Monday, September 8, 2014

RM Beli ama bajakan, bedanya apa?

Yang satu ini termasuk pertanyaan yang cukup menggelitik menurut gwa. Beberapa orang masih dengan polosnya menanyakan hal ini. Ok, gw ga berniat menuduh seseorang, silahkan bagi yang merasa ya silahkan merasa. Ok, balik ke pertanyaan awal. Jadi apa bedanya RM yang original / asli / beli jika dibandingkan dengan bajakan? Apakah ada fitur yang lebih baik? Atau bagaimana?

Jika kamu punya RM dengan beli, kamu bisa mengambil manfaat antara lain berikut ini
  • Kamu mendapat support dari forum internasional. Karena mereka akan melakukan instant ban jika ketahuan yang kamu pakai adalah illegal.
  • Untuk yang beli ke steam, kamu bisa backup project kamu dengan steam workshop. Jadi nda usah khawatir takut hilang.
  • Jika kamu mengambil krek'an yang salah, bahasanya adalah full bahasa jepang dan ada kemungkinan terdapat bug atau beberapa fitur yang kurang seperti box script call yang kecil saat kamu membuat event. Versi terbaru box script call udah gede banget
  • Tentunya kamu punya hal untuk mengkomersilkan game kamu tanpa mendapat cemo'ohan dari kalangan developer lainnya atau ancaman lainnya.
  • Kamu telah berusaha membebaskan bangsa Indonesia yang kerap dipercaya sebagai negara pembajak software.
  • Kamu menghargai yang membuat RPG Maker, tentunya kamu juga akan dihargai oleh orang lain.
Namun ada beberapa orang yang kerap sekali mencari celah-celah untuk urusan aturan ini. Seperti memperpanjang masa trial dengan cara ngeroll-back date, pake deep freeze, manfaatin komputer warnet dan semacamnya. Lalu dengan memanipulasi trial date mereka menganggap mereka menggunakan RM secara legal dan gratis. 

Ok... secara teknis MUNGKIN bener... Tapi coba direview kembali. Kamu ini menggunakan software RM untuk keuntunganmu. Mungkin bukan untuk secara material namun secara kepuasan. Aturan 30 hari trial itu sebenarnya tetep berlaku. Coba dulu 30 hari... kalo tertarik beli. Bukan coba 30 hari dulu... trus lantaran kamu rollback date atau semacamnya, akhirnya ya udah, gapapa, coba 30 hari lagi deh, LOL. Itu namanya ngga sopan.



Oke, gw ga mau cari masalah ama kalian-kalian yang masih menggunakan bajakan. Gw juga bukannya mau ngelarang lantaran emang gw sadar beli RM itu juga ga gampang. Banyak hal rempong yang harus diurus dan semacemnya. Tapi tolong, setidaknya kalian yang ingin berterima kasih lantaran RM sudah pernah menjadi bagian hidup kalian, punyalah keinginan kalau suatu saat kalian bakal beli RM secara legal jika emang sudah punya modal dan mampu beli.

Dan kalo ente nanya RM gw bajakan ato ori, Alhamdulillah punya gw ori dengan bantuan perantara seseorang. Dan lantaran itu juga sorry gw ngga bisa bantuin kalian beliin. Coba kontak orang-orang terdekat yang punya Visa / MasterCard / Steam Account / Paypal untuk minta tolong.

Sekian dulu dah post gwa kali ini... 
Sampai jumpa di post berikutnya...

9 comments:

  1. Hey harusnya bangga Indo Bisa jebol File/sofware yang berbayar.iya sih Di dunia ini g ada yang gratis tapi kan lumayan kita harus memanfaatkan mumpung masih ada yang gratis.Coba bayangin kalo Sofware Di seluruh dunia g ada yang gratis repot kan.Belinya pun ribet dan susah.Microskof Windows Pun kalo bayar semua gimana nasibnya? percuma punya komputer/laptop g ada Windowsnya layarnya Hitam tulisan doank yang ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, sampean sukses membuat artikel yang menarik sampai ada yang cons :)

      Delete
  2. kalo yang ori mahal gak ya gan??? trus apakah game yang telah jadi bisa diketahui kalo si pembuat menggunakan RMVXA asli atau aspal???

    ReplyDelete
    Replies
    1. VXA berkisar Rp.850.000, kalo lagi diskon bisa sampe Rp.600.000 atau bahkan Rp.400.000. Mahal ato ngga tergantung u punya uang berapa.

      Kalo soal ngecek, ngga ada.

      Delete
  3. jadi kalo misalnya.... ini misalnya yah gan.. jangan marah dulu yaa... :P kalo misalnya saya telah siap membuat 1 game dari RMVXA "ASPAL" apakah orang lain bisa mengetahui kalau RMVXA yang saya gunakan itu "ASPAL' ??? trus kalo mau beli yang ori dimana ya?? susah gak bayarnya?? thanx ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama kamu ngga jualan game, sebenernya original dan yang u sebut "ASPAL" itu privasi masing-masing. Tapi ya jangan dengan pede bilang-bilang di umum u pake kerak. Gw sendiri ngga masalahin u semisal nda ori kok.

      Beli bisa dari ke situs resminya RPGMakerWeb atau Steam. Lumayan ribet sih karena kudu punya paypal. Gw sendiri juga dibantu perantara orang lain belinya. Karena belinya sendiri susah, kalo masih nda mampu beli ya silahkan ae make aspalan dengan alesan ngga mampu beli, bukan karena ngga mau beli.

      Inget, ini hal privasi :D

      Delete
  4. enakan beli lewat Steam atau beli langsung di web RPGmakernya ya? ada perbedaan?
    soalnya kalo Steam, relatif lebih gampang selain Steam Wallet isinya lebih gampang, belinya juga gampang.
    kalo lewat RPGmaker VX butuh CC, apa bisa kalo beli lewat VCN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah familiar beli lewat steam ya beli lewat steam aja. Toh juga sering diskon juga kan? Gw sih nitip ama orang yg punya paypal.

      Perbedaannya paling harus buka client steam kalo u buka RM. Kalo yg non-steam bebas.

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!