Tuesday, September 9, 2014

Pertanyaan mainstream mengenai RPG Maker

Berhubung karena gw sering kali mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti ini, gw mau coba bahas semuanya di satu post ini barang kali kalau ada orang mau cari-cari. Dan setidaknya bisa untuk cari referensi walau setidaknya semua jawaban yang ada disini cuman murni dari gw dan sepengetahuan gw. Bisa jadi jika kalian menanyakan sumber yang lain, jawabannya akan berbeda. Well, langsung saja deh, berikut beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai RM dan biasanya yang tanya hal seperti ini adalah yang baru kenal RPG Maker
  • RPG Maker bisa bikin game 3D ga?
Pertama, emang apa yang ada di pikiranmu saat kamu menanyakan hal 3D di RPG Maker? Kamu ingin membuat game 3D dengan kemudahan seperti RPG Maker? Tidak bisa, RM itu game engine khusus buat 2D. 

Jikalau kalian nemu game RM yang terlihat seperti 3D, itu adalah Mode-7 dimana cuman ngemanfaatin grafis 2D dipaksa jadi 3D. Tentunya hasilnya tidak akan maksimal jika kalian menggunakan engine yang fokus ke 3D seperti unity. Jadi saran gw, kalau kalian memang pengen buat game 3D, RPG Maker itu pilihan yang salah
  • RPG Maker bisa dibikin online ga?
Bisa, dan tidak. Gw sempet denger isu bahwa sebenernya RPG Maker bisa untuk bikin game online dengan cara tertentu. Dan kabarnya ASOE, script online untuk RMVXA bakal rilis akhir tahun ini. Tidaknya adalah karena, gw ngga pernah denger game RM dijadikan online, berhasil, dan menjadi begitu gempar di komunitas RPG Maker internasional. Mungkin mereka gagal? bisa jadi, mungkin juga ngga lantaran hanya untuk kalangan tertentu. 

Tentunya kalau kalian mau bikin online, persiapkan aja ilmu programming yang mantab, pelajari PHP, jaringan, dan socket programming. Lalu, siapkan server, koneksi yang memadai dan hal rempong lainnya. Gw pribadi lebih menjawab ke Tidak soal urusan ini
  • Game RM bisa diport ke android? atau platform lain?
Bisa dan tidak. Pernah dengar yang namanya Neko RPGXP Player? Dengan itu kamu (katanya) bisa memainkan game RMXP (dan kabarnya RMVX/A juga bisa) di mobile. Gw sendiri belom coba lantaran HP gwa busug. Memang bener kamu bisa mainin game RM disana, namun tidak semua game RM bisa main. Yup, lantaran struktur script game RM bisa jadi sangat rumit, dan itu menyebabkan kamu tidak akan bisa dengan mudahnya porting game kamu ke mobile.

Dan lantaran library game dari RM itu semuanya heavily based on windows, dimana fungsi-fungsi scriptnya emang ngambil bawaan windows, kamu juga ga bisa dengan mudahnya porting ke platform lain. Jika pengen bisa, kamu harus simulasikan semua fungsi windows ke platform lain agar RM bisa jalan.


Lihat juga : Do not ever ask if RPG Maker can be made to run in your DS, PSP, Whatever
  • Cara bikin game kayak harvest moon gimana?
Pertanyaan yang sering gwa dengar dari yang baru kenal RPG Maker. Jika pertanyaan ini dijawab, kamu akan mendapatkan tutorial berlembar-lembar mulai dari pengertian cara eventing dan sampai ke implementasinya. Jika kamu serius untuk tanya ini, kamu setidaknya harus punya modal dasar eventing dahulu seperti bagaimana eventing di RPG Maker itu bekerja. Jika tidak, orang akan males mau ngajarin kamu soalnya cakupannya terlalu luas.

Oke, gw bukan orang yang demen ama bikin game harvest moon. Jadi gw ngga bisa ngajarin kamu lagian gw belom pernah bikin game yang mirip harvest moon lantaran karena alasan ini. Sebagai alternatif, gw mau ngelink ke blog orang luar negeri yang berbahasa inggris. Well, deal with it

Link : How to make your own Harvest Moon game
  • Cara nampilin aktor kita saat battle gimana?
Ini pertanyaan mainstrim berikutnya yang sering gwa denger ama orang baru yang protes soal tampilan default di battle scenenya RPG Maker. Well, beberapa kalian yang baru megang RM apalagi yang ngga kenal tampilan frontview battle dan pengen model battle kek FF7 dimana aktornya kelihatan, ini bukan hal yang gampang bagi kalian kalo emang kalian baru megang RM lantaran hal yang seperti ini melibatkan yang namanya edit script.

Oke, gw anggep kalian lumayan pinter untuk memahamin hal seperti ini. Gw kasih beberapa referensi post yang udah pernah gwa bikin.
Hanya saja dari semua itu, lebih gw saranin kalian make battle system gw Theolized SBS. Lantaran scriptnya asli dari Indo dan instruksinya juga bahasa indonesia.

Well, kalian bisa mulai belajar dari wiki github gwa : Getting Started

Oke, gw emang self advertising =D

5 comments:

  1. Menohok bgt kyk'a... Kalo soal battle system gw lebih suka deaultnya cz mirip ke Dragon Quest III. Gw udah beberapa kali mbikin game pake RM, tapi yah gara2 mentok di script beberapa proyek ane lepas gitu aja...

    ReplyDelete
  2. gue dulu nyah juga gitu banyak pertanyaan,tapi iseng mau tanya
    KWKWKkwkwkwkwwk

    ReplyDelete
  3. I really appreciate this wonderful post that you have provided for us. I assure this would be beneficial for most of the people.
    RPGMaker MV

    ReplyDelete
  4. Nice knowledge gaining article. This post is really the best on this valuable topic.
    RPG Maker MV

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!