Sunday, October 19, 2014

Scene-ing Tutorial (Membuat adegan yang baik)

Perhatian! Demo untuk tutorial ini memakai RMVX!

Topik asli : Sceneing Tutorial
Oleh : nisamerica / Siddhattha A.H
Level : Intermediate

Pembukaan :
Scene-ing... apa sih itu scene-ing? Istilah ini secara (tidak) resmi artinya adalah membuat adegan atau kejadian di sebuah game RM. Seperti ketika kamu melakukan sebuah intro dalam game, menceritakan kejadian, yang dimana player cuman tinggal duduk manis, membaca teks, bengong melihat apa yang terjadi. Juga, persitiwa dimana tiba-tiba saat kamu bermain kemudian dipotong dan muncul adegan cerita dinamakan Cut-scene.

Banyak hal yang mempengaruhi kebagusan sebuah scene dalam game. Seperti tingkah laku NPC sekitar, dialog, suasana, dan humor yang tidak garing jika ada humornya.

Salah satu mantan RMer RMID yang mempunyai nickname nisamerica yang juga sebagai eventer legendaris di dunia RM indonesia yang pernah eksis, pernah membagi demo projectnya untuk mendemokan bagaimana sih tips-tips untuk membuat scene yang baik.


Screenshot Project :





Demo project :
Project ini dibikin dengan menggunakan RMVX. Karena pada jaman itu emang RMVXA belum rilis. Well, asumsi gw, kalian sudah paham bagaimana cara eventing di RM, dan yang kalian butuhkan adalah bagaimana cara menggunakan eventing di RM dengan lebih baik

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!