Monday, November 3, 2014

Next Project: Theolized Grid Battle System

English post : Read here

Setelah nyelesein TSBS versi 1.4, sekarang gw mempersiapkan project script gede gw selanjutnya. Grid Battle System. Grid Battle System apaan seh? Baca aja disini.

Tapi sebelum bisa jadi script yang serba guna, gwa yakin ini bakal waktu lama sekitar 1 taun macem TSBS gw. Maka dari itu gwa mau ngebikin script ini sama caranya kek gw ngedevelop TSBS gw setaun yang lalu. Gw ga menduliin kompatibilitas, soal e itu ngebikin gwa justru ngga bisa ngelakuin banyak hal. Yang penting ide gwa salurin dlu, ide gwa, kompatibilitas ntaran.

Ide-ide dan referensi yang bakal gwa ambil adalah dari sini.
Ok, maduin semua konsep jadi satu kesatuan itu susah. Karena itu gwa mau mulai dari ide-ide gwa sendiri. Gw ga yakin konsep gwa ini terbaik, setidaknya ini yang bisa gwa pikirin sekarang.

Party dan Troop punya wilayah sendiri
Seperti Eremidia: Dungeon! Kamu ngga bisa seenaknya masuk wilayah lawan. Gw rasa ini bakal lebih mudah scriptingnya daripada harus ngebikin pergerakan yg bebas

Posisi grid menentukan bonus
Yep, bonus. Semisal makin maju, seranganmu bakal ditambah, kalau mundur defend u bakal bertambah, dan sebagainya.

Sistem menarget
Ini adalah bagian paling rempong. Kalo mau jujur gw rada-rada ngga sreg ama model targetingnya Eremidia: Dungeon! dimana u cuman bisa narget dengan jarak. Kalo musuhnya ada jauh di belakang dan u cuman bawa melee, ya bai-bai. Mungkin punya gw lebih mirip kek Cruna.

Cuman gw rada bingung ama dua ide gw.

  • Kamu cuman bisa narget lawan yg ada di depan u. Atau setidaknya yang ada di satu kolom. Musuh di belakang ngga dapat di target kecuali pake ranged
  • Bisa narget siapa aja dengan pengurangan damage tergantung kondisi (ntar gwa jelasin di bawah)
Kalau seandainya grid system gwa lebih bebas, tentunya bakal gwa bikin jarak serangan juga. Soal e adil u bisa masuk arena musuh dan begitu pula sebaliknya

Mekanisme Melee dan Ranged
Ada dua tipe unit di sini. Yang jarak dekat dan jarak jauh

Bayangin aja lapangan grid e kayak gini.
Nah ntar alur damage ne kayak gini. Unit jarak dekat ngga kena penalty waktu nyerang jarak dekat
Sedangkan khusus untuk unit jarak jauh, ngga bakal kena penalty serangan selama dia berada di belakang unit lain
Yep, seandainya, unit jarak jauh ditaruh di depan dan nyerang musuh pake skill jarak jauh, akan kena pengurangan damage. Berlaku juga untuk jarak dekat. Covered unit atau unit yang lagi ada di belakang temen, kalau nyerang pake melee, bakal dikenai pengurangan damage.

Nah, gimana kalo musuh ada jauh di belakang?
Yah selama musuh tepat di depan unit jarak dekat, ngga akan dikenai pengurangan damage. Untuk AInya sendiri gwa belom mikirin. Tapi gw percaya itu bakal jadi yang paling susah.

Progress? Welp ...
Ane barusan nyelesein itung2an targeting grid ne doang


2 comments:

  1. Mirip yugioh deh ada slotnya, ato game flash di browser. Tapi tetep amazing..... Semangat kk. Ditunggu scriptnya.....

    ReplyDelete
  2. Aku dukung :v om soalnyaaku juga butuh. :D

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!