Thursday, April 17, 2014

Kelemahan TinyPNG

Kapan hari gw pernah ngepost artikel soal Mengecilkan File RTP. Nah, gw barusan tadi pagi nemuin fakta kalo ternyata website TinyPNG juga mempunyai kelemahan. Tau apa? Yuk kita bandingkan file yang belom dikompress ama yang udah dikompress.


tinypng.com

Emang bener sekilas emang keliatan ngga ada bedanya. Tapi kalo kalian perhatiin lebih detil dengan cara dibuka pake software olah gambar, disini gw contohin pake PaintTool SAI, kayak gini yang bakal kalian temuin.

File asli yang belom dikompress
File yang sudah dikompress
Dari situ kamu bisa tau kan? kalau ada beberapa pixel yang hilang. Untuk lebih jelasnya, coba perhatiin yang bawah ini.
File asli yang belom dikompress
File yang sudah terkompress
Ketauan dari situ kalo tinypng semacam meminimalisir variasi pixel sehingga bisa mengkompress ukuran hingga lebih kecil 70% dari aslinya. Namun, timpal baliknya, dengan diedit seperti itu, jika kamu mau ngedit pasti bakal kesusahan lantaran format pixelnya udah beda dari PNG pada umumnya.

Jadi, saran ane, gunain TinyPNG kalo emang project kalian sudah dirasa nyampe final. Dan, jangan lupa senantiasa backup gambar asli. Barangkali kalian mau mengedit-edit lebih dahulu.

Sekian, semoga apdetan gw kali ini bisa dijadiin pertimbangan :D

1 comment:

  1. Ada sih alternatif bagusnya PngOptimizer, coba aja :D

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!