Monday, March 17, 2014

Opini - Apa Itu Originalitas? Seberapa Pentingkah?

Dalam kasus ngedev game di RPG Maker itu originalitas adalah salah satu aspek yang biasanya diperhatiin. Apalagi kalau kamu kumpul ama komunitas. Macam-macam pendapat orang mengenahi aspek yang satu ini. Ada yang berpendapat penting, sesuatu yang wajib, ngga perlu banget, dan lainnya. Disini, gw dengan pandangan gw sendiri.

Apa itu original?
Original dalam arti bahasa artinya adalah orisinil / asli (source: google translate). Original dalam arti istilah adalah sesuatu yang asli buatan tangan atau hasil pemikiran kamu sendiri dengan referensi seminimal mungkin. Semakin minimalnya referensi, karya yang kamu bisa dibilang makin original. Sebagai contoh, jika kamu menggambar dengan cara tracing gambar orang, namun dengan gaya rambut atau pakaian yang berbeda, kamu boleh menganggapnya itu original. Namun apakah itu sepenuhnya original?

Okay, ngga usah dipikir berat-berat :v intinya sesuatu hasil pemikiranmu itu adalah original.

Jika hasil pemikiranmu sama atau mirip dengan milik orang lain, apa itu original?
Sering kali gw temuin kasus jika karya seseorang (terutama artist / penggambar. Namun tidak sebatas itu saja) dibandingkan dengan karya orang lain mereka ngga suka. Mereka sering menganggap karya mereka bukanlah original lagi dan kebanyakan mereka pundung, ngambek, patah semangat dan semacemnya. 

Well, please... kalau dari sudut pandang gw, seperti yang sudah dijelasin diatas. Jika itu memang hasil pemikiranmu dan dengan referensi yang minim (dan memang tidak mengambil referensi dari sesuatu yang dibandingkan ama orang lain), gw masi nganggep itu original. 

Lalu bagaimana kasusnya dengan kesamaan itu? Sekali lagi, please... Orang yang membuat itu adalah sama-sama manusia seperti kita. Sumber inspirasi kita adalah sama. Jika bisa diibaratin yaitu bagaikan dua lubang atap. Kita dapat cahaya dari dua lubang berbeda. Namun sumbernya sama, Matahari. Jika ada kesamaan itu adalah hal WAJAR!

Seberapa pentingkah originalitas?
Back to topic. Karena blog ini mbahas soal RPG Maker dan RGSS3, jadi wa ngga mau bahas hal terlalu jauh. Dalam beberapa kasus, original itu menjadi hal penting. Seperti jika kamu menginginkan sesuatu hal yang unik dalam game yang kamu buat. Apalagi jika kamu memang berniat membuat game dengan serius, aspek ini patut diperhatikan. Apa yang membuat game kamu berbeda dari yang lain?


Jika kamu hanya berniat untuk belajar membuat game, kamu tidak perlu memperhatikan aspek ini. Kamu bisa hanya fokus kepada belajar dan gunakan resource comotan yang sudah disediakan (RTP atau dari internet). Karena menurut pengalaman yang gw pribadi, membuat sesuatu original tidaklah memakan waktu yang singkat. Dan itu bisa menyebabkan kamu tidak jadi belajar.

Apa saja yang penting untuk dijadikan original?
Beberapa aspek dibawah ini adalah yang mesti diperhatiin duluan daripada yang lain.

- Konsep karakter
Jika kamu membuat suatu game dengan satu cerita tertentu, alangkah baiknya kalo kamu juga bikin konsep karakter yang original. Sebagai contoh jika kamu menggunakan Ralph sebagai karakter utama di game kamu. Dengan wajah seperti itu, penampilan seperti itu. Kebetulan saja cerita yang kamu buat itu sangat menarik, sehingga ada seseorang yang menjadi fans si Ralph. 

Di game lain, ada juga portrait Ralph dengan penampilan yang sama. Namun dengan jalan cerita yang berbeda. Orang yang terlanjur jadi fans melihat Ralph ada di game lain, apalagi kalau personalitynya beda jauh, bisa sangat menyayangkan banget.

Jika kamu memang bukan penggambar, kamu cukup hanya dengan menggunakan generator-generator yang sudah tersedia. Atau cukup hanya dilakukan dengan recolor jika kamu mampu. Dari situ sudah ada sedikit nilai originalitas.

- Background Music
Music sama kasusnya dengan konsep karakter. Jika kamu memang berniat membuat game kamu memorable dan unik, lebih baik jika kamu membuat BGM untuk game kamu sendiri. Jika orang mendengar lagu itu, bisa langsung teringat akan game kamu. Sayang sekali jika kamu mempunyai game keren namun harus mencomot BGM dari game-game terkenal. Dan lagi, ada kemungkinan game orang lain memakai BGM yang sama.

Gw akuin, bagian yang ini emang bagian yang tersusah. Soal e emang kuantitas komposer ngga banyak. Ditambah lagi ngga semua orang bisa komposing atawa komposingin buat ojekan lu. Kalo game yang kamu bikin itu game Indie dan amatiran, bisa ditolerir. Namun, kalo emang niat buat cari duit atawa untuk terkenal, wa saranin sekalian dioriginalin BGMnya

Apa saja yang tidak perlu dijadikan original?
Well, tidak perlu dijadikan original itu bukan berarti kamu ngga boleh menjadikan aspek dibawah ini menjadi original. Disini artinya kamu bisa mengabaikan hal-hal dibawah ini. Overall yang gw sebut disini adalah sistem / template yang kegunaannya tergantung ama user sendiri. Beda user, beda pula kualitasnya.

- Script
Kamu mau originalin script? Okay, fine. Hapus semua script bawaan RM dan biki dari nol. Ide gila sekali kk. Script itu adalah system dan template. Sistem itu sendiri kualitasnya tergantung ama si pengguna. Kamu bisa jadi menggunakan script yang sama dengan game lain. Hanya saja, jika kamu kemas dengan sedemikian rupa, sistem yang kamu buat bisa jadi lebih bagus dari game orang. 

Script bukanlah hal yang wajib untuk dijadikan original. Jika seseorang sudah pernah membuat sistem yang sama dengan ide kita, kenapa ngga pake saja script orang lain? Bisa jadi script yang sudah kita bikin lebih buruk performanya dan lebih banyak bug. Ini soal bekerjanya sebuah sistem. Bukan sok-sok'an keren original.

Lain kasus jika kamu ingin menjual game dan penyedia script tidak memperbolehkan scriptnya untuk game komersil. Atau, script yang kamu pakai kebanyakan bug dan repot sehingga kamu diharuskan untuk membuat script sendiri yang memiliki performa lebih enak dan settingnya sesuai dengan keinginanmu. Seperti soal Battle System TSBS yang gw buat.

- Tileset
Tileset RTP, tileset Celianna, tileset Hanzo Kimura, tileset Ayene, tileset IceDragon dan tileset-tileset lainnya, bagi gw mereka sendiri adalah semacam signature dari game RPG Maker. Maksud gw, merekalah yang membuat kentalnya feel game RPG Maker. "Yup, game RM memang seperti ini". Gw pribadi jika maen game RM, memang diniatin untuk ngeliat style tileset mainstream semacam itu. Wa ngga terlalu expect tileset original. Sama seperti game genre RPG yang selalu ada statistik karakter, equip, dan semacamnya. Atau anime yang mesti kebanyakan stylenya matabelo dan moe-moe.

Tileset juga adalah sebuah template. Kualitas dari mapping itu tergantung dari mapper yang menggunakan. Dalam artian, dengan tileset yang sama, antara orang satu dengan orang lain bisa jadi menghasilkan sesuatu yang berbeda. Jadi, menurut gw, tileeset adalah aspek yang bisa diabaikan originalitasnya.

- Animation
Sama seperti tileset. Animation yang ada di RTP adalah yang ngebuat game kamu berasa game RM banget. Dan itu udah jadi signature. Gw pribadi juga ngga masalah jika kamu mau menggunakan sample animation yang defaultnya udah disediain di editor. Namun, lebih baik jika kamu buat sequencenya sendiri. Dan sequence animation itu juga tergantung imajinasi pengguna. Beda pengguna bisa jadi beda hasil animasi yang dibikin.

1 comment:

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!