Thursday, March 13, 2014

Apa Itu Script Dalam RPG Maker?

RGSS3 Script
Pembukaan :
Sebenernya gwa sendiri bingung ini masuk bagian artikel atawa tutorial. Kalo masuk artikel gw ga yakin post ini bakal ketemu. Soal e dari statistik pageview lebih banyak tutorial daripada artikel yang dibuka. Cuman kalo masuk tutorial, gw ngga ngajarin apa-apa.

Well, sejak mulai dirilisnya RPG Maker XP dan generasi atasnya penggunaan script RGSS mulai populer. Script pasalnya bisa ngebikin kamu nambah-nambahin fitur dan semacemnya. Namun, script pada RPG Maker sendiri itu apa sih?

Jadi apa itu script?
Kalo untuk penjelasan awam, script itu adalah kode yang dapat dipasang pada script editor untuk menambahkan fitur-fitur yang kamu inginkan pada game yang kamu buat. Itu secara gampangannya.

Kalo dari pandangan dan cara gw, script itu sendiri adalah sekumpulan baris kode RGSS yang nantinya bakal dieksekusi pada RGSS Player sehingga menjadi game2 RPG Maker yang biasa kita jalanin sekarang.

Well, mari kita padukan pemahaman kedua pengertian diatas.
Orang umumnya menganggap script itu adalah seperti ini.


Insert the script below material but above main
Itu semua sebenernya hanya pengertian gampangnya agar kamu tidak perlu berpikir banyak-banyak. Tapi, sebenarnya, sejatinya script adalah seperti ini


All built in script will be executed
Yup, jika seandainya kamu hapus semua script bawaan yang ada di RPG Maker kamu, maka kamu ngga akan bisa ngejalanin game kamu meski kamu bisa utak-atik di editor. Dalam artian, script adalah jantung dari game yang kamu bikin. Editor hanya berperan menyediakan informasi database yang nantinya akan diolah dalam game.exe

Untuk lebih jelaskan, coba perhatikan berikut.



How Game.exe actually works
Saat kamu membuka Game.exe yang pertama kali program jalankan adalah membaca isi dari Script.rvdata2 bukan hal lain macam Actors.rvdata2 dan data-data lainnya. Lalu, kapan database yang kamu buat itu dimasukkan dan digunakan dalam game?

Kita coba tengok pada DataManager, line 36


Built-in script manually loads your database
Dengan adanya sebaris kode seperti itu, maka database yang kamu buat dalam editor akan termuat dalam game kamu. Setelah database termuat, maka script bawaan akan mengolah sedemikian sehingga jadilah game yang kamu buat. Jadi gw saranin kredit Enterbrain juga kalo mo cantumin kredit bagian script. Mereka yang berperan paling besar sebener e.

Apa yang script bisa lakukan?
Jika menurut pengertian yang udah wa jelasin diatas, script bisa melakukan perubahan apapun yang terjadi pada RGSS Player / Game.exe (Gw sebener e prefer nyebut e RGSS Player). 

Seperti merubah tampilan menu pada game kamu.


Script can change your main menu
Merubah tampilan battle system


Or change battle system appearance

Menambahkan fitur yang tidak ada pada RPG Maker. Seperti crafting


Add some new features. Such as crafting system
Atau bahkan memodifikasi seluruh isi script dan menjadi game baru. Seperti shooting


Or even rewrite all the scripts and make a shooting engine

Apa yang tidak bisa script lakukan?
Script tidak dapat merubah tampilan dari editor RM itu sendiri. Editor RM hanya menjadi penjembatan kita buat mempermudah kita membuat dan mengedit game.


This GUI can not be modified by script. So deal with it!
Karena GUI editor pada script tidak dapat diedit, scripter biasanya mencari cara lain agar tetap mempermudah penggunanya. Yaitu dengan membuat aturan-aturan tertentu. Seperti notetag. Dengan memasukkan pola tertentu pada notetag, maka dengan bantuan script, pola itu akan dapat dikenali dan diproses dalam game kamu.


Scripter usually use notetag to solve this
Apa perbedaan script dengan event?
Sering kali gw denger pada banyak bilang "Gw bisa bikin sistem xxx pake event doang. Ga usah script". Emang bedanya script dengan event apaan? Script lebih susah gitu? Event lebih gampang? Dan dari pengertian itu kesimpulannya script ama event itu beda? 

Dibilang beda itu boleh. Tapi kalau sepenuhnya beda, ane juga ga setuju. Bagi pandangan gw, event itu hanyalah scripting yang sudah dibuat dengan model WYSIWYG (What you see is what you get). Dalam pengertian awamnya aja, kamu scripting dengan menggunakan GUI dan tinggal klak-klik jadi. 

Ingat gambar ini!


How Game.exe actually works
Saat game yang dijalanin, bukan eventing kamu yang dijalankan duluan, tapi script yang dieksekusi. Script dieksekusi di Game.exe baru membaca eventing yang kamu tuliskan. 

Jika kamu adalah ahli script, kamu bahkan bisa mengatur semua eventing kamu cukup dengan menggukan script. Hanya saja, hal itu akan menjadi sangat repot. Siapa yang mau seperti itu? Karena kebanyakan orang ngga mau repot, maka digunakanlah eventing seperti biasa.

Jadi, apakah script dan eventing itu beda? jika iya, dimana perbedaannya? Itu silahkan kamu tarik kesimpulan sendiri. Tergantung kamu ngambil sudut pandang dari mana.

Catatan Penulis :
Well, gw sendiri ga tau apakah gwa udah bisa nulis artikel ini dengan jelas atawa belum. Kayaknya gw nulis emang rada ngaco. Apa yang ada di pikiran gw buat nulis ini terkadang ngga tersambung dengan baik. Dan sorry juga kalo semisal bahasa gwa kelewat tinggi ._.

10 comments:

  1. ka theo ane mau nanya.ane gk tau ini masalah bisa diselesain pakek scrip atau Event.jadi masalahnya gini...misalnya player ada di suatu peta kan itu jalan-jalan tuh,saat jalan bakal ketemu momonkan misalnya kita jalan di jalanan tanah biasa itu battle backnya bakal ganti jadi jalanan biasa dan semisalnya kita masuk kehutan(masih tetap di peta kagak ganti MAP)nah itu battle abck otomatis ganti saat battle Hutan...itu masalahnya ka :v ane bingung itu pakek Commant Event atau pakek scrip..semisal pakek scrip apa nama scripnya biar ane cari :v ...di tunggu jawabannya =w=

    ReplyDelete
  2. kakk teo sory OOT, mw nany misalny saat battle jml party 2 kemudian mati 1 tp kita menang battle. pas kita balik ke map kan spriteny tetp 2 gmn carany ngilangn sprite yg udah mati itu. battleny enconters bukan event. tq kakak teo. dijawab ya..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. ka theo ane mau ngasih masukan buat update blog ini...mungkin ini sedikit meminta kali ya...?tapi terserah ka theo mau buat/nolongin atau gk...jadi tolong ka theo di update nanti buat demo atau scrip...buat compability Core system sama relistic light.kan waktu itu udah dibuat demo cahaya lampu sama core time...ane mau pakek scrip yang relistic light tapi klo mlm itu cahaya ttp jalan(nasa malam hari ada cahaya matahari)...ane bingung jadinya....hehehehe maaf :v tapi klo gk suka gk papa aku gk maksa ...makasih ka theo thx =w= Scripmu sanat membantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bole bole, kayak e rada tricky yang satu ini ~

      Delete
  5. nice artikel, tapi ini bahasanya kayak lagi nyinggung orang wkwkwk (ada yg ngeklaim script theo kah ?), gw newbie di rpg maker om tapi ngerti programming kok ^^ setelah baca2 di atas wa ambil kesimpulan kalo event ya untuk memudahkan, (istilahnya kayak vb lah) nah scripting itu seni codingnya di rpg maker, apa yg kurang di event bisa di tambahin lewat script, kalau script bawaan dari rm itu semacam header (kayak dkk di c / c++ ya?) agak sakit pala juga wa liat coding ruby ini haha. thanks om theo ada comment tambahan di setiap scriptnya, memudahkan newbie kayak saya buat ngerti coding yg itu arahnya kemana coding ini arahnya kemana ^^ nambah2 ilmu juga buat belajar ruby,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Post post gwa emang kebanyakan rada nylekit dan nyinggung beberapa pihak ko gan :v

      Tq komennya gan, moga sukses disana =w=/

      Delete
  6. You are so interesting! I do not think I've read something like that before. So good to discover somebody with some original thoughts on this subject. Really.. many thanks for starting this up. This website is one thing that is required on the web, someone with a bit of originality!



    bola.arenabetting.com

    http://arenabetting.us

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!