Wednesday, November 12, 2014

Error Dalam Penggunaan Script

"Kk, scriptnya kok waktu ane pasang malah error?"
Kalimat yang sering terdengar dari kebanyakan kalangan RMer yang biasanya baru menyentuh area script. Yup, gw bisa memaklumi sebenarnya kekurangan pengetahuan mereka soal script. Terkadang masalah ini terjadi karena kekurangan pengetahuan soal script, karena berbeda script berbeda pula cara penggunaannya. Welp, gw disini mau coba jelasin penyebab umum terjadinya error dalam pemasangan script dan tips untuk diagnosanya.



Penyebab umum tidak bekerjanya script

Kesalahan dalam pemasangan
Pemasangan yang tidak benar dalam penggunaan script bisa mengakibatkan terjadinya error. Pada umumnya, script ditaruh di bawah material, namun di atas main. Enterbrain sudah menyediakan tempat tersebut khusus untuk menaruh script. Untuk lebih jelasnya, coba kunjungi Cara pemasangan script.

Melakukan load game
Beberapa script tidak akan bekerja jika kamu melakukan load game. Kenapa? Load game berarti kamu me-load data yang sudah terinisialisasi / diciptakan sebelumnya. Bisa jadi data baru atau script yang kamu masukkan membutuhkan inisialisasi ulang. Biasanya errornya berupa "Undefined method for nilClass". Oleh karena itu, jika kamu memasukkan script, test dengan new game, bukan load game

Kompatibilitas antar script
Tidak semua script dapat dimasukkan bersamaan. Ada beberapa script yang saling konflik satu sama lain. Mungkin rada susah yang satu ini untuk mengidentifikasinya. Biasanya, script yang dibuat oleh pembuat yang sama, memiliki kompatibilitas lebih tinggi daripada yang tidak. Namun jangan takut untuk mencoba memasang script yang dibuat orang yang berbeda. Tidak semua mengalami masalah kompatibilitas kok.

Meski gwa bilang jangan takut untuk mencoba, namun juga jangan seenaknya mencampur adukkan semua script. Semisal jika ada script yang mengubah tampilan menu dari battle, dan kamu memasukkan script yang melakukan hal yang sama, sudah jelas mereka bakal ngga kompatible.

Kesalahan versi script RPG Maker
Ini mungkin kelihatan konyol, tapi mungkin bisa jadi script yang kamu masukkan adalah bukan versi RPG Maker yang kamu pakai. Sebagai contoh, kalau kamu memasukkan script RMXP ke RMVXAce, jelas-jelas mereka adalah versi RM yang berbeda. Jadi pastikan script yang kamu masukkan benar versinya.


Kelupaan untuk menaruh script
Kesalahan konyol kedua, kelupaan naruh script. Konyol emang, tapi gw pernah nemuin orang yang laporan seperti ini di forum luar. Dia ngirimin gwa demo, dan gw cek emang belom dipasang scriptnya. Jadi cek ulang script kamu, udah beneran dipasang belom?

Catatan, beberapa script orang bisa jadi terdapat beberapa bagian. Tidak selalu satu script, namun membutuhkan dua, tiga, atau lebih. Semisal bagian pertama untuk konfigurasi, dan bagian kedua untuk implementasi kerja script. Jadi, pastikan kamu mengambil semuanya.

Kelupaan untuk menge-save project
Umumnya ini terjadi saat battle test dengan error notice berupa "Undefined method for nilClass". Saat kamu memasukkan script atau mengeditnya, dan kamu lakukan battle test, jika kamu tidak save project terlebih dahulu, maka script tidak akan dimuat. Jadi, biasakan setelah selesai mengedit script, save project.

Terdapat script ganda dalam project
Jika kamu menemukan error notice berupa "stack level too deep", penyebab utamanya biasanya adalah kamu memasukkan dua script yang sama dalam satu project. Cek ulang script yang kamu masukkan. Jika kamu yakin tidak ada script yang sama, bisa jadi errornya memang bug dari script itu sendiri atau masalah kompatibilitas dengan script lain.

Script membutuhkan file-file tertentu
Jika kamu menemukan error notice berupa "Unable to find file" maka script tersebut membutuhkan file tertentu. Setiap script berbeda kebutuhan filenya, jadi pastikan kamu membaca instruksi saat menggunakan script. Cari apa yang dibutuhkan script tersebut agar berjalan. Mungkin kamu harus menaruh suatu gambar pada folder Graphics/system atau semacamnya.


Tips diagnosa script yang tidak bekerja
Beberapa tips berikut untuk mencari tahu bagaimana kamu mencari script mana yang tidak bekerja, mencari bug, atau membenarkannya sendiri.

Lakukan pengurutan ulang dalam script
Ada beberapa script yang harus dipasang pada urutan tertentu. Semisal script yang berhubungan dengan basic module atau core system biasanya ditaruh di atas dari semua script tambahan. Ada yang harus diletakkan pada bagian bawah sendiri. Jika script kamu konflik karena kompatibilitas atau yang lain, urutkan dengan urutan berbeda.

Non-aktifkan script yang mencurigakan.
Jika kamu punya banyak script yang terdapat pada projectmu, dan kamu tidak yakin apakah hal tersebut adalah masalah kompatibiltas, non-aktifkan scriptnya. Sisakan beberapa script untuk memastikan apakah beneran error itu adalah masalah kompatibilitas. Baca juga artikel Cara menonaktifkan script.

Baca ulang instruksi
Sebelum kamu mengasumsikan bahwa hal tersebut adalah bug, baca ulang instruksinya, bisa jadi hal yang kamu anggap bug adalah memang fitur yang sengaja dimasukkan dalam script tersebut. Dan jangan lupa, kebanyakan script menggunakan SWITCH dan VARIABLE, jadi pastikan ID mereka tidak terpakai untuk hal lain. Atau gamemu akan bertingkah aneh

Buat project baru
Untuk mengetes sebuah script, gw sarankan untuk membuat project baru khusus untuk mengetes script. Dan memastikan project kamu masih bersih. Jika script masih terdapat error meskipun kamu sudah melakukan prosedur dengan benar, maka laporkan bug.


Pustaka :
Beberapa tulisan ini adalah terjemahan dan penambahan dari sumber berikut

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!