Friday, November 14, 2014

Apa itu RGSS? Definisi RGSS

RGSS adalah singkatan dari Ruby Game Scripting System. Sebuah library kode dalam bahasa C yang meng-ekstensi bahasa Ruby dan digunakan dalam seri RPG Maker sejak dirilisnya RPG Maker XP. RGSS dieksekusi dalam bahasa Ruby, dalam artian segala bentuk scriptnya adalah dalam bahasa Ruby.

Perlu diketahui bahwa script bukanlah program. Dimana perbedaan mereka adalah terletak pada model pengeksekusian. Code yang bukan script harus dikonversi menjadi bentuk bahasa mesin yang berisi biner satu dan nol agar dapat dijalankan, dimana bahasa kerennya adalah di-compile. Sedangkan script, merupakan bahasa interpreter yang tidak perlu di-compile untuk menjalankannya. Setiap perintahnya harus diterjemahkan satu-satu saat dijalankan. Umumnya script lebih lambat dibanding dengan bahasa pemrograman yang dicompile karena alasan ini.

Dalam library RGSS mengandung object dan method yang berfungsi untuk mengolah grafis, audio, dan data, termasuk data dasar dari struktur database RPG Maker di versinya. Meskipun RGSS dikhususkan untuk RPG Maker, scripter handal dapat membuat berbagai macam tipe game dengan RGSS.

Versi :
  • Versi original RGSS pertama kali dirilis dengan RPG Maker XP dengan versi Ruby 1.81
  • RGSS2 dirilis bersamaan dengan RPG Maker VX, dan masih menggunakan versi Ruby 1.81, normalnya jumlah frame rate lebih tinggi dibanding dengan RPG Maker XP dan lebih serba guna.
  • RPG Maker VX Ace adalah engine ketiga yang menggunakan RGSS, yang sering disebut sebagai RGSS3. Tidak sama dengan versi sebelumnya, versi Ruby yang dipakai adalah versi 1.92 dimana script tersebut lebih cepat dan lebih serba guna. 
Pustaka :

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!