Friday, October 10, 2014

Untuk newbie bagusnya pake RPG Maker apa?

Pertanyaan mainstream ini sering terdengar terutama di kalangan orang yang baru saja mengenal RPG Maker dan mau mencoba-coba. Dan tentu saja jawaban dan alasannya bermacam-macam pula. Ada yang bilang mending coba RMVX karena simpel. Ada yang bilang RMVXAce karena paling baru. Bahkan ada yang bilang RM2003 atau generasi bawahnya pula. Entah dia sedang cari sensasi agar ngga mainstream ato emang bener ngasih saran. Jadi yang mana yang bener?

Pada dasarnya semua seri RM itu sama
Jika pertanyaan ini dianalogikan sama kayak "Untuk orang yang baru ngerti komputer itu enaknya belajar Operating System apa? WinXP? Vista? Win7? Win8?". 

Di semua seri RPG Maker, terdapat database, terdapat eventing system, dan cara mappingnya pun mirip-mirip. Namun RMXP, RMVX dan RMVXAce mempunyai rule mapping yang berbeda-beda. Dan itu bukan berarti karena beda terus seri ini lebih cocok untuk newbie dan semacamnya. Semua itu cuman perihal kebiasaan. Kamu bisa salah satu seri RM, kamu bisa membiasakan untuk seri RM yang lain.


Memilih seri RPG Maker
Yang menjadikan mereka beda adalah fitur yang di tawarkan. RMXP menawarkan mapping yang lebih leluasa sekaligus merepotkan. RMVX menawarkan grafis chibi dan fitur yang lebih disimpelkan. Sedangkan RMVXAce juga menawarkan grafis chibi namun dengan fitur yang lebih banyak daripada seri RM sebelumnya. Selengkapnya bisa dilihat di Perbandingan Seri RPG Maker.

Untuk perihal support, RMVXAce memiliki support lebih banyak karena termasuk seri RM terbaru dan relatif lebih baik daripada seri RM sebelumnya. Dan memiliki banyak user sehingga kamu bisa bertanya ke banyak orang. RMVX memiliki user lebih sedikit dari RMVXA, kemungkinan jika kamu bertanya perihal spesifik soal RMVX tidak akan terjawab. RMXP dan RM2003 sudah mulai ditinggalkan. Memang masih ada beberapa orang yang menggunakan seri ini di Indonesia. Namun, jumlah mereka paling minoritas sehingga mungkin kamu akan kesulitan. (P.S : Bahkan di forum luar juga sudah pada move on ke VXA)

Untuk perihal kesusahan, sebenarnya itu tergantung ide kamu. Semisal kamu kemakan kata-kata orang untuk menggunakan RMVX yang kabarnya simple. Namun ditengah-tengah belajar RMVX, kamu ingin menambah gambar tileset / map, untuk RMVX hal ini termasuk ribet. Namun jika kamu menggunakan RMVXAce yang sudah support multi-tileset, hal tersebut akan jauh lebih gampang.

Setiap seri RM memiliki kesusahan dan kemudahan sendiri-sendiri. Jadi kita tidak bisa benar-benar menyarankan seri RM apa yang cocok untuk kamu. Dan biasanya ada yang akhirnya menjawab "Coba aja semua dan rasain mana yang lebih cocok buat lu".

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!