Saturday, February 1, 2014

Curhat - Baca Sebelum Bertanya

Post kali ini mau wa isi dengan curhatan-curhatan wa soal pola beberapa post dari orang-orang yang baru belajar atau baru ngerti RM. Tujuan wa biar mereka bisa tau diri kedepannya. Soal e annoying juga ngelihat pola pertanyaan kayak gitu terus gwa :v

1. Nanya cara gunain script tanpa nyebutin script apaan
Ini salah satu pola pertanyaan yang sering gwa temuin. Ngga di grup FB, ngga di RMID juga. Sering kali gwa nemuin pertanyaan "kk, gimana cara gunain script sideview battle?", "Kk, gimana caranya nampilin ikon senjata di sideview battle?". Yang perlu kamu sebutin saat nanya itu kamu kudu ngerti script SBS mana yang kamu pakai. 

Jangan berharap dengan pertanyaan gitu kita-kita langsung ngerti script apa yang kamu pake dan dijawab dengan bener. Kebanyakan pasti jawabannya "pake SBS apa kk?" dan kalopun yg ditanya gw ya palingan wa jawab "Ga tau kk :v". Inget! beda script SBS beda juga cara makenya woi! Lu kira semuanya sama gitu ye?

Alangkah baiknya kalau mau nanya cara penggunaan script, berikan link aslinya sekalian.

2. Posting script ngga pake pastebin atawa file [dot]txt. Tapi langsung pake komen FB atawa inbox
Buat kalian yang ngga ngerti sama sekali soal script tak kasih tau, formating di script itu ngemudahin ngebaca script itu sendiri. Kalo elu-elu pada ngepost script di komen FB itu SPASI E ILANG! :v dimana itu ngebikin script makin susah dibaca (bayangin kalo u ngepost script yg ampe ribuan baris). Ngasi spasi di script itu ngga asal-asalan keren. Tapi itu juga ngebikin code lebih enak dibaca.
 
3. Impian tinggi, tapi ngga kenal kemampuan diri
Well, sorry bagi yang ngerasa tersinggung. Tapi imej gw kalo ada pertanyaan "Kk, gimana cara bikin toko tutup?" bayangan gwa cuman orang itu mesti ngga ngerti yang namanya conditional branch. 

Sering kali juga gwa temuin orang (yang kayaknya) baru ngerti RM, langsung ngonsep hal-hal gede tanpa ngerti kemampuan diri dan limitasi RM sendiri. Kalo dari saran gwa, khatamin semua fungsi RPG Maker sampe seluk-beluknya, nanti pertanyaan seperti itu gwa yakin ngga bakal muncul.

Jika kamu emang udah ngerti basic-basic RM pasti pertanyaannya ngga bakal sementah itu. Bakal lebih jelas dengan ngasi tau usaha-usaha yg udah dibikinnya dan yang mau ngajarin lebih enak. Coba kalo belom ngerti basic RM, ntar dikasi tau soal conditional branch malah balik nanya, "Conditional Branch itu apa kk?". Ya semoga aja ada yang sabar nerangin e. Tapi jangan harap orang itu gwa (wa udah 5 taunan megang RM dan gwa bosen pola kayak gini).

4. Out of topik
Ini juga pola yang sering gwa liat. Apalagi di blog wa ini. Sering kali wa liat komentar nanya hal yang seharusnya ga ditanyain di topik postingan gwa. Ngerti ga? itu namanya GA SOPAN!. Sorry ye, tapi kalo ngga ditertib'in dari sekarang ntar malah kebawa-bawa terus-menerus.

Gwa yakin masih ada lagi yang lain... tapi saat ini ya ini aja yg gw inget dlu ~

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!