adalah key untuk custom AI kamu
Edit konfigurasinya untuk menambahkan custom AI
 
Misalnya :

Sunday, January 19, 2014

YEA - Dynamic Victory Aftermath (Addon)

Version : 1.0
Original Script : YEA - Victory Aftermath
Perkenalan :
Script ini adalah addon untuk yanfly victory aftermath. Dimana kamu bisa mengganti quote actor secara dinamis. Seperti mengganti face atau beberapa kutipan hanya bisa muncul di saat-saat tertentu.

Screenshot :



Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah YEA - Victory Aftermath
Berikut adalah notetag yang bisa digunain.
 
<win: constant>
<level: constant>
<drops: constant>
 
contants adalah nama konstanta yang kamu definisikan dibawah. Keterangannya silahkan dibaca sendiri di dalam script
 
Contoh penggunaan notetag pada actor 

Theo - Drain Rate

Version : 1.0
Perkenalan :
Secara default, drain attack pada RMVXA jumlah drainnya adalah sama seperti jumlah attacknya. Dalam artian, jika sebuah skill tipenya adalah HP Drain, jika skill tersebut menghasilkan damage 100, maka user skill tersebut akan mendapatkan HP 100 juga.
 
Dengan script ini kamu bisa spesifikasikan drain rate skill tersebut. Semisal hanya akan mendapatkan 25% dari total damage.

Screenshot :


Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Gunakan tag seperti ini pada notebox skill / item
 
<drain rate: n%>
Dimana n adalah angka untuk rate. Misalnya :

Theo - Pause anywhere at anytime

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa ngepause dimana dan kapan saja

Screenshot :

Pause screen
Cara penggunaan :
Pasang script ini di bawah material namun di atas main
Edit konfignya jika dirasa perlu

Tuesday, January 14, 2014

YEA - Dash on Slippery

Version : (u don't say)
Original Script : YEA - Slippery Tiles
Pembukaan :
Slippery Tiles yaitu adalah tile yang ditandai sebagai licin. Dimana jika player menyentuh tile tersebut maka akan tergelincir. Disini glitch yang gw kurang suka, yaitu saat player tergelincir, speed tergelincirnya adalah seperti normal walk. Dalam artian LAMBAAAAAT banget :v
 
Nah, karena gw kesel ama glitch ini, maka gw edit sedikit. Dimana kamu bisa nentuin kalo saat tergelincir, player otomatis dash

YEA - Enemy HP Bar (Hidden Enemy Fix)

Version : (u don't say)
Original Script : YEA - Enemy HP Bar
Pembukaan :
Enemy HP Bar yanfly adalah addon dari Battle Enginenya yang nampilin bar HP pada musuh. Namun sayangnya, HP Bar ini secara default juga bakal ngereveal hidden enemy. Karena ini untuk kepentingan game gw juga, maka ini adalah script untuk perbaikannya

Screenshot (Fail) :

Fail screenshot for YEA enemy HP Bar

Thursday, January 9, 2014

Theolized Sideview Battle System v1.3c / v1.4

English Version Avalaible!
Version : 1.3c (Stable) / 1.4 (Beta)
Require : Basic Modules
Perkenalan :
Sebenarnya rencana rilis mau gw tunda dengan waktu yang rada lama. Berhubung wa mau bikin sample game yang make battle system ini di Another Eremidia Dungeon : Skyward Temple. Tapi berhubung sepertinya bakal makan waktu yang ngga sedikit juga, seseorang meminta gw untuk rilis duluan. Oke, deh

Sisanya baca aja disini

Screenshot (Jadul. Males ganti. Tapi ga ada perubahan seh):





Video :



Wednesday, January 8, 2014

Update - Animated Portrait v1.2

Version : 1.2
Original Post : Animated Portrait
What's new?

- Added show picture in middle
 Beberapa orang rekues untuk bisa nampilin karakter di tengah? Oke, here u go...



Download:

Friday, January 3, 2014

Going to hiatus for an unknown time

Okay, it's time to an english post, so I can make it general. As you can see, my blog isn't up to date yet, and it seems I've abandoned some support for my scripts. Well, for an unknown periods of time, I'm going to hiatus for any other forum even this blog.

The main reasons are, I'm going to take my final exam in my college. And I'm getting excited with my "first project", so I need to focus to finish it. You know, it's been 6 years since the last time I knew RPG Maker, and I don't finish even a single project yet. The main project I currently do is Another ED: Skyward Temple. The demo is avalaible, but not in English.

Well, I'm not literally hiatus. You can find me mainly on RPGMakerID forum, or RMVXPA Facebook Group. See u later