Saturday, March 8, 2014

Visibility Range Tergantung Equip (+Demo)


Level : Intermediate
Pembukaan :
Gw barusan dapetin kasus orang minta ajarin gw. Orang e itu ngePM ane dan minta ajarin hal yang udah Soleil katain diatas. Awalnya sih dia mintanya script. Cuman, kalo kasus kayak gitu, ngga perlu script juga kali ah. Eventing aja bisa. Well, sebagai pertanggung jawaban gw atas jawaban gw barusan, gw bikinin demo simple ini dan sekalian gw update blog ini juga.

Contoh screenshot :


No Equip

With Equip

What to do?
Pertama, pastikan kalian punya item di database. Misal e Torch Light.

Kedua, pastikan kamu pasang script Galv Visibility Range dalam projectmu. Link ada di bawah, bagian extra credit. Atau donlot aja demo ini. Kalo kamu ga bisa masang script, baca Cara Pemasangan Script di RPG Maker.

Ketiga, pastikan kamu setting script visibility range seperti ini. Setting switch ID dan Variable ID ke nomor yang kalian mau. Wa asumsiin kalian udah ngerti apa itu Switch dan Variable. Semisal, di demo yang gw kasi ini, gw contohin satu.



Set the Switch ID and Variable ID

Keempat, bikin event transfer player ke dalam dungeon. Hilangkan effect fade.


Set fade to none
Kelima. Bikin effect fadeout dan fadein secara manual. Dan kamu isikan "background prosess" di antara mereka. (Note: Background process adalah proses yang ada tapi ngga diketahui player). Seperti ini.



Di background process itu isinya transfer player. Menyalakan visible range, dan mengeset nilai lebar dari jangkauan pandangnya. jika lagi bawa obor, maka jangkauannya 450%. Kalo ngga 100%.

Keenam. Di dungeon / gua yang kamu set seperti itu, pastikan kamu buat satu parallel process yang isinya mengecek equip dari actor. Jadi, jika sewaktu-waktu actor melepas equipnya, nanti jarak pandang otomatis langsung mengecil. Seperti ini


Set parallel process in corner or whatever
Fill with this event
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat aja demonya.

Download :
Demo 

Extra Credit :
Galv - Visibility Range

Catatan / Note:
- Maaf sebelumnya kalo gw belom update script gw ke versi yang terbaru. Entah kenapa lagi masuk tahap bosan nyekrip RGSS3. Lagi tertarik belajar OpenGL, CSS, dan mungkin PHP dan Phyton ntar
- Sorry if I don't update any of my script yet. Somehow, I'm getting bored of RGSS3 lately. I got interested on something new like OpenGL, CSS, or maybe PHP and Phyton soon.

3 comments:

  1. om, cara berhentiin jam pada saat intro gimana?
    soalnya ngikut settingan disableatscene = false, berhenti jamnya cuman pas percakapannya doank, pas giliran walking auto run jamnya fungsi lagi. soalnya ane mau buat screen abu-abu , mohon penecerahnnya.

    ReplyDelete
  2. kalo pake event bisa gak om?
    Soale kontes nanti gak boleh pakai script

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!