Thursday, August 29, 2013

Update - Core Time System v1.1

Version : 1.1
Original Post : Core Time System
What's new?

- Optimized workflow
Cuman ngeganti sedikit workflow biar bisa ditambahin addon macem-macem nantinya

- Added week
Sekarang ada tambahan variable. Yaitu minggu

Download :

Theo - Auto Toggle Switches

English Version Avalaible!
Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk ngebikin game switches otomatis nyala dengan kondisi yang ditentuin berdasar script

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material, namun diatas main.
Edit konfigurasinya kayak gini

Configuration

Wednesday, August 28, 2013

Ruby - Fiber Explanation

Ruby - Fiber class
Level : Skilled / Scripter
Pembukaan :
Dalam library standarnya Ruby ada yang namanya class Fiber. Class ini biasanya dipake buat bikin semacem Checkpoint untuk berhenti dan bisa dilanjutkan dalam kapan saja. Class ini dipake dalam RGSS3 dalam class Window_Message dan Game_Interpreter. Jadi kalo kalian mo ngemodif class itu, setidaknya kalian harus ngerti fiber itu apaan.

Window Message Update Fiber
Game Interpreter create fiber
What to do?
Insert script baru buat lahan kamu eksperimen.


Lalu bikin script kayak gini untuk basenya
def updates
  Graphics.update
  Input.update
end

updates while true
Lalu bikin def diatas update misalnya kayak gini

Theo - Custom Title Command

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa ngebikin command dalam title screen pake gambar (bukan window)

Screenshot :

Custom image for command

Monday, August 26, 2013

Update - Tutorial RGSS3 Chapter 7 : Learning Default Script

Prelude :
Udah lama banget sejak terakhir kali wa apdet tutorial. Beberapa waktu ini juga inet gw sering diambil alih. Karena ngga ada ide mo ngapain, ide script juga udah abis, akhirnya gw mutusin buat nerusin tutorial yg udah ditunggu-tunggu kelanjutannya ini.

What's new?
Dalam update kali ini, kalian udah ngga lagi mantengin screen gelap. Soal e wa nerangin gimana cara masukin window dalam scene. Di kasus ini yang wa jadiin contoh adalah masukin window sebagai HUD buat nampilin variable dalam map.

Simple Variable HUD
Yup, yang wa mau terangin di update kali ini ngebikin simple variable HUD. Gimana cara ngambil nilai variable, refreshnya kalo nilai variable berubah, konfigurasi bagi pengguna script, dan sebagainya.

Theo - Anywhere Texts on Screen

English Version Avalaible
Version : 1.0
Inspiration : RMWeb RGSS3 Request
Pembukaan :
Script ini ngebikin kamu bisa nulis text di screen

Screenshot :

Place your text anywhere

Sunday, August 25, 2013

Update - Fog Screen v2.0

Version : 2.0
Original Post : Fog Screen
What's new?

- Rewrite Workflow
Di script kali ini gw coba rewrite lagi dengan workflow yang lebih baik. Jadi, script versi 1 ama versi 2 udah beda banget. Jadi anggep aja dua script ini udah dua script yang beda. Ngga bisa cuman dipatch trus langsung jadi. Anggep aja kek RGSS3 dengan versi sbelumnya itu ngga saling kompet
 
- Support Scrolling map
Di versi sbelumnya, fog akan tetep berada di screen. Di versi kali ini, gw udah nambahin fitur fog jg kescroll kalo map ikut nyekroll

Multiple fogs
- Support Multiple fog
Oke, sorry sbelumnya kalo screenshotnya ngga banget. Gw cuman mau bilang kalo versi kali ini kalian udah bisa ngasi multifog. Untuk jelasnya, donlot aja demonya di original post


Battle Fogs
- Support Battle Fog
Versi kali ini udah support fog dalam battle. Well, screenshot udah menjelaskan =P

Notetag
- Change Map Notetag
Notetag skrng lebih gw rapiin. Ngga kek versi sbelumnya yg banyak ribetnya. Untuk jelasnya liat sendiri di script ato demonya

Download

Saturday, August 24, 2013

Mempersingkat Damage Formula


Level : Intermediate
Pembukaan :
Damage formulanya RPG Maker VX Ace emang ngebikin formula serangan makin bervariasi dan bebas. Kamu bisa mengkustomisasi satu skill secara bebas. Namun, jika terdapat banyak skill yang mempunyai formula sama, akan jadi masalah saat kamu menyadari kalo formula kamu salah, dan kamu harus merubah semua formula yang telah kamu aplikasikan ke skill2 lain. Cape pasti kalo harus ngecekin satu2nya. Nah, kalo ada gampangnya ngapain dibikin repot? Oke, langsung aja gini tritknya

Friday, August 23, 2013

To Non-Indonesian Reader

Welcome to my tiny blog guys. You must have already notice that my blog isn't in your language didn't u? This is in Indonesian. And sometime it's informal. Don't ever try to translate by google. You probably won't be able to translate some of Indonesian slang language here.

So, why my blog isn't in english? First, I have a horrible grammar. You must have notice by this post =P. Second, I aimed that my reader would be Indonesian. They often ask (how to do) something in RPG Maker. In fact, there're many tutorials that may solve their problem. And did you know? Many of my friends aren't good at english. They usually refuse to read some english references and ask for Indonesian one. And here I come. I hope this blog may help them. So, don't expect that I would write some articles in english. You've already had many references out there :3

And for the last paragraph. I'm a scripter. I shared Indonesian documented script here. If you like some of my script and want some translation, you may ask. But, I do not guarantee about the grammar. I may be busy. So, I'm sorry of the translation is coming late.

Update - Crafting System v1.1

English translation now avalaible!
Version : 1.1
Original Post : Crafting System
What's new?

- English translation
I heard so many requests from out there. It will be good if there's any translation of this script, they said. Well, enjoy ~ :D

- Bugfix at amount of item crafting
Di versi sbelumnya, kalo item yang mau kamu crafting mendekati maksimal, secara menu, kamu tetep bisa crafting melebihi jumlah itu. Namun saat dieksekusi, kamu ngga dapet item. Sebagai gantinya, malah kehilangan bahan-bahan. Di versi ini bugnya udah gw benerin

- Added custom craft name
Seseorang barusan bilang ke gw kalo pas dalam crafting namanya diganti sementara. Misalnya di list ditulis "Craft potions". Ntar kalo udah masuk inventory baru ganti jadi potion. Di versi kali ini kalian bisa ngelakuin

- Added show condition
Orang yang lain lagi baru ngasi pendapat soal list item yg bisa dicraft baru bisa ditampilin dalam keadaan tertentu. Di versi kali ini udah gw tambahin fungsinya

Download :

Theo - Multiple Variable Operator

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk mencari nilai variable tertinggi atau terendah. Atau ngerandom nilai variable (Untuk mempermudah eventing)

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material namun diatas main
Baca instruksi scriptnya. Udah gw tulis semua disana

Thursday, August 22, 2013

Update - Limited Inventory v1.1

Version : 1.1
Original Post : Limited Inventory
What's new?

- Various bug fixes
Well, karena lagi males ngelist satu2 update bugfix, jadi gini aja deh :P
Yang jelas changelognya udah gw tulis di dalem script. Baca aja

Download :

Update - Chest System v1.2

Version : 1.2
Original Post : Chest System
What's new?

- Compatibility patch with Limited Inventory
Update kompatibilitas dengan script limited inventory gw. Skrng tampilan menunya kek gini

New Menu GUI

Download :

Wednesday, August 21, 2013

List kondisi berdasar script

Script as conditional branch
Level : Intermediate - Skilled
Pembukaan :
Dalam conditional branch di eventing, kalian tau bahwa ada fitur script call. Dan juga beberapa script orang ada yg menggunakan script sebagai sarana conditional branch mereka. Salah satu contohnya adalah script gw Page Condition Eval Script. Atau Crafting system gw dan masih banyak lagi disana. Tentunya ini bisa jadi masalah bagi mereka yang ngga ngerti script. Post ini wa mau ngelist kondisi-kondisi yang bisa ditulis dengan cara script. (Aslinya bisa lebih banyak dari ini)

Sebelum ke masalah yang lebih lanjut. Wa mau kasi list simbol pembanding yang digunakan dalam script yang nanti bisa kamu gunakan buat nulis kondisi.
  • ( == ) Sama dengan
  • ( != ) Tidak sama dengan
  • ( < ) Lebih kecil dari
  • ( > ) Lebih besar dari
  • ( <= ) Lebih kecil atau sama dengan
  • ( >= ) Lebih besar atau sama dengan
Contoh penggunaannya ntar gw jelasin dibawah

--------------------------------------------------------------

Game Switches
Dalam RPG Maker terdapat switch. Bagi eventer pasti udah tau apa itu switch. Untuk mengevaluasi apakah switch tersebut ON atau OFF, kamu bisa langsung tulis seperti ini.
$game_switches[id]
Id adalah id switch yang mau kamu evaluasi. Hasilnya akan bernilai benar kalo switch tersebut ON.

-------------------------------------------------------------- 

Game Variables
Dalam RPG Maker juga terdapat built-in variable yang bisa dipake dimana saja. Untuk mengambil nilai variablenya, langsung aja tulis dengan format.
$game_variables[id] # <simbol> <nilai yg dibandingkan>
Contoh penulisannya bisa seperti ini. 
$game_variables[1] <= 30
# variable id lebih kecil atau sama dengan 30
 Kamu juga bisa membandingkan dua variable sekaligus. 
$game_variables[1] == $game_variables[2]
# apakah variable 1 sama dengan variable 2?
Silahkan bereksperiment

--------------------------------------------------------------  

Party Inventory
Dalam script bawaan disediakan dua fungsi. Yaitu fungsi untuk mengecek apakah party punya sebuah item tertentu dan jumlah item tersebut. Langsung saja, dari fungsi yang pertama.

Party punya item tertentu?
Untuk pengecekan apakah party punya item tertentu atau tidak, kamu cukup menuliskannya dengan format template seperti ini. 
$game_party.has_item?(item, include_equip)
Item adalah item dari database. Kamu bisa menuliskannya dengan cara $data_items[id_item]. Jika yang ingin kamu cek adalah weapon atau armor, kamu bisa menuliskannya dengan cara $data_armors[id_armor] atau $data_weapons[id_weapon]. 

Include equip adalah untuk menentukan apakah termasuk yg diequip pada karakter. Kamu bisa mengisinya dengan "true" atau "false".

Contoh penulisannya kek gini. 
$game_party.has_item?($data_weapons[3],true)
Silahkan bereksperimen

Party punya item dalam jumlah tertentu?
Fungsi yang kedua adalah dengan pengecekan jumlah item. Kamu bisa tulis langsung dengan format template seperti ini 
$game_party.item_number(item) # <simbol> <nilai>
Item isinya sama kek sebelumnya. Make database $data_items dll. Kamu jg harus ngebandingin nilainya biar ntar bernilai benar ato salah. Misalnya gini.

Update - Interact Hover Notif v1.1

Version : 1.1
Original Post : Interact Hover Notif
What's new?

- Bugfix at event condition
Bug yang sama kek script light effect. Yaitu kalo page condition ngga ada yg bener semua, bikin script ini crash. Untuk yang versi kali ini bisa

- Bugfix at transfer map
Sebenernya bukan bug. Cuman kalo pas pindah map, map sebelum ama sesudahnya jumlah eventnya beda, script ini ngga bisa sinkron. Well, versi ini udah fixed

Download :

Tuesday, August 20, 2013

Theo - Crafting System

English Version Avalaible
Version : 1.1
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa bikin item berdasar resep dan bahannya. Script ini terinspirasi dari item craftingnya fallout.

Screenshot



Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Untuk script call ke menu craftingnya, kamu bisa gunain kek gini :
enter_crafting
Jangan lupa gunain notetagnya
Instruksi ada di dalem script

Sunday, August 18, 2013

Theo - Limited Inventory

English Version Avalaible
Version : 1.3
Perkenalan :
Script ini ngebikin batas jumlah item berdasar jumlah seluruhnya. Bukan masing2 item

Screenshot :

Limited Inventory

Ability to discard item

Theo - Moving Cursor

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin cursor dalam window bergerak pindah

Screenshot :



Saturday, August 17, 2013

Update - Minimum Level Equip Requirement v1.0b

Version : 1.0b
What's new?

- Bugfix When Equipped item
Kalo kalian make versi sebelumnya, saat kalian unequip item, kalian bakal nemuin error kek gini


Untuk versi kali ini, insya allah bug itu udah gw ilangin

Download :

Theo - Right Side Menu

Version : 1.0
Perkenalan :
Cuman mindahin menu ke sebelah kanan doank kok

Screenshot :

Right Side Menu Command

Wednesday, August 14, 2013

Cara mempercepat / memperlambat frame rate RM

Level : Intermediate
Pembukaan :
Ini hanya sekedar trik kalo kalian pengen mempercepat atau memperlambat kecepatan game RM. Langsung saja deh.

What to do?
Buka script editor. Insert script baru

Insert New Script
Tuliskan Graphics.frame_rate = <pilih antara 10 - 120>
Defaultnya adalah 60
Seperti ini.

Graphics frame rate
Catatan :
Semakin besar frame rate yang kamu masukin, semakin berat juga kinerja CPUmu. Sebenernya tidak disarankan menaikkan frame rate lebih dari 60. Karena bisa menyebabkan lag kalau CPU ngga kuat.

Tuesday, August 13, 2013

Theo - Double Tap Dash

English Version Avalaible
Version : 1.0
Inspirasi dari : RMWeb RGSS3 Request
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk mengganti aktivasi dash dengan cara double tap daripada dengan shift (kalo kamu mau mengalihfungsikan shift untuk hal lain)

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material namun diatas main
Edit konfigurasinya kalo perlu

Monday, August 12, 2013

Membuat background window tidak direntangkan

Secara default, background pada windowskin direntangkan sepanjang dan selebar window. Tapi mungkin bagi beberapa orang berkeinginan agar background window itu looping daripada direntangkan. Well, ini yg gw maksud.

Stretched background window
Sekarang kita coba kalau background kiri atas dicopi ke kiri bawah. Seperti ini.

RGSS Console untuk XP dan VX

Salah satu keunggulan RMVXA adalah tersedianya konsol untuk eksperimen script. Namun fitur ini tidak tersedia dalam seri RM sebelumnya. Tapi untung saja, sekarang console yang mirip dengan RMVXA tersedia untuk seri RM sebelumnya. Berikut ini adalah screenshotnya.

Console for VX
Console for XP

Theo - Page Condition Eval Script

Page Condition vs Conditional Branch
English Version Avalaible!
Version : 1.0
Perkenalan :
Secara default, page condition dalam event tidak ada kondisi berdasar script seperti dalam conditional branch. Script ini berguna untuk menambahkan fungsi eval script dalam page condition.

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material namun diatas main.
Gunakan tag seperti berikut pada comment event

Sunday, August 11, 2013

Theo - Specific Sell Price

Version : 1.0
Perkenalan :
Secara default, harga jual adalah separuh dari harga beli. Script ini berguna untuk spesifikasi harga item disamping separuh harga beli.

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material namun diatas main.
Gunakan tag <sell price: n> pada note item, armor, weapon. Dimana n adalah angka yang nanti dipakai untuk harga jual.

Saturday, August 10, 2013

Theo - Command Remover

English Version Avalaible!
Version : 1.0
Terinspirasi dari : Request ini
Perkenalan :
Script ini berguna untuk menghapus command tertentu. Dan menampilkannya kembali dengan menggunakan switch

Screenshot :
Formation and Save are gone
I can't see my items and equip

Friday, August 9, 2013

Update - Simple Variable HUD v1.1

Original Post : Simple Variable HUD
Version : 1.1
What's new?

- Support Multiple Variable
Di versi kali ini script kalian bisa menampilkan beberapa variable sekaligus. 

Multiple variable HUD
Download : See Original Post

Wednesday, August 7, 2013

Menghilangkan fungsi Window Color Tone VXA

VXA Window Tone
Level : Intermediate
Pembukaan :
Dalam RMVXA, kita disuguhi fungsi baru yaitu Window Color Tone. Dimana dengan fitur ini kamu bisa mengganti warna window sesuka kamu. 

Hanya saja, dalam kasus tertentu hal ini dapat mengacaukan komposisi warna window kamu jika kamu make custom windowskin. Apalagi kalo kamu juga menggunakan script yang dapat mengubah windowskin di tengah game.

Nah, untuk menanggulangi hal ini, tutorial ini akan menjelaskan bagaimana caranya menghilangkan fungsi ini.

What to do?
Buka script editor, cari bagian Window_Base, line 66

Monday, August 5, 2013

Theo - Minimum Level Equip Requirement

Version : 1.0c
Perkenalan :
Script ini ngebikin setiap equip bisa disetting level minimalnya buat digunain

Screenshot :

Minimum Level

Mengganti Name Input Processing Menjadi Latin

Name Input processing
Level : Intermediate
Pembukaan :
Secara default, VXA name inputnya berupa bahasa jepang. Well, emang yg bikin orang jepang seh. Nah, post ini gw mo ngasi tau gmn cara ngebikin name input jadi latin kembali.

What to do?
Buka script editor. Cari bagian game system. Seperti ini.

Game System
Ubah $data_system.japanese jadi return false. Kek gini.

Update - Light Effect v1.1

Original Post : Light Effect
Version : 1.1
What's new?

- Bugfix at switch

Event Condition
Versi sbelumnya, seandainya kamu bikin event yg jalan dengan kondisi switch tanpa dikasi satu page yg ngga ada kondisinya sama sekali, bakal crash. Untuk versi kali ini, bug itu udah gw benerin

- Fade out / in funtion
Fadeout
Fadein
Update kali ini gw nambahi fungsi fadeout ama fadein. Lebih jelasnya cobain demonya aja. Ada di original post.

Sunday, August 4, 2013

Praktek belajar Ruby dengan RMVX / RGSS2

Oke, post ini didasarkan karena kebanyakan yang pengen belajar script tapi mereka ngga punya RMVXA. Sebenernya belajar Ruby dengan gunain RGSS2 itu bisa walo ngga sebebas consolenya Ace. Jadi, langsung saja ke masalah intinya.

Langsung saja kalian ke script editor. Cari bagian yg bawah sendiri yaitu "Main". Lalu lakukan hal kyak gini.

Delete Main Process
Lalu kamu bisa langsung coba cara ngeprint hello world dengan cara gini