Wednesday, September 10, 2014

Kesalahan umum dalam mempromosikan game

"Kk master dan senior sekalian, tolong coba game ane dong. Disini link donlotnya"

Kalimat di atas tentu saja bukanlah hal yang asing lagi apalagi di telinga orang-orang yang udah cukup lama menggandrungi dunia developing RPG Maker. Mungkin bagi kalian-kalian yang masih baru memegang tools RPG Maker ini dan ini pertama kalinya bagi kalian untuk membuat game dan kalian berhasil, kalian pasti merasa excited banget, bukan?

Nah, lantaran kalian terlalu seneng, kalian ini segera orang lain mencobanya dan tergesa-gesa membagi link download tanpa memperhatikan lawan bicara kalian. Dan akibatnya kalian melupakan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat mempromosikan game. Apa aja itu?
Deskripsi game
Yup, deskripsi. Ini hal yang mendasar namun entah kenapa gw masih sering lihat orang-orang yang baru masuk dunia seperti ini melupakan hal yang satu ini.

Deskripsi game menjelaskan sebenarnya apa isi dari game kamu itu. Bagaimana ceritanya? Siapa saja tokohnya? Fitur apa saja yang disajikan game kamu? Genre? dan berapa lama playtimenya? Dengan adanya deskripsi yang jelas tentang game kamu, orang akan bisa menilai bahwa kamu membuat game setidaknya lebih niat dan ngga asal-asalan. Game yang tidak berdeskripsi tentu saja orang akan bingung sebenarnya yang akan dia maenin itu game apa? RPG? Horror? dating sims? ato jangan-jangan virus? Orang akan ragu untuk mendownload game kamu.

Screenshot dalam game
Skrinsot aka layar tembak adalah hal kedua yang sering diremehkan oleh kebanyakan orang-orang baru terutama di komunitas facebook. Sama halnya seperti deskripsi game, game tanpa ada screenshot akan membuat calon downloader ragu.

Sebaliknya, jika kamu mampu membuat screenshot game kamu menarik, game kamu bisa jadi heboh bahkan sebelum kamu mengeluarkan demo. Selogan "Jangan dilihat buku dari kovernya" itu cuman sebagai tameng buat mereka-mereka yang ngga mampu bikin kover bagus (well, ga mau ngajak ribut disini). Karena faktanya banyak orang yang tertarik untuk mendownload game itu dilihat dari screenshot dulu, gameplay dan yang lain belakangan. Terserah kalian mau percaya atau tidak

Lantas screenshot apa saja yang dibutuhkan untuk pamer? Kalo menurut gw sendiri, ambil beberapa screenshot yang mencakup fitur-fitur game kamu. Semisal, proporsi penggambilan screenshot yang pas itu, screenshot waktu battle, screenshot bagaimana mapnya, screenshot menu, dan screenshot fitur yang kalian andalkan di dalam game itu. Apakah itu system siang malam? atau crafting?
Credit
Dalam mempromosikan game, kreditasi bukanlah hal yang wajib. Namun beberapa situs seperti forum RM internasional mengharuskan kalian menulis kredit lengkap. Nah karena itu juga anggap aja ini pelajaran tambahan yang gw rasa ngga kalah penting juga dari dua diatas.

Penyakit yang sering "diderita" pada kalian yang baru masuk dunia developing RPG Maker adalah lupa sumber resource. Mungkin kalian bisa seenaknya cari gambar di google, terus comot, pasang di game, dan kamu lupa mencantumkan sumber dari mana gambar itu. Terkadang ada yang dipasang sumbernya, yaitu Google, lol. Well, please... Google itu search engine, bukan sumber resors LOL.

Jika kalian menemukan gambar di Google, pastikan lihat situs darimana gambar kamu berada. Cari siapa pembuatnya, itu Tanggung Jawab kamu. Jika kamu tidak bisa menemukan siapa yang membuat gambar itu, ada dua pilihan. Lupakan gambar itu dan jangan dipakai. Atau, pakai saja gambar itu dengan mencantumkan link website.

Namun tetap ingat, ada kalanya mencantumkan alamat website saja belum cukup. Karena bisa jadi website yang kamu kunjungi adalah situs sejenis forum dimana situs itu memang tempatnya sekumpulan orang-orang untuk men-submit hasil karyanya disana, seperti Jamendo, DeviantArt, atau Behance. Well, situs yang gw link disini ngga terkait langsung ama RPG Maker sih, tapi setidaknya gw harap kalian ngerti apa yang gw maksud.

Sekian dari post gw yang satu ini...
Semoga bermanfaat =D

2 comments:

  1. Jadi dengan kata lain klo mau promosi harus mempromosikannya dengan percaya diri?
    Tanya kak, deskripsi game, bukan berarti musti menspoiler seluruh ceritanya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kagak juga spoiler seluruh cerita om... klo ceritain seluruh cerita ame aje kayak nulis cerpen / novel mungkin :v . Tulis ajek ayak sinopsis pilem-pilem gitu... atawa ceritanye tentang ape gitu.... :v

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!