Sunday, October 26, 2014

Istilah-istilah dalam dunia RPG Maker

Dalam post kali ini gwa mau ngumpulin istilah-istilah yang mungkin bakal sering kalian dengan di dunia khususnya RPG Maker. Post ini beberapa ngambil dari trit gw di RMID. Langsung saja dah.

A
  • ABS = Action Battle System. Simpelnya, system battle yang langsung ada di map
  • AP = Ability Point / Attribute Point
  • Artist = Kuli nggambar / seniman gambar (beda dengan actress lho ya)
  • ATB = Active Time Battle. System battle dimana kamu diharus kan menunggu sampe 'bar' penuh baru bisa melakukan giliran
B
  • BGM = Background Music
  • BGS = Background Sound
  • Brainstorming = Kegiatan untuk memikirkan sesuatu sampe ke akar-akarnya
  • BS = Battle System
  • Bug = Kesalahan dalam system yang mengakibatkan game kamu malfungsi atau bahkan crash
C
  • CBS = Custom Battle System. Untuk menyebut battle system yang kamu buat sendiri / original
  • CG = Computer Graphics, gambar yang dibuat melalui komputer. Ada juga yang menyebutnya Character Graphics, entah mana yang bener :v
  • CMS = Custom Menu System. Untuk menyebut segala script yang memodifikasi menu
  • CNS = Custom Name System. Untuk menyebut system input nama yang telah dimodifikasi
D
  • Databaser = Orang yang bertanggung jawab mengurus database game
  • DBS = Default Battle System. Untuk menyebut battle system bawaan RPG Maker tanpa diubah sedikitpun
  • Debug = Proses untuk menghilangkan bug
  • Demo = Versi uji coba dari game yang masih belom selesai
E
  • Eventing = Kegiatan untuk membuat event pada RPG Maker


F
  • Faceset = Sekumpulan gambar berukuran rasio 4 x 2 terdiri dari sekumpulan gambar wajah aktor yang dimana masing-masing ukuran gambarnya adalah 96 x 96
  • FBS = Frontview Battle System. System battle dimana terlihat seperti sudut pandang orang pertama. Kamu tidak dapat melihat aktor kamu sendiri, namun hanya dapat melihat musuh.
  • FPS = Frame per Second, satuan untuk mengukur kecepatan game. Jika FPS dalam game kamu ngedrop, maka bisa dikategorikan bahwa game kamu ngelag.
  • Frankenspriting = Kegiatan untuk memotong-motong sprite orang dari berbagai sumber menjadi sprite baru
G
  • GDD = Game Design Document. Dokumen untuk menyimpan ide game yang kamu rancang. Biasanya untuk digunakan sebagai catatan fitur yang akan dimasukkan, atau juga sebagai pembatas agar ide game kamu tidak melebar kesana kemari
H
  • Kaga ada ....
I
  • Kaga ada juga ....
J
  • Ini juga ....
K
  • Kaduki Battler = Battler yang dibuat oleh Kaduki. Cek websitenya kalo mau tau http://usui.moo.jp/rpg_chadot.html
  • Klise = Sesuatu yang sudah umum digunakan dan mudah ditebak. Lebih untuk ke arah jalan cerita.
L
  • LMBS = Linear Motion Battle System. Perpaduan antara turn based dengan action. Battle system ini sering digunakan oleh game-game Tales of Series
M
  • Mainstream = Seperti halnya klise, namun lebih ke arah yang bukan jalan cerita, seperti mekanisme game / fitur, dan sebagainya
  • Mapping = Kegiatan untuk membuat peta di RM
  • MP = Magic Point / Mana Point. Istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan sisa point untuk melakukan magic / sihir
N
  • NEP = Never Ending Project. Untuk menyebut proyek yang ngga selese-selese. Cuman berlaku di kalangan RM indo doang keknya.
  • NPC = Non-Player Character / Non-Playable Character. NPC sering digunakan untuk menyebut orang-orang di dalam game yang hanya digunakan interaksi dengan karakter player
O
  • OC = Original Character. Karakter asli bikinan kamu. Walau tidak terlalu related banget ama RM, namun kegiatan membuat game tentu saja tidak lepas dari membuat karakter sendiri
  • OP = Opening... ya opening :v
  • OST = Original Soundtrack. Musik asli yang dibikin eksklusif untuk game kamu. Lalu bagaimana dengan lagu comotan? Welp... kalo lagu comotan ya bukan original dong... ST doang? bisa jadi <(")
P
  • Pixelart = Seni gambar yang dilakukan dengan menitik-nitik pixel.
  • PS = Singkatan dari Photoshop, walau sebenarnya juga bisa merujuk ke Playstation
Q
  • QA = Quality Assurance, orang yang bertanggung jawab untuk memastikan kualitas suatu game
R
  • RBS = Rearview Battle System. System battle dimana kamu bisa melihat karakter kamu dari belakang. Namun, akhir-akhir ini gwa jarang denger istilah ini lagi.
  • RGSS = Ruby Game Scripting System. System scripting / coding yang digunakan dalam RPG Maker
  • RGSS1 = System scripting yang digunakan di RMXP
  • RGSS2 = System scripting yang digunakan di RMVX
  • RGSS3 = System scripting yang digunakan di RMVXAce
  • RGSSx = Untuk menyebut RGSS secara general / umum
  • RM = RPG Maker, jelas lah
  • RM2k = Singkatan untuk RPG Maker 2000
  • RM2k3 = Singkatan untuk RPG Maker 2003
  • RMID = RPG Maker ID
  • RMN = RPGMaker.net
  • RMW = Forum official dari RM yaitu RPGMakerWeb
S
  • SBS = Sideview Battle System. System battle horizontal dimana kamu bisa melihat aktor kamu di sisi lain dari layar.
  • Script = Kode program yang bertanggung jawab untuk menentukan bagaimana jalan game kamu nanti? Lihat juga ( Apa itu script? )
  • Scripter = Orang yang dapat membuat script / yang membuatkan script di game kamu
  • Scripting = Kegiatan untuk membuat script
  • SE = Sound Effect
  • SFX = Special Effect
  • SP = Skill Point / Special Point / Spirit Point. Istilah yang sering digunakan untuk menggunakan skill, entah untuk melakukan skill, atau untuk mempelajari skill
  • Sprite = Gambar portrait 2D yang ada di dalam game. Biasanya untuk menyebutkan gambar karakter
  • Spriting = Kegiatan untuk membuat sprite
  • SS = Screenshot
T
  • Kaga ada ...
U
  • Sama ...
V
  • VA = Voice Act. Sound effect yang berasal dari perkataan, seperti.... Kyaaaa!!!
  • VXAN = Komunitas RPGMakerVXAce dot net
W
  • WIP = Work in Progress, artinya lagi dikerjain. Ada juga yang bilang Work is Pending (lagi berhenti) atau Woles in Progress (dikerjain sih, tapi pelan-pelan)
X
  • Kaga ada ....
Y
  • YEA = Yanfly Engine Ace. Kumpulan script buatan yanfly untuk RPG Maker VX Ace
Z
  • Kaga ada ...

6 comments:

  1. OP : opening .. ya opening :v <-- epic mas
    btw, thanks ... buat nambah wawasan :3

    ReplyDelete
  2. gan, kalau singkatan2 yg ada di data base di bagian futures di tab classes kaya tgr, dpr, rec dll itu tuh artinya apa ? bisa di artiin satu2 gk gan ? hehe sorry ya...
    Thanks :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada di tool tip ama helpfile udah kan?

      Delete
  3. HP?????
    Health Point??

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!