Friday, November 29, 2013

Theo - Gameover Choice + Battle Retry

Version : 2.1
Previous Version : Gameover Choice
Requester : Agus Widhiantara
Perkenalan :
Script ini nambah pilihan saat gameover berupa Battle Retry dan kembali ke checkpoint terakhir

Screenshot :

Gameover Choice + Battle Retry

Thursday, November 28, 2013

Theo - Variable Store

Version : 1.0
Request Thread : Variable Store (RMVXA.net)
Perkenalan :
Script ini membuat kamu bisa menyimpan nilai variable. Nilai variable yang disimpan akan tetap sama walau player new game, atau load

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Edit konfignya untuk nentuin variable mana aja yang bakal disimpen

Theolized Sideview Battle System v0.5

Version : 0.5
Require : Basic Modules
Perkenalan :

Screenshot :

Attack

Enemy attack

Combo attack!

Update - Basic Module v1.3b

Version : 1.3b
Original Post : Basic Modules
What's new?

- TSBS basic function (untuk perhitungan sel dalam spriteset)
Untuk alesan kerapian aja sih. Ntar dipakenya di TSBS gw

- Reduced lag for Clone Image / Afterimage Effect
Versi kali ini ngga usah takut soal terlalu ngelag gara2 efek afterimage

Tuesday, November 26, 2013

Update - Namebox Window v1.3

Version : 1.3
Original Post : Namebox Window
What's new?

Now support Icon + Change Color
- Support \C[n] sama \I[n] buat ngedraw icon atawa ganti warna tanpa ngerusak ukuran window
Inget, makenya tetep pake double slash. Misalnya "Nella" => "\\I[188]\\C[27]Nella Shadowind"

Error Handler
- Ngga error kalo semisal lu salah masukin key di \NBL['key']
Ini lantaran ada yang salah make script gw, dia error trus gw yg disalahin. FINE! gw kasi error handler deh. Ini ngga bikin keluar dari game. Tapi masih dilanjutn

Mengubah kecepatan dash

Level : Intermediate
Pembukaan :
Artikel iseng-iseng sebelum masuk kelas. Oke, di post kali ini wa mau bahas gimana cara ngubah kecepatan saat dashing / lari.

What to do?
Buka script editor --> Game_CharacterBase --> line 130
Ubah scriptnya jadi seperti ini misalnya.


Saat kamu coba lari / pencet shift, maka akan jadi kecepatan super dewa.
Jika kamu bisa scripting, kamu bisa tambahin iseng2. Semisal, leader party mbawa equip sepatu dewa. Kamu bisa ubah seperti ini.

Battle System Original? Theolized BS?

Theolized Battle System (Prototype)
Di post ini wa mau nyampein unek-unek masalah yang biasa dialami RMer. Ngga dikit dari RMer gitu pengen bikin battle system original kan? Yup, gue juga salah satu yang pengen bikin battle system original. Meski make konsep yang sama, (SBS, ABS, ATB), setidaknya gue bisa bikin semuanya itu dari enol. Nah...

Kenapa harus repot-repot bikin sendiri? Bukannya udah ada ya script battle system?

Gw udah coba (walau engga sepenuhnya) battle systemnya orang. Dari tankentai (VX atawa Ace), Battle Symphony, Basimple BS punya Molegato (walau cuman instruksinya), Fomar ATB (rada buggy), Victor Animated Battler, Jet viewed battle, ama Yanfly Visual Battler.

Kebanyakan dari masalah yang gw temuin itu adalah, gw ngga paham apa yang mereka pikirin. Bagaimana mereka ngebikin konfigurasi dan punya potensi apa aja. Akhirnya gw mau ga mau harus ikutin aturan mereka kan? Gw pengen bikin aturan sendiri yang dimana gw paham betul fungsi dan potensinya. Disini gw bercita-cita bikin battle system sendiri.

Trus, punya lu apa bedanya dengan punya orang lain dong?

Seperti yang udah gw katain sebelumnya. Gw paham script gw sendiri. Mau gw taruhin apa aja ya semau gw. Disitu keunggulannya. Lol, gw ogah belajar script orang juga. Seringan gw ngga paham apa yg mereka pikirin. Mending edit RTP plus logika sendiri.

Friday, November 22, 2013

Theo - AfterImage

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini nambahin effect "afterimage". Apa itu afterimage? Semacem efek ninggalin bekas gambar kalo bergerak.

Screenshot :


Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namu diatas main
Gunakan comment pada event untuk menentukan event tersebut ada afterimage-nya atawa kaga seperti ini
<afterimage>
<aft opact: n>
<aft rate: n>
Kayak gini nih
How to set up

Update - Basic Module v1.3

Version : 1.3
Original Post : Basic Modules
What's new ?


Cuman nambahin fungsi biar bisa duplikat object dari class sprite dengan cara manggil
yoursprite.clone
Sprite yg diduplikan bener-bener diduplikat bahkan ampe bitmapnya juga


Wednesday, November 20, 2013

Theo - Vocab Changer

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini membuat kamu bisa translasi vocab ke bahasa lain. Cukup dengan menggunakan switch, kamu bisa bolak-balik ganti isi vocab ke dua bahasa

Screenshot :

Translated Vocab (Switch ON)

Back to its original terms (Switch OFF)

Saturday, November 16, 2013

Theo - Footstep Sound

Version : 1.1
Perkenalan :
Script ini membuat setiap player berjalan di tileset tertentu, membunyikan Sound Effect

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Edit konfigurasinya semaumu
Semisal kamu settingnya region mode. Dan kamu setting database SEnya seperti ini

Theo - Global Disable Dash

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini cuman nambahin opsi kalau kamu bisa nge-disable dash dimana aja tidak sebatas dari map properties

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main.
Buat disable / enable dash, tinggal make script call
$game_system.dash = true
$game_system.dash = false

Theo - Profile Slot

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini menambahkan fitur profile slot. Apa itu profile slot? Yaitu sebuah slot untuk tempat kamu menyimpan data di dalam game kamu. Gampangannya, kamu memilih slot yang akan di gunakan buat save game nantinya di game. Nah, player tidak bisa mengganti slot / save index di tengah permainan. Cara new gamenya pun harus dengan memilih index kosong. (Lihat screenshot aja deh)

Screenshot :

Profile slot
Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah main namun diatas material
Edit konfigurasinya untuk mengatur preferensi kamu
 
Untuk menyimpan game dalam peta (Misalnya checkpoint) cukup dengan menggunakan script call seperti ini
DataManager.save

Menggunakan Ballon Icon Lebih Dari Sepuluh


Level : Intermediate
Pembukaan :
Di dalam editor event secara default, kita cuman disediakan ballon yang jumlahnya sepuluh baris. Lalu bagaimana kita nambahin biar lebih dari sepuluh? Well, triknya akan wa jelasin disini

What to do?
Sebagai contoh, donlot contoh resors ballon icon ini ke folder Graphics/system.

Iconset sample

Secara default, kita cuman bisa make yang sampai ke ballon sleepy (ZZzzz). Nah, biar kita bisa akses bagian bawahnya, kita bisa dengan menggunakan event set move route dengan script call seperti ini.

Theo - Common Event Menu

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini membuat kamu bisa menjalankan common event melalui menu

Screenshot :

Common Event Menu

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Edit konfigurasinya

Theo - Windowskin Changer v2

Version : 2.0
Previous Version : Windowskin Changer
Perkenalan :
Script ini membuat kamu bisa mengganti windowskin di tengah game. Beda dengan windowskin changer yang versi 1 dulu karena bergantung pada scriptnya si Yanfly

Screenshot :


Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Edit konfigurasinya.

Friday, November 15, 2013

Theo - Character Flip

Flip?
Version : 1.0
Perkenalan :
Punya sprite kaduki? Itu lho, sprite yang punya pose macem2. Ada pose idle, ada pose casting, ada pose mampus, dan yang masih banyak lagi. Nah, yang jadi masalah kan ya, kaduki itu kan ya cuman hadep kanan doang. Trus kalo kita mau make di map dan dihadapkan kiri gimana? Oke, script ini mungkin bisa ngebantu kamu.

Screenshot :

Before flipped

After flipped

Thursday, November 14, 2013

Update - Animated Portrait v1.1

Version : 1.1
Original Post : Animated Portrait
What's new?

- Bugfix when remove portrait
Script call remove sebelumnya rada bermasalah. Nah, versi sekarang udah wa benerin.

- Dim effect for inactive portrait
Biar bedain mana yg aktif mana yang kaga, (dan karena in hasil rekues juga), sekarang wa kasi fitur baru. Yaitu efek dim buat yg lagi ngga aktif. Contoh :

Dim effect
Download :

Theo - Choice Help

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini membuat kamu bisa menampilkan help pada choice. (Liat aja screenshot)

Screenshot :

Choice now has its own help / comment

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Gunakan script call seperti berikut untuk menentukan helpnya
choice_helps[0] = "blablabla"
choice_helps[1] = "dasdasdasd"
choice_helps[2] = "lorem ipsum"
choice_helps[3] = "another sample text" 
Letakkan script call diatas satu slot tepat diatas show text sebelum command choice. Index choice dimulai dari 0. Jika ada 4 choice, maka masing2 indexnya adalah 0-1-2-3. Seperti ini :

Membuat Text Command Berada Ditengah

Centered Command Text
Level : Intermediate
Pembukaan :
Tutorial kali ini wa mau bahas trik gimana jadiin command menu ada di tengah. Boleh dibilang simple, dan boleh juga ngga. Karena kamu harus punya ilmu scripting dikit-dikit. Oke langsung aja.

What to do?
Sekarang kasusnya, kamu mau membuat command dalam title menjadi di tengah kayak screenshot diatas. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka script editor --> cari Window_TitleCommand --> Tambahkan sebuah script disana seperti ini

def alignment
  return 1
end

Contoh screenshot :

Setup an alignment
Saat kamu jalankan, kamu akan melihat titlescreen seperti yang wa tunjukin diatas.
Hal ini juga berlaku untuk main menu. Bedanya, kamu harus menambahkannya di Window_MenuCommand. Seperti ini.

Tuesday, November 12, 2013

Theo - Display Parameter Change

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini membuat kamu tahu berapa perubahaan parameter actor di dalam status window

Screenshot :

Actor parameter

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main.
Disarankan pasang script ini di bagian atas dari script lain

Theo - Custom Parameter Formula

Perhatian! Script ini sedikit membutuhkan pengetahuan scripting
Version : 1.0
Perkenalan :
Terpikirkan kalau karakter punya formula parameter sendiri? Seperti, MDF si Eric tergantung dengan jumlah MP yang dimiliki. Atau mungkin DEF bergantung pada sisa HP karakter? Silahkan definisikan sendiri.

Cara penggunaan (dan hasilnya) :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main.
Edit konfigurasi di dalam script. Pastikan kamu ngedit diantara "def" dan "end"
Misalnya :
 
def custom_mdf(ori_param)
  ori_param + mp/2
end
Maka hasil dari perhitungannya adalah seperti ini.

Additional Parameter added to MDF
Dan disaat MPnya si Eric hilang

Monday, November 11, 2013

Theo - Database Manager

Version : 1.0
Perkenalan :
Pengen ngerapiin susunan database kamu? Merasa kurang karena secara editor RM yang cuman disedian copy, paste, clear, dan multicopy saja?

Sekarang, dengan script ini, kamu bisa menukar ID dari sebuah database, atau bahkan menyisipkan database kosong dan menghapus database untuk alasan kerapian. Coba aja.

Screenshot :

Inserting new database, or even swapping database.
Reopen your editor, and the database will be changed
Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Set Activate ke true jika kamu ingin mengaktifasi script ini. Lalu playtest.
 
Setelah kamu selesai mengedit database dari game, tutup gamenya beserta editornya. Lalu buka kembali editor RMVXA kamu. Dan lihat database yang barusan kamu ubah

Sunday, November 10, 2013

Theo - Message Wait Skip

Version : 1.0
Perkenalan :
Di dalam message, kita bisa skip pengetikan tulisan dengan mencet tombol konfirm. Tapi kita ngga bisa skip message yang emang seharusnya wait seperti kode-kode macem \. ato \|
 
Nah, kalo di sebuah konversasi atau show text (macem intro) kebanyakan kode untuk nunggu, kan ngga bisa diskip juga. Script ini ngebikin kamu bisa skip wait biar ngga kelamaan nunggu
 
Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material dan diatas semua script yang berhubungan dengan message. Kalo make script basic modul gw, taruh diatasnya juga

Saturday, November 9, 2013

Update - Namebox Window v1.2

Version : 1.2
Original Post : Namebox Window
What's new?

- Support escape code seperti \\n[1] dan yang lainnya
Sekarang kamu bisa menyisipkan kode-kode yang ada di dalam message window seperti \\n[1] atau \\p[1]. Tapi ingat, kamu harus memakai "\\" (double slash)



Download :

Friday, November 8, 2013

Theo - Enemy Swapper

Version : 1.0
Perkenalan :
Bosan dengan isi troop member yang itu-itu aja? Ingin membuat isi troop member yang lebih dinamis? Script ini bisa mengabulkan keinginanmu

Screenshot :

First Encounter

Second encounter (different troop member)

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material namun diatas main
Gunakan notetag <swap: id,id,id> pada notebox di database enemy dimana id adalah id enemy yang bakal jadi kandidat pengganti enemy tersebut

Tuesday, November 5, 2013

Theo - Windy Season

Version : 1.0
Perkenalan :
Mau bikin cuaca berangin? Bingung gimana caranya? Script ini bisa ngebantu kamu buat bikin cuaca serasa berangin di game

Screenshot :
(Males rekam video)

Ada dedaunan keterpa angin

Tempatnya pindah
Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Edit konfigurasinya di script buat nentuin gambar partikel apa aja yg bakal kamu pake. Gambar harus ada di Graphics/system

Theo - On Encounter Lose Exception

Version : 1.0
Perkenalan :
Kalo dalam event battle processing ada "continue when lose", script ini juga ngebikin kalo kalah dalam random encounter bisa tetep lanjut dengan manggil common event

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
 
Gunakan script call seperti ini untuk mengganti common event id yang akan dipanggil jika kalah dalam encounter
$game_system.lose_common_event = 1 <-- angka = ID common event 
Secara default ID angkanya adalah 0

Saturday, November 2, 2013

Cara menonaktifkan script

Level : Beginner
Pembukaan :
Beberapa kalian pasti ingin menonaktifkan script-script yang terdapat dalam RPG Maker untuk alasan tertentu. Selain dengan cara kopas script ke notepad (dimana itu ngerepotin banget), disini wa mau bahas beberapa trik ngenonaktifkan script. Langsung saja deh ya

1. Comment Out
Trik ini berdasarkan post gw Hotkey dalam script editor. Dimana fungsi CTRL+Q adalah menjadikan satu baris kode menjadi komen. Di dalam script, komen tidak akan dijalankan. Nah, trik ini adalah dengan mengkombinasikan CTRL+A (select all) dengan CTRL+Q (Comment out).

Hasilnya akan seperti ini :


2. Dipindah dibawah main / mainnya yang dipindah keatas
Cara yang kedua adalah dengan meletakkan script-script kamu dibawah main. Atau pindah saja section main berada diatas. Gambar dibawah ini adalah contoh gimana wa ngenonaktifin script.

Below main
Nah, kalo mindah main, jadinya kayak gini.

Theo - HP Bar Over Player

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa nampilin HP Bar diatas player

Screenshot :

HP Bar Over Player

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Gunakan script call berikut untuk memunculkan / mematikan HP bar
- $game_party.maphp = true (ON)
- $game_party.maphp = false (OFF)