Sunday, June 30, 2013

Update - Chest System v1.1

Now with english translation!
Original Post : Chest System
Version : 1.1
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa buka chest beneran. Kamu bisa mengambil barang, barang yang ada disana atau menyimpannya disana

What's new?
- Custom Chest Name
Dalam update kali ini kamu bisa namain chestnya terserah kamu. Misalnya, pas kamu buka lemarinya si Ralph, ntar yg keluar nama chestnya "Ralph's Stash".

Custom stash name
Cara penggunaannya simple. Seperti ini.

Theo - Custom Text Color

This script is already translated to english.
Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini bikin kamu bisa nambahin color code lebih dari 31.

Screenshot :

Additional color code

Saturday, June 29, 2013

Color text guide

Cuman sekedar post iseng aja buat catet text color yang bisa dipake di RM. Langsung aja deh


Sumber : http://forums.rpgmakerweb.com/index.php?/gallery/image/154-color-list-for-vx-ace/

Alumnea Magic Academy - Back to Developing Phase

Alumnea Magic Academy (Logo by Tammora)
Halo semua yang suka buka blog gw. Pagi-pagi gini wa mau ngasi dua berita buruk dan baik. Kabar buruknya, dalam waktu dekat kemungkinan gw bakal jarang update script lagi. Dan kabar baiknya, gw kembali kerjain project gw yg smpet ketunda gara2 kerjaan kuliah. Well, emang pas kuliah enaknya ngerjain hal sante kek scripting. Lalu project gw apa?

Gw udah pernah post di forum RMID; Tepatnya di link ini
http://rpgmakerid.com/viewtopic.php?f=42&p=115598#p115598
Silahkan baca2 aja disana. Gw males saling ulang ke blog gw *plakk!!

Pada intinya project gw yang satu ini adalah nyeritain tentang seseorang yang pengen ngediriin akademi. Kamu (sebagai player) nantinya akan banyak melakukan quest untuk mencari fame, dan mengembangkan akademi sihirmu.

Ok, sekarang gw mo laporan progress dari sisi lain aja. Disamping gw ngurus sistem, gw juga garap character design. Beberapa dari gw dan beberapa sumbangan dari temen2 gw.

Main Actor (female)
Rencananya di project gw yang satu ini kamu bisa memilik cewe ato cowo. Design yg diatas untuk design si cewe. Yg cowonya belom gw bikin.

Friday, June 28, 2013

Tips - Mapping Air Dengan Tileset RTP

Level : Beginner
Pembukaan
Tutorial ini semata hanya berupa tips saja. Sering kali gw lihat banyak yang mapping air atau sungai yang menurut gw fail. Mungkin karena emang disengaja begitu ato emang kaga nyadar. Oke deh, langsung ke intinya aja

Inti Masalah
Biasanya begini RM user kalo mapping air pake tileset RTP

River mapping
Kalo secara wa pribadi, sbenernya airnya sendiri itu aneh. Coba kalo kamu tambahin kayak gini di mapping air / sungaimu.

Theo - Simple Diagonal Movement

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa bergerak secara diagonal dalam peta.

Cara penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Kalo kamu make Force Stop Movements gw, taruh script ini diatasnya

Theo - Character Tones

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini membuat kamu bisa mengganti tone karakter seperti halnya tint screen pada event. Namun hanya berlaku untuk karakter. Tone karakter akan disimpan. Jadi semisal kamu pindah peta, tone karakter di peta sebelumnya akan tetap seperti itu

Screenshot :

Change Event Tone
Combined with Theo - Force Stop Movements

Thursday, June 27, 2013

Theo - Force Stop Movements

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini untuk menghentikan semua movement event baik itu evented ato autonomous. Dan juga dapat menghentikan animasi tileset atau player.

Before stop
After stop

Menambah Battle Member Pada VX Ace

Level : Intermediate
Pembukaan :
Secara default RMVXA, battle member alias member yang boleh masuk dalam battle maksimal hanyalah 4. Tutorial ini akan ngajarin kamu gimana cara ganti jumlah maksimal battle member.

Apa yang harus dilakukan?
  • Buka script editor
  • Cari Game_Party, line 73
  • Ubah angka 4 dengan angka berapa saja yang kamu mau
  • Save dan testplay
Screenshotnya kek gini

Max Battle Members
 Ato kalo kamu ngga mau ubah2 script RTP, kamu bisa insert script baru yang cara kerjanya sama.

Monday, June 24, 2013

Tips - mencari sesuatu tentang RMVX (bukan Ace)

Jaman sekarang kan RMVX terdiri dari dua. Yaitu yang Ace dan bukan yang Ace. Terkadang waktu search google, kalo kita memasukkan keyword RMVX mesti aja diikuti dengan RMVX Ace. Nah, tips gw kali ini, bagaimana kalo kita nyari sesuatu hal yang berkaitan dengan RMVX tapi bukan Ace.

Contohnya kalo kita mau mencari "Animated Title Screen RMVX". Maka inilah yang akan kamu temui dari search engine google.

Kecampur dengan ace
Walopun pada akhirnya ketemu juga, tapi hasil search yang kecampur ama RMVXA bakal nambah 'effort' untuk pencarian. Lalu bagaimana kita menghilangkan kata Ace dari hasil pencarian google?

Sunday, June 23, 2013

Theo - Extended Skill Weapon requirement

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk menambahkan weapon requirement skill lebih dari dua. Katakanlah skill "Strong Slash" bisa dipake untuk weapon tipe Axe, Sword, Longsword, Claw dan senjata lain yang bertipe slash.

Cara penggunaan :

Gunain notetag kayak gini

Update - Tutorial RGSS3 Chapter 6 : Window Class



Prelude :
Buat yang biasanya buka blog gw maaf ngga ada update beberapa hari ini. Gw beberapa hari ini fokus nulis PDF tutorial chapter selanjutnya. Dan ngga nyangka kalo pas gw nulis materi soal window class ternyata makan waktu beberapa hari. Well, halaman yang nambah juga ga sedikit sih. Untuk chapter kali ini gw paling demen nulisnya. Banyak kasi gambar, banyak kasi contoh, dan kamu bisa praktek langsung. Kayaknya yang satu ini kamu bakalan suka deh

What's new?
Dalam chapter ini kamu akan mempelajari window (u dont say). Seperti apa aja attributnya, apa aja fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya. Nanti kamu akan diajarin cara menuliskan text dalam window. Seperti ini.

Tuesday, June 18, 2013

The Elder Scroll Like Game?

Setiap orang pasti punya impian untuk bikin gamenya seperti game yang diinginkan, didambakan, atau didewakan. Ada yang pengen gamenya seperti Breath of Fire 4 dengan fitur Skill combonya. Ada yang pengen seperti Suikoden dengan party yang sangat banyak jumlahnya. Atau seperti Harvest Moon dimana player bebas bercocok tanam dan memelihara hewan. Lalu bagaimana dengan gw?

Impian gw termasuk yang jarang diantara pemegang RM. Pasalnya, game yang jadi referensi gw adalah game RPG Barat (Western RPG) yang bernama The Elder Scroll (terutama seri Skyrim). 

Apa itu The Elder Scroll? Untuk artikelnya, kamu bisa langsung baca di link dibawah ini

Oke, karena gw yakin banyak yang belom maen seri The Elder Scroll, gw mau jabarin system2 dambaan gw yang nanti ada di game RPG Maker.

Open-World RPG. (On-Going)
The Elder Scroll adalah game RPG dengan Open-World sebagai salah satu fitur utamanya. Dimana nantinya player dibebaskan mau pergi kemanapun dia suka. Bahkan sampai ke ujung dunia sekalipun. Tentunya eksekusi hal yang satu ini sangat rumit dan butuh ketelatenan. Buat RPG dengan setting open-world itu berarti gw harus mempersiapkan konsep dunia yang sangat luas, dengan NPC2 di dalamnya. Well, gw sekarang juga lagi building dunianya. Lumayan lah, 70% secara konsep dunia sudah beres.

Theo - Memorize Event Position

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk mengingat posisi terakhir dari sebuah event sebelum berpindah ke map lain. Saat kamu kembali ke map itu, event tersebut akan berada pada posisi terakhir kali sesaat sebelum player berpindah peta.

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material namun diatas main.
Tulis <memorize> pada awal nama event untuk mengingat posisi terakhir event

Monday, June 17, 2013

Review - Eremidia Dungeon

Ok, review kali ini adalah review untuk salah satu game fenomenal yg ada di forum RMID. Kenapa fenomenal? Developernya sendiri ngemasukin karakter2 dari berbagai project on-going member RMID. Seneng kan kalo semisal karaktermu masuk sebagai cameo game orang? Well, langsung aja reviewnya

Title : Eremidia Dungeon (Demo)
Genre : RPG Dungeon Crawler
Engine : RMVX
Bahasa : English
Playtime : 40 menit ++

Opening Scene
Story :
Pada pemerintahan King Dnas XIII, monster-monster bermunculan di seluruh penjuru Eremidia. Seorang Scout dipanggil ke Eremediana Castle, untuk membantu King Dnas XIII yang ternyata dikutuk oleh seorang penyihir jahat Magas. King Dnas XIII memilih untuk pergi ke Grace Island, dimana dia telah mengirimkan pasukan ekspedisi ke pulau eksotis itu, karena tidak ada kabar dari pasukannya setelah satu bulan lamanya.

Dan di Grace Island, King Dnas dan sang Scout mengetahui bahwa untuk menangkap Magas dan komplotannya yang disebut Dark Scripters dibutuhkan kekuatan yang cukup besar. The Black One dikabarkan akan dibangkitkan kembali oleh Dark Scripters dan Magas. Dan saat itulah seni kuno memanggil Hero dari cerita-cerita dalam buku terkuak. Kekuatan yang menyimpan tanggung jawab besar, tentunya... (dikutip dari sumber asli).

Theo - Random Event Location by Region

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk menempatkan event secara acak berdasar region id yang telah diset. Berguna bagi kamu-kamu yang ngga pengen penempatan event ada disitu-situ terus.

Screenshot :

Awalnya dipojok kanan bawah
Begitu test play lagi. Ada di kiri bawah
Cara penggunaan :
Pasang di bawah material namun diatas main.
Setup region id map. Misalnya seperti ini.

Saturday, June 15, 2013

Menyimpan text dalam Game Variables

Level : Intermediate
Inspired from : Alif Faisal
Pembukaan :
Sebenernya yang satu ini cuman sekedar trik doank untuk mengalihfungsikan $game_variables untuk hal lain. Yaitu nyimpen String / Text. Jadi kita bisa manggil text yg isinya bisa apa aja ke message window.

What to do?
Yang perlu kamu tulis hanyalah ini

Text variable
Dalam screenshot tersebut, kita mengalih fungsikan Game Variable yang seharusnya angka menjadi text. Step kedua yaitu.

Review - Chaos Hunter

Kemaren barusan ada temen gw minta gw ngereview gamenya. Ok, challenge accepted. Langsung aja de. Ini game masi demo sih


Judul : Chaos Hunter (Demo)
Genre : RPG Quest
Engine : VXA
Bahasa : Indonesia
Durasi : 10 menit ++


Original Link : http://www.rpgmakerid.com/viewtopic.php?f=111&p=117398#p117398


Cerita :
Mengisahkan Tentang Seorang Mantan Prajurit yang memutuskan untuk berhenti dan
memilih menjadi Seorang Hunter untuk terkenal di Khirstalia. Oh well, aslinya gw ngga gitu peduli ama storynya seh. *plakk!!

Game ini lumayan sederhana ceritanya. Kita cuman bolak-balik dari mengambil quest, kerjain, kelar, balik lagi dll dll. Yang gw komplain dari segi cerita disini, NPC yang ada di desanya kurang punya jiwa. Seperti penyedia quest yang disebut "pak tua".

Dari dialog yang terdapat pada screenshot tersebut, terlihat kalau percakapannya sangat menuju keinti masalah. Dan apabila dialog tersebut dikatakan berulang-ulang, bakal bosan juga. Begitu juga NPC2 lain, yang dimana tidak mempunyai rutinitas. Begitu selesai quest, mereka tetap disana dan melakukan kegiatan yang sama. Entah kenapa gw ngerasa berada di desa yang penuh dengan robot.

Perbedaan RMVX dengan RMVXA

Ok, post kali ini gw mau jelasin perbedaan dari RMVX dengan RMVXA karena kurangnya literatur ato referensi yang ngebedain dua engine ini secara detail (kebanyakan wa cari2 cuman gambaran besarnya doank). Dan wa asumsiin aja kalian yang baca ini udah ngerti fitur di RMVX. Jadi disini wa cuman mention sesuatu yang di RMVX ngga ada secara bawaan.

Character Generator

Character Generator
Yep, ini salah satu dari sekian pembeda RMVXA dengan seri RM lain. Dengan adanya character generator, kita jadi bisa membikin karakter sendiri diluar RTP tanpa harus ngerti image editing. Walo sebenernya kalo menurut gw face generatornya rada horror

Region area
 
Region
Kalo kamu kenal VX, di VX hanya menyediakan area. Dimana area itu cuman kotak. Di RMVXA kita bisa membagi peta menjadi region-region ampe berjumlah 63. Region biasa digunakan untuk menentukan Encounter pada daerah tertentu. Namun ada juga script yang memfungsikan region lebih dari itu.

Multiple tileset

Multi tileset
Ini adalah fitur yang diandalkan dalam RMVXA. Sebelumnya, di RMVX kita cuman disediain tileset dari A ampe dengan E. Di Ace, kita disediain multi tileset. Bahkan setiap jenis peta bisa kita sediain sendiri tilesetnya. Hal ini memungkinkan kita bikin tileset khusus untuk dungeon, khusus untuk exterior, interior dan lain2.

4 Direction tileset

4 direction system
Kalo kalian pengguna RMXP, kalian pasti paham apa itu 4 direction. Jadi, system 4 direction itu, seandainya karakter (player atau NPC) ada di tileset tersebut, hanya akan dapat berjalan pada arah yang udah ditentukan saja. Pada tile tertentu, player cuman bisa berjalan atas bawah, atau cuman kanan kiri saja.

Friday, June 14, 2013

Theo - Hide Weather by Tileset ID

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini untuk sembunyiin weather pas lagi dalam tileset id tertentu. Misalnya dalam tileset indoor (id 3 dan 4). Kan repot banget yak seandainya kita transfer map kudu bolak-balik ngasi event yg disable. Nah, ini bisa nyelesain masalahmu

Screenshot :

Hujan pas diluar
Begitu di dalem ngilang

Update - Fog Screen v1.3

Original Post : Fog Screen
Version : 1.3
Perkenalan :
Script ini ngebalikin fungsi show fog dalam RMXP ke RMVXA. Jadi bagi yang pengen bikin atmosfer macem2 bisa make script ini

What's new?
- Bugfix when change map
Barusan seseorang kemaren nemuin bug kalo pindah map, fog ngga akan hilang. Sebagai gantinya fog akan berhenti dan ngga scrolling. Dalam versi ini jangan khawatir. Bug itu dah gw benerin.

- Specified fog switch id
Bagaimana seandainya dalam map yang terdapat fog kita disable dengan menggunakan switch? Katakanlah dalam sebuah hutan angker banyak hantunya. Dalam seiring progress cerita, kita membasmi semua hantu2 itu dan akhirnya fog yang ada dalam hutan itu menghilang.

Sekarang kamu bisa spesifikasi switch untuk fog tiap2 peta dengan cara seperti ini

Tulis <fog switch: n>
Saat kamu tulis <fog switch: 1>, maka jika switch dengan ID 1 nilainya adalah ON, maka fog akan didisable dalam map tersebut.

- Added Global fog
Global fog adalah fog yang bakal ditampilkan pada semua peta meski kamu sudah pindah map dan map tersebut tidak terdapat notetag untuk fog. Global fog akan mengganti fog yang terdapat di peta. Global fog dapat kamu panggil dengan cara menggunakan script call sebagai berikut :

fog.name     = "namafog" >> Nama file gambar fog yg ada di Graphics/picture (wajib) 
fog.opacity   = number >> Opacity fog 1 - 255 (default : sama kek di konfigurasi)
fog.ox          = number >> Pergeseran horizontal (default : sama kek di konfigurasi)
fog.oy          = number >> Pergeseran vertical (default : sama kek di konfigurasi) 
fog.blend     = number >> Tipe blend (0 - 2) (default : 0)
fog.zoom_x = number >> Skala zoom horizontal (dalam pecahan) (default : 1.0)
fog.zoom_y = number >> Skala zoom vertical (dalam pecahan) (default : 1.0)
fog.variance = number >> variansi opacity (default : 0) 
fog.speed    = number >> kecepatan perubahan opacity (default : 0)

Untuk menghilangkan fog bisa langsung gunain script call 
fog.clear

Download :

Tuesday, June 11, 2013

Theo - Event Notification

Version : 1.0
Require : Basic Module
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk menampilkan event popup diatas player saat player mendapat item atau mendapat gold. kamu juga bisa menyeting popupmu sendiri dengan menggunakan teks.

Screenshot :

Gain gold notification

Gain item notification

Notifikasi teks

Bagi yang males show text "it's locked"

Monday, June 10, 2013

Theo - Event Pointers

Version : 1.0
Requires : Basic Modules
Perkenalan : 
Script ini bisa bikin kamu ngedraw line / panah untuk nunjuk dari event ke event lain.

Screenshot :

Overview
Bisa untuk cut-scene
Cara penggunaan :
pasang dibawah material namun diatas main
tulis script call sebagai berikut

Theo - Basic Modules

Version : 1.5c / 1.5d
Perkenalan :
Script ini gw bikin khusus untuk devtool gw. Jadi kalo semisal u mau make script2 gw, lebih baik kalo make ini juga. Soalnya nantinya script gw ada yang butuhin ini. Script ini udah termasuk kompilasi core2 script gw lainnya.

Update Log
- Version 1.3
- Version 1.3b
Version 1.4 
- Version 1.5 (males bikin post)
- Version 1.5b
- Version 1.5c (males bikin post)
- Version 1.5d

Download :

Sunday, June 9, 2013

Theo - Simple Text Over Event

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini cuman nampilin text diatas event secara permanen.

Screenshot :

Text diatas event
Cara penggunaan :
Pasang dibawah material namun diatas main
Tulis <text: terserah> pada nama event jika mau ditampilin

Saturday, June 8, 2013

Update - Dual Terms v1.0b

Original Post : Dual Terms
Version : 1.0b
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu punya alternative name dan description untuk item2 yang ada di dalam game. Dan juga alternative command. Terms2 alternative itu  akan menggantikan yang asli jika switch tertentu 

What's new?
- Bugfix at notetag
Di versi sebelumnya notetag ngga support dengan line break / enter. Nah, di update sekarang, gw benerin notetag ini.

Jadi untuk penggunaannya ~

Theo - Dual Terms

Requested by : emjenoeg (RMID)
Version : 1.1
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu punya alternative name dan description untuk item2 yang ada di dalam game. Dan juga alternative command. Terms2 alternative itu  akan menggantikan yang asli jika switch tertentu
  
Screenshot :

Saat switch OFF
Saat switch ON

Thursday, June 6, 2013

Theo - Simple Polygon Status

English Translation Avalaible
Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu nampilin parameter yang bentuknya poligon di status menu

Screenshot :

Polygon status

Theo - Enemy Class and Level

Version : 1.0 (beta)
Perkenalan :
Pernah kepikiran ga? kalo enemy juga punya class sama kayak actor. Jadi semisal musuh dengan class tipe plant akan rentan terhadap elemen api. Namun akan resist terhadap elemen air. Jika kita punya 10 database enemy dengan fitur yang sama, pasti akan cape nyeting satu2. Apalagi, setting parameternya. 

Nah, dengan adanya script ini, nanti dalam databasing enemy, nanti kamu cuman perlu menuliskan enemy itu punya class apa, dan level berapa. Paraameter musuh juga akan ikut parameter di class. Semisal di class Plant, MHP pada level 10 adalah 890. Maka, enemy yg mempunyai level 10 dengan tipe plant akan mempunyai MHP yang sama. Yaitu 890.

Cara penggunaan :

Setting enemy classnya dulu

Tuesday, June 4, 2013

Update - Bitmap extra addons v2.0

Original Post : Bitmap Drawline
Version : 2.0
Perkenalan :
Script ini bisa ngebikin kamu ngedraw gambar-gambar dasar. Seperti poligon, lingkaran, elips, ato garis dengan gradien. Atau semisal kamu mo bikin gambar parameter dengan menggunakan poligon juga bisa

Screenshot :

Bentuk-bentuk dasar yg bisa digambar dalam bitmap

Monday, June 3, 2013

Update - Face Graphics on Save Menu v1.1

Version : 1.1
Perkenalan :
Script ini ngebikin tampilan menu kamu ada face dari actornya

What's new?
Kali ini gw cuman update dikit atas rekues dari client gw. Nambahin nama current map

Nama map pada save menu
Download :

Sunday, June 2, 2013

Theo - Face Graphics on Save Menu

English Translation Avalaible
Request by : (RMID)
Version : 1.1
Perkenalan :
Script ini untuk nampilin face di save menu

Screenshot :

Face pada save menu

Saturday, June 1, 2013

Update - Realistic Light v1.0

Original Post : Realistic Light
Perkenalan :
Script ini ngebikin map kamu bisa nampilin cahaya secara lebih realistis dan dinamis. 

What's new?
- Option disable by tileset ID
Di versi sebelumnya. Seandainya kita masuk rumah, light akan tetap terlihat sebelum kita disable secara manual pake switch. Nah, seandainya kita harus hidup matiin switch akan sangat merepotkan. Sebagai gantinya, wa kasi opsi disable light di tileset dengan ID tertentu

Waktu diluar ada cahaya

Waktu di dalem g ada cahaya (Sorry, males mapping interior)

Ini konfigurasi barunya

Update - Skip missing resources

Version : 1.1
Original post : Skip Missing Resources
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa tetep jalanin game meski resorsnya ilang ato ngga ada.

What's new?
Update kali ini wa kasi beberapa notifikasi. Seperti popup window kalo ternyata di game ada resors yg ilang. Dan nyatet resors2 yg ilang dalam satu file. Jadi nanti player tinggal upload file yg isinya list resors yg kurang kalo ternyata ada apa-apanya

Well, liat screenshotnya aja




Popup window kalo ktemu resors yg ilang

Theo - Chest System

English translation avalaible!
Version : 1.2
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa buka chest beneran. Kamu bisa mengambil barang, barang yang ada disana atau menyimpannya disana

Screenshot :

Chest Menu
Saat ngambil barangnya