Friday, October 24, 2014

[VX] Eremidia: Dungeon!

Version : 1.2
Creator : richter_h & RPGMakerID
Engine : RPG Maker VX
Genre : Dungeon Crawler RPG
Status : Work in Progress - Closed Beta
Download : RMN Page




Jalan cerita :
Kalian sebagai scout akan mengikuti alur cerita singkat dimana dia akan diberikan tugas untuk mengantar King Dnas ke pulau terpencil dan kembali ke daratan utama, namun seiring waktu berjalan, beralih menjadi ekspedisi ke dalam Dungeon.

Jika kalian pernah tahu / memainkan Eremidia: Dungeon! versi sebelumnya Dalam versi Eremidia: Dungeon! kali ini, storyline dirombak dan memperkenalkan Grace Island dan Pioneer Town yang benar-benar beda dengan versi sebelumnya. Untuk alur ceritanya sendiri kali ini tidak langsung ke pokok ceritanya; player bahkan bisa jalan-jalan dan berinteraksi dengan NPC sebelum masuk ke cerita utamanya.

Dan juga, perkenalan NPC baru seperti Richter Heimsdel, Master Librarian dan Theodoric Allen serta perkenalan Dark Scripter yang lebih solid membuat banyak perubahan pada alur cerita, memberikan immerse plot yang lebih kentara yang akan terus berkembang seiring player mengikuti cerita tersebut, dan meninggalkan pertanyaan-pertanyaan setelahnya, dimana pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab pada Act selanjutnya.

Peta-peta :
Pioneer Town sekarang dibagi dalam empat daerah: Entrance, Riversteep, Hearthglade dan Farm. Hearthglade menjadi daerah utama dimana kehidupan kota berpusat, sementara tempat-tempat lainnya masih belum ditempati secara intensif.



Farm merupakan daerah dimana warga Pioneer Town menanam tanaman pangan dan palawija. Di sini ada dapur umum, dimana Brad si koki urakan sehari-harinya memasak untuk umum, untuk pasukan ataupun warga sipil.



Riversteep adalah daerah dekat air terjun dan sungai, dan dinamai Riversteep karena alasan ini jua. Hunters’ Guild dan Miners’ Guild berada di daerah ini, dan juga bisa dilihat beberapa reruntuhan yang konon dipercaya adalah sisa-sisa kebudayaan Goldia yang hilang. 



Hearthglade adalah pusat kehidupan di kota ini. Kebanyakan tempat tinggal dan tentunya Pioneer Inn ada di sini, serta Central Office, Mages’ Guild, perpustakaan Scholars dan Merchants’ Guild berada disini pula. Sancturay berada di daerah ini juga. Jalan dari gerbang barat adalah jalan menuju Ancient Grace Ruins, kompleks reruntuhan kebudayaan Goldia.



Entrance adalah daerah kecil dimana Soldiers’ Barrack ditempatkan. Gerbang ke selatan mengarah ke pelabuhan. Tidak ada yang spesifik dari tempat ini.

Dungeon sekarang berubah drastis. Hazel Ruins, Dungeon awal versi 1.1, digantikan dengan dua dungeon baru: Goldian Great Library dan Derelict Shrine. Ada lebih banyak teka-teki dan tentunya harta untuk diambil.



Jika perpustakaan mesti tentang buku dan sejenisnya, Goldian Great Library lebih terlihat seperti reruntuhan ketimbang perpustakaan karena suasananya yang gelap dan misterius.



Walau secara arsitektur mirip dengan Great Library, Derelict Shrine punya satu gimmick yang menjadi ciri khasnya di game ini: Switchdoor yang bisa menutup kapan saja setelah tuas pintu dibuka. Kau harus lari cepat atau kau akan terkurung di dalam reruntuhan!

Dan masih banyak lagi macam-macam dungeon di game ini.

Karakter-karakter:
Non-playable Characters atawa biasa disebut NPC baru diperkenalkan di versi ini, diantaranya:


Richter Heimsdel: The Eremidian Town Guard. Seorang pengelana, yang dalam cerita ini sedang berziarah mengitari Fandorum dan saat ini singgah di Grace Island. Dia membantu King Dnas XIII dengan memberikan akses ke Dungeon. Dia juga bertindak sebagai instruktor pada tutorial pertarungan pertama.



Theodoric Allen: The Royal Guard yang lebih memilih kerja sendiri dan dalam kesunyian. Dia tidak terlalu terlihat menonjol di Act ini, namun dia pataut disebut karena dia yang akan membuka jalan ke salah satu Dungeon di Act 2, teknik Theolized Rope Technique dan masih banyak lagi. (P.S : Iya, ini gue pfft....)


Master Librarian: Orang yang akan ditemui di pada cerita ini. Dia akan membantu mencarikan buku langka, seperti yang Alviss lakukan, namun dia memiliki buku yang tidak dimiliki oleh Alviss.

Luna Milaningrum: Asistennya Master Librarian. Dia layaknya NPC kota yang menyediakan barang untuk keperluan Scout dan yang lainnya, juga Library Card, tiket teleportasi ke Grand Library. Disebut memiliki hubungan dengan Richter Heimsdel.

Battle:
Perubahan paling banyak di versi ini ada di sistem battle, dimana di versi ini sistem Grid diterapkan, seperti pada Mega Man Battle Network tapi rasa Eremidia.

Dan juga, UI battle pun kena rombak juga.




Semua karakter (dan musuh) akan mengacu pada Grid System ini—pergerakan, jarak serang, dan lainnya. Sistem ini menambah nilai strategi battle, ditambah kemungkinan menang pada setiap pertarungan tidak akan sama walaupun musuh yang dihadapi sama persis berkali-kalipun!




Ane (developer) tidak bakal membocorkan banyak hal tentang battle system ini, tapi ente bisa mencobanya sendiri di rilis Open Beta nanti. Closed Beta tidak dilepas untuk umum, tapi jika berminat ente bisa kontak richter_h untuk mendapatkan paket game-nya.

Link-link terkait :
Gw udah ngikuti perkembangan game ini sejak dari jaman versi 0.5. Dan kalo ente mau search blog ini, gw pernah ngasi ulasan review soal game ini versi jadul. So far... game ini lumayan unik dibanding game RM lain. Kenapa? Rasa battle system grid ini terbilang jarang dibanding game RM yang pernah ada. 

Buat kalian yang kepengen cari battle yang fast paced yang bisa selese dalam hitungan turn sedikit, game ini ngga begitu cocok. Karena bisa jadi sekali battle memakan waktu menitan. Ada nilai plusnya. Kamu jadi bisa ndengerin BGM battle secara penuh huehuehuehue .....

Welp.... disamping gamenya yang kebilang unik dan banyak fitur, namun justru disitu kelemahannya. Makin banyak fitur, bugnya juga bakal makin banyak. Meski udah ditest beta dan semacamnya, jangan sungkan-sungkan lapor bug karena gw somehow yakin kalo game ini ngga mungkin bebas bug *digampar*. Kalau mau lapor bug, u bisa kontak gw, karena gw juga salah satu dari tim game ini, atau langsung ke developer e, richter_h aka Riyan Vjaya (nama FB)

3 comments:

  1. Gan.. cara bikin battle system kaya gtu gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah gan, kudu ngerti scripting tingkat lanjut lel

      Delete
    2. Boleh minta battlebacknya eremidia dungeon nggak?

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!