Saturday, May 25, 2013

Theo - Skip Missing Resource

Version : 1.1
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa tetep jalanin game meski resorsnya ilang ato ngga ada.

Screenshot :

Notifikasi kalo resors ilang

List resors yg ilang
Cara penggunaan :
Pasang di bawah material namun di atas main

Sebenernya scripter itu apa sih?

- "Wa ngerti script. Tapi ga pernah bikin script original"
- "Wa cuman bisa ngedit script orang aja. Ngga bisa bikin original"
- "Sebenernya gw dah bisa disebut scripter belom sih?

Mungkin masih banyak lagi quote-quote yang serupa kek gini. Well, hal kek gini emang biasanya terdengar ama yg baru bisa script atau orang yang ngga pede dirinya disebut scripter. Ok, topik kali ini wa mo ngoceh dengan judul yg udah gw tulis. Dan cara kerja scripter sebenernya.

Scripter itu sebenernya kanibal :

Kebetulan aja lagi buka VX :P
Dari keterangan yang gw kotakin disana, sbenernya scripter itu cuman ngeredefinisiin atau bikin alias aja dari fungsi2 yg ada di script default RPG Maker. Ibaratnya kalo dijadiin sebuah perkataan gini

Theo - Fog Menu VX

Requested by : Ahmad Saufi
Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa nampilin fog dalam menu
Screenshot :
Fog dalam menu

Theo - Select Item Scene

Version : 1.0
Not newbie friendly!
Perkenalan :
Yay, another master piece! Kalian pasti pernah kepikiran gimana kalo ada system untuk milih item. Sebenernya bisa dilakuin lewat show choice. Tapi show choice cuman bisa dilakuin untuk 4 pilihan saja. Sedangkan item kan banyak. Nah, ni script bisa ngebikin kamu milih item2 itu dan sekalian jumlahnya.

Screenshots :

Bicara dulu
Milih itemnya
Cara penggunaan :
Nah cara penggunaannya kebanyakan script call seh. Rada ribet. Mending langsung coba demonya aja deh. Btw, ini screenshot design eventnya.

Friday, May 24, 2013

Theo - Fog Menu

Requested by : Dony Bagus Saputro
Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa nampilin fog dalam menu

Screenshot :

Fog dalam menu

Thursday, May 23, 2013

Theo - Anti Grinding System

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini untuk membatasi level suatu karakter sampai dengan level tertentu. Dan akan berlanjut jika switch tertentu hidup. Berguna untuk balance game.

Cara penggunaan :
Pasang di bawah material. Namun diatas main
Edit konfigurasinya

Settingan dalam script

Wednesday, May 22, 2013

Cara request script

Beberapa hari terakhir, gw sering nemuin orang-orang request script. Tapi, mereka kebanyakan ngga ngerti ntar apa aja yang perlu mereka konfigurasi. Misalnya saat seseorang request script skill tree. Mereka pengen skillnya ditampilin kek tree gitu. Trus gw balik nanya, "tar elu konfigurasinya gimana?". Dia diem aja. Ya udah deh. Well, post ini ditujukan untuk gimana cara kalian request script ke orang lain. (note: bukan cuman request ke gw)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Apa yang harus dilakukan?

Mencari script orang terlebih dahulu
Ya, search dengan menggunakan google atau search engine yang lain adalah sebuah keperluan. Kamu harus berusaha dan membuktikan bahwa script yang kamu request belom ada di internet.

Tunjukkan kalau kamu sudah berusaha
Beberapa script yang kamu request biasanya bisa dibikin dengan menggunakan event. Dan pastikan kamu membuktikan kalau dengan event itu mustahil. Tentunya, hal ini membutuhkan skill RMing. 

Jabarkan script requestmu secara jelas
Jelaskan bagaimana kamu menyeting script requestmu. Apakah dari notetag? Ataukah langsung dari script editor? Jika pake notetag, apa tagnya? Jika dari script editor, apa aja yg perlu disetting? Jika dari script call, apa yang perlu di panggil? 

Perbandingan Seri RPG Maker

Pembukaan :
Sering kali kan kalian bertanya atau mendengar. Perbedaan seri RM satu dengan yang lainnya apa? RMVX dengan RMVXA apa? Bagusan mana? RMXP dengan RMVX bagus mana? dan hal-hal semacamnya. Well, dengan adanya post ini wa harap setidaknya bisa ngasi gambaran pada mereka-mereka yang bertanya hal-hal kek gini. Ok, langsung ke inti postnya aja deh

RPG Maker 2000 / 2003

RPG Maker 2000 / 2003
Sejujurnya seh, gw belom pernah utak-atik RPG Maker yang tipe ini. Secara garis besar, RPG Maker seri ini menawarkan grafis retro. Macem GBA dan RPG classic lainnya.

Pros
  • Bisa didapat dengan bebas / free.
  • System eventing RPG Maker seri ini tergolong paling kuat (katanya)
Cons
  • Mungkin bagi beberapa orang tidak tahan lihat grafis retro
  • Tidak support RGSS / Script
  • Tidak support file2 dengan ekstensi baru seperti ekstensi .ogg dalam music

AMA - Skill Charge

Version: 1.0
Requires : Core Damage & Core Result
Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk mengalihfungsikan TP menjadi charge bar. Dimana charge adalah semacam persiapan. Jika TP semakin penuh, maka damage akan bertambah sesuai rate yang u catet dalam konfigurasi. Skill yang ditandai sebagai charge akan ngehabiskan TP sehingga jadi 0

Cara penggunaan :
Pasang diatas main namun dibawah Theo - Core Damage dan Core result.  Pasang tag <charge> pada skill atau item untuk spesifikasi yg mo dibikin charge. Edit konfigurasinya scriptnya dibawah

Bitmap Drawline

Perkenalan :
Script ini berfungsi untuk menggambar garis class bitmap. Mirip seperti fill_rect. Script ini adalah untuk devtool para scripter. Jadi butuh implementasi.

Cara penggunaan :
Tulis method berikut pada class Bitmap (sprite.bitmap atau window.contents)
draw_line(x1,y1,x2,y2[,color])
Bagian color boleh diabaikan. Jika bagian color diabaikan, maka nilai defaultnya adalah putih

Theo - Startup

Version : 1.0
Perkenalan :
Mungkin bagi beberapa kalian pengen switch atau variable punya nilai awal pas ngejalanin game. Well, walaupun bisa dilakukan dengan event autorun, wa yakin kalo pake event lebih ribet. Ato setidaknya bagi gw mayan ribet. Jadi script ini ngemudahin kalian yg pengen ngeinisialisasi switch / variable tertentu waktu awal game.


Sunday, May 19, 2013

Cara menghilangkan pilihan save dalam menu

Level : Intermediate
Pembukaan :
Diantara kalian pasti ada yang pengen ngebikin gamenya ngga bisa disave dalam menu. Alias save hanya dapat dilakukan pada checkpoint tertentu. Lalu, pasti kalian juga terganggu jika ada pilihan save dalam menu tapi ngga bisa diakses. Nah, kali ini wa mo bahas cara simple ngehilangin pilihan save dalam menu.

Apa yang harus di lakukan?
  • Pertama-tama. Kalian buka script editor. 
  • Cari section Window_MenuCommand.
  • Cari line 40.
  • Ketik # di depan add_save_command
Seperti ini lah yang harus u lakuin

Cara mengatasi "Failed to Obtain a Trial Serial Number from the nTitle Server"

Bagi kalian pasti ada yang pernah mengalami hal kek gini. Yep, gw aja juga barusan ngalamin waktu nyoba balik buka RMXP. Nah, sekarang wa mo sharing cara untuk ngatasi hal gini. Well, hal kek gini biasanya kejadian gara2 RM jadul ngga kompatible ama window baru. Langsung aja deh yaw :
  1. Buka folder instalan RMXP/VX (Biasanya ada di C:/Program Files/Enterbrain)
  2. Klik kanan .exenya
  3. Klik "properties"
  4. Masuk ke "Compatibility"
  5. Centang "Run this program in compatibility mode for:"
  6. Pilih "Window XP Service Pack 2"
  7. Centang "Run as Administrator"

Theo - Random Enemy Parameter

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebikin parameter musuh bisa berbeda-beda setiap kali battle. Ada kalanya sebuah Slime mempunyai MHP 120. Tapi slime lain dengan nama dan database yang sama, mempunyai MHP 80 dalam satu troop.
 
Cara Penggunaan :
Pasang script ini dibawah material namun diatas main. Tulis tag seperti ini pada note enemy jika kamu pengen spesifikasi variansi parameter tiap musuh berbeda-beda.
<mhp var: n>
<mmp var: n>
<atk var: n>
<def var: n>
<mat var: n>
<mdf var: n>
<agi var: n>
<luk var: n>

Theo - In Map Slip Damage

Version : 1.0
Perkenalan :
Script ini ngebalikin fungsi yang ada di RMVX dimana state punya slip damage atau heal waktu berjalan dalam tiap langkah dalam map.
 
Cara Penggunaan :
Pasang diatas main namun di bawah material. Tulis notetag seperti ini jika diperlukan dalam note state
 
Untuk Damage
<slip hp: n>
<slip mp: n>
<slip mp: n%>
<slip hp: n%>
 

Saturday, May 18, 2013

Conditional Branch -Part2- Self Switch

Level : Beginner
Pembukaan :
"Kk, ada yang tau cara penggunaan self-switch g?", "kk, self switch itu apa?". Pertanyaan seperti ini bagi kalangan komunitas RPG Maker Indo memang sudah tidak asing lagi. Untuk post kali ini wa mo coba bahas salah satu pertanyaan mainstream ini. Self-switch bisa diartikan sebuah switch pribadi yang dimiliki sebuah event.

Overview :
Pada umumnya, self-switch digunakan pada sebuah event untuk berganti halaman ke halaman lainnya. Semisal seperti ini .

Awalnya sih Ralph
Entah kenapa tiba2 ndadak berubah
Bagaimana Cara Kerjanya?
Dalam kasus ini, sebuah event Ralph mempunyai dua event page. Sebelumnya, di page pertama. penampilannya ralph (pake gambar ralph). Di page kedua, dia make gambar yg laen. Seperti ini settingannya.

Theo - Realtime States

Requested by : makishima
Version : 1.0 
Perkenalan :
Script ini ngebikin sebuah state bisa expired secara realtime. Semisal status poison bisa hilang setelah 10 detik berada di map. Perhitungan realtime hanya dilakukan jika player hanya berada pada map
 
Cara penggunaan :
Pasang script ini diatas main namun dibawah material.
 
Gunakan tag ini pada database state
<expired time: n>

Update - Realistic Light v0.95b

Pembukaan :
Ini adalah update dari script realistic light yang ada pada http://theolized.blogspot.com/2013/05/theo-realistic-lights.html. Script ini bisa ngebikin game kamu punya effetc cahaya pada screen yang lebih realistis

What's new?
- Bug fixed at switch
Thanks buat BlackCrows yang udah mo ngetes penggunaan switch di versi sebelumnya yang ternyata ada bug. Untuk versi yang sekarang, jangan khawatir untuk soal bug dalam switch

- Mirror Light
Update kali ini wa juga mo nambahin kalo light bisa diflip dengan menggunakan switch

Ngebalik arah cahaya
- Use in Battle
Kamu juga bisa menggunakan effect ini pada saat battle. Tentunya masih bisa didisable dengan penggunaan switch.

Theo - Enemy Attack SE (RGSS2)

Requested by : SerpentZ
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa ngespesifikasi suara attack SE untuk setiap enemy.
 
Cara penggunaan :
Pasang diatas main, tapi dibawah material. Untuk tujuan kompatibilitas, pasang diatas semua custom script.
 
Gunakan tag seperti berikut pada note enemy
<se name: n>   = untuk spesifikasi nama SE
<se vol: n>        = untuk spesifikasi volume SE
<se pitch: n>     = untuk spesifikasi pitch SE

Thursday, May 16, 2013

Tutorial - Remote self switch

Level : Intermediate
Pembukaan :
Bagaimana seandainya jika self switch dari sebuah bisa kita kendalikan dari event lain. Tentunya akan sangat menghemat penggunaan switch. Apalagi kalau event yang membutuhkan switch sangat banyak. Oke, tutorial gw kali ini mau bahas gimana cara hidupin self switch dari kejauhan.


What to do?
Tulis saja dalam script call seperti ini

Script call
Key adalah sebuah variable yang isinya map id, event id, dan hurufnya, Misal kamu bisa menuliskannya seperti ini
key = [1,3,"A]
$game_self_switches[key] = true

Cara publikasi game RM

Level : Beginner
Pembukaan :
"kk, gimana cara agar game RM bisa dimainkan di komputer lain?". Pertanyaan simple lainnya yang biasanya sering ditanyakan pada orang2 yang baru memegang RPG Maker. Sebenarnya, jawabannya juga lumayan simple. Tapi disini gw mau terangin beberapa plus-plusnya. Oke, langsung saja.

Kompresi game RM :
Agar game kita bisa dimainkan dalam PC / Laptop orang lain, kita harus include yang namanya RTP (Runtime Package) dalam game kita. Seperti berikut

Include RTP
Setelah itu klik ok. Dan game kamu siap dipublikasi.

Apa itu RTP?

Mengganti bahasa dalam game RM

Level : Beginner
Pembukaan :
"kk, gimana cara ngerubah bahasa game RM jadi bahasa indo?". Pertanyaan ini adalah salah satu dari sekian pertanyaan yang ngga asing lagi dalam komunitas RPG Maker Indonesia. Yap, authoring tool pembuat game yang baik memang harusnya memberikan kustomisasi yang bebas pada penggunana. Termasuk mengganti bahasa dalam game kita nantinya.

What to do?
Kita bisa mengganti bahasanya mulai dari istilah-istilah yang dipakai dalam game. Seperti nama item, command pada main menu (item, status, formation, save), nama parameter (hp, mp, tp), dan semacamnya. Untuk mengganti istilah ini, buka Database > Terms.

Database Terms

Wednesday, May 15, 2013

Theo - Realistic Lights

Version : 1.0
Pembukaan :
Script ini ngebikin map kamu bisa nampilin cahaya secara lebih realistis dan dinamis. 

Screenshot :

Effect cahaya

Opacity cahayanya berubah

RMVX/Ace Windowskin Generator

Pembukaan :
Bagi beberapa kalian pasti udah ngerasa bosen dengan tampilan window bawaan dari RMVX/Ace. Nah, kali ini gw mau share program untuk ngebikin windowskin ndiri. Tentunya ini cuman generator yang mana materialnya udah disediain.

Aindra's Windowskins & Generator :
Generator windowskin dari Aidra dalam kalangan RM lumayan populer. Ini adalah screenshot waktu pembuatan windowskinnya.

Aindra's Windowskins Generator
Langsung saja dicek di post originalnya di RMVX.net
Dan jangan lupa credit Aindra kalau make windowskin hasil generator dari ini

Update - Fog Screen v1.15

Perkenalan :
Script ini adalah hasil update dari Fog Screen. Dimana script ini bisa nampilin fog (seperti RMXP)

What's new?

Notetags
Dalam update kali ini, gw nambahin beberapa notetag yang bisa digunain di dalam notetag map properties
<opacity var: n>
<fade speed: n>
Notetag kali ini untuk merubah variasi opacity fog. Misalnya kalau kamu ngeset opacitynya 150, dan opacity variancenya adalah 20, maka nanti pas dijalanin gamenya, fog akan berubah dari opacity 130 ke 170 dengan kecepatan yang dah ditentuin oleh fade speed.

Contohnya seperti ini

Theo - Battleback Autoresize

Perkenalan :
Script ini cuman bikin battleback bisa nyesuain ama lebar layar kalo semisal u make script yang ngubah layar RM

Resolusi 544 x 480

Theo - Random Battle Transition

Perkenalan :
Script ini ngebikin tiap kali masuk battle menampilkan transisi yang berbeda-beda. Tentunya kamu harus punya file gambar untuk transisinya

Screenshot :

Transisi pertama

Transisi yang laen

Tuesday, May 14, 2013

Bikin game RM. Kenapa musti Harvest moon?

Ok, post kali ini gw mau nyuplik post dari salah satu dari post tetua forum RPGMakerID.
Tepatnya dengan original post >> disini

Langsung saja :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
tulisan ini tidak bermaksud untuk memojokkan projek2 apapun yang berhubungan dengan judul. ini sekedar hasil pengamatan saya sebagai rm-developer 

kenapa harus harvest moon? saya selalu tergelitik untuk bertanya kepada para member terutama member baru. mungkin bagi beberapa orang Harvest moon adalah game yang sangat hebat (meski menurut saya sedikit terlalu berlebihan),jadi mereka ingin membuat sebuah konsep.
dulu saya juga berpikir,memang sebenarnya tidak susah membuat game dengan konsep harvest moon. sebuah game sehari-hari yang tanpa battle atau kekerasan. tampaknya sebuah game sederhana namun sebenarnya ...tidak.

mari kita lihat unsur-unsur apa saja dalam harvest moon-like game :

1. Day-night system

sistem siang-malam adalah sistem yang mutlak diperlukan,karena sistem ini mendukung akan pergantian hari ke hari. sehingga game akan terus berjalan secara dinamis. day-night system juga mempengaruhi situasi sekeliling seperti karakter mana yang hanya keluar pada malam hari atau tempat apa yang paling ramai.

Purifying Quest - Coming (not very) soon

Sorry hari kemaren ngga ada update sama sekali dari script atau tutorial. Beberapa hari yang lalu gw barusan nawarin diri jadi scripter GUI project yang namanya Purifying Quest. Sayangnya mereka pake RGSS2 seh. Jadi belajar lagi deh. 

Apa itu Purifying Quest?
(Kalo ga salah sih ya) Ini cerita (konsep awalnya dulu) ngisahin soal pencemaran lingkungan dimana player nge-role (berperan) untuk mencari bagaimana lingkungan itu bisa kembali seperti sedia kala. 

Game ini dulunya untuk disubmit untuk challengenya Synergear Game (yang gw lupa jg nama challengenya *plakk!!).

Sunday, May 12, 2013

Encounter untuk daerah tertentu (Ace)

Level : Beginner
Pembukaan :
Beberapa diantara kalian pasti pengen encounter hanya ada bisa pada daerah tertentu. Semisal encounter slime hanya ada pada daerah lembek pada map itu. Atau mungkin hal semacamnya. Nah tutorial kali ini wa mau bahas cara implementasi ide seperti ini

What to do?
Dalam RMVXA ada system map region. Nah, kita akan menggunakan map region itu sebagai tempat untuk mengantur encounter. Langsung saja ke langkah2nya

1. Switch ke mode region

Region mode
2. Pilih angka sesuka elu
3. Lalu sebarin angka regionnya ke tempat2 yg u mau pake buat random encounter

Tutorial - Continuous Battle BGM pada RMVX

Level : Intermediate
Pembukaan :
Kemaren seseorang barusan minta gw untuk ngeconvert script Continuous Battle BGM (RGSS3) untuk engine RMVX / RGSS2. Well, tapi setelah gw liat lagi, keknya hal simple seperti ini enaknya gw bikinin tutorialnya aja. Here you go.

What to do?
1. Buka script editor RGSS2
2. Cari Scene_Map dan masuk ke def call_battle (line 196)

Scene_Map line 196

Saturday, May 11, 2013

Theo - Continuous Battle BGM

Perkenalan :
Script ini ngebikin lagu dalam map bisa tetap berlanjut ke dalam battle jika switch id tertentu (yang dikonfigurasi dalam script ini) bernilai true/ ON

Cara penggunaan :
Pasang dibawah material tapi diatas main

Tutorial - Conditional Branch -Part1-

Level : Beginner
Permbukaan :
Gwa liat banyak banget yang nanya-nanya soal conditional branch. Sangking banyaknya ampe berulang-ulang kali ditanyain. Well, daripada menjawab pertanyaan yang sama terus, coba gw bikinin tutorialnya.

Apa itu Conditional Branch?
Secara arti, conditional branch adalah kondisi bercabang. Secara istilah dalam RPG Maker adalah sebuah fungsi dalam eventing dimana ada dua kondisi yang saling bercabang. Jika iya dan jika tidak. Contoh kasus yang akan wa bahas disini adalah kondisi dimana player memegang sebuah potion atau tidak.

Mengubah animation rate dalam RPG Maker VX Ace

Level : Intermediate
Pembukaan:
Mungkin beberapa orang ada yang ngga puas dengan kecepatan pergerakan animasi. Well, tutorial kali ini wa mau bahas bagaimana cara kita nyepetin show animation yang ada di battle ama map. Langsung aja ke tutorial

What to do ?
Sebelum wa bahas lebih lanjut, wa mau tunjukin screenshot database animation dulu

Frame pada animation

Update - Quick save and Load - v1.1

Info sekilas :
Script ini ngebikin player bisa quick save ato load dengan menekan shortcut tertentu
Original Post

What's new?
Dalam update kali ini, wa simpen permission untuk bisa quick save ama load pake Game_Switches. Jadi kalo mo disable tinggal atur aja in game switch.

Download
Script

Theo - Random Battle Music

Perkenalan :
Script ini bisa ngebikin game ngeplay lagu battle berbeda-beda secara random.
Kamu juga bisa ngeset victory ME yang berbeda-beda
 
Cara pakai :
Pasang script ini diatas main tapi dibawah material
konfigurasi dalam script :

Theo - Menu Sound

Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu setiap kali akses menu bisa puter lagu (BGM) atau puter suara background (BGS)

Cara penggunaan :
Pasang diatas main tapi dibawah material
Edit konfigurasinya

Friday, May 10, 2013

Cara mengganti font dalam RPG Maker

Level : Intermediate
Perkenalan :
Salah satu fenomena yang gw sering temui di kalangan komunitas RPG Maker indonesia adalah kebingungan cara ngubah font. Well, daripada terus jawab satu-satu orang yang tanya kek gt, semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi yang memerlukan

What to do?
1. Buka script editor
2. Insert seperti in. Yang jelas diatas main tapi di bawah material

Insert script
3. Lalu tulis kayak gini dalam script

Font setting

Thursday, May 9, 2013

Theo - Fog Screen

Version : 2.0
Perkenalan :
Script ini ngebalikin fungsi show fog dalam RMXP ke RMVXA. Jadi bagi yang pengen bikin atmosfer macem2 bisa make script ini.

Screenshot :

Buat nampilin awan

Penerapan dalam game gw

Update - RGSS3 Tutorial Chapter 5 : Workflow

Chapter 5 : RPG Maker VX Ace Workflows
 
Pembukaan
Mumpung ada waktu bentar wa akhirnya nerusin tutorial RGSS3 di chapter 5. Walo chapter ini cuman nambah 5 halaman, tapi ngga kayak chapter2 sebelumnya yang full gambar. Kali ini full penjelasan yang insya allah mudah dipahami

What's new?
Di chapter ini nanti kamu belajar bagaimana sebenernya cara kerja script yang ada di RPG Maker VX Ace. Di chapter ini nanti jg menjawab pertanyaan kenapa game bisa terus berjalan? bagaimana memanajemen scene2 yang ada di RGSS3? Bagaimana pergantian map ke menu. menu ke item, dan balik lagi ke menu?

Links

Wednesday, May 8, 2013

Theo - Elemental Attack Modifier

Perkenalan :
Script ini memberikan fitur untuk memberikan modifikasi damage berdasar element. Semisal, saat actor A memegang fire rod, maka semua serangan yang memiliki elemen api akan bertambah jadi 150%
 
Cara penggunaan :
Tulis dalam notetag mana aja (kecuali skill / item)
  - <elem rate: id, rate%>
Dimana :
  - id    >> nomor urut element
  - rate  >> persenan pengubahnya (100% = ga ada perubahan)
 
Contoh : <elem rate: 1, 200%>

Download :

Theo - Basic Skill Modifier

Version : 1.0b
Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa memilih skill id untuk attack dan guard. Kamu juga bisa menentukan actor dengan class tertentu memiliki attack id yang berbeda atau weapon tertentu memiliki attack id yang berbeda

Actor punya normal attack yg beda2

Tutorial - Resize screen pada RMVXA

Level : Intermediate
Pembukaan :
Secara default, RPG Maker VX Ace punya screen size 544 x 416. Namun keterbatasan bisa kita ubah dengan maksimal sizenya adalah 640 x 480. Atau mungkin jadi ukuran 544 x 480 atau 640 x 416 :v

Theo - Gauge Bar Modifier

Perkenalan :
Script ini menyediakan opsi-opsi untuk mengganti warna gauge bar yang ada pada window atau mengganti tinggi gauge dan warna bordernya. Kamu juga bisa mengganti warna default font yang ada dalam window. Untuk selanjutnya lihat saja sendiri dalam konfigurasi.

Screenshot :

Gauge sekarang tambah tinggi dan ada bordernya

Tuesday, May 7, 2013

Update - Fast Travel V1.1

What's new?
Well, di versi kali ini wa nambahin option buat ganti grafis pilihan menu fast travel. Kalo versi sbelumnya kan wa cuman ngasi pilihan berupa window doank gt.

 
Pilihan dengan menggunakan picture sendiri

Download:

Note :

Theo - Battle Weather (RGSS2)

Perkenalan :
Script ini cuman versi konvertan dari Battle Weather Screen dari Ace/RGSS3 yang diconvert ke VX / RGSS2. 

Screenshot :

Weather pas dalam scene battle

Theolized Sideview Battle

Perkenalan :
Script ini merupakan sideview yang mayan simple. Sementara di versi ini fitur yg ditawarkan masi nampilin actor battler secara statis mirip kek enemy battler. Well, untuk kedepannya tar coba gw bikinin versi animatednya ama movementnya jg.

Screenshot :

Sideview Battle

Cara penggunaan :
Edit aja via script

Download :
Script

Note :
Script ini masi dalam tahap pengembangan. Jadi jangan diedit-edit dulu selain yg ada di konfigurasi

Monday, May 6, 2013

Theo - Object Core Fade

Perkenalan :
Script ini sebagai devtool para scripter untuk membikin sebuah object atau sprite berubah opacitynya dengan cara fade. Script ini hanya menyediakan fungsi-fungsi dasar fade dan ngga akan gitu kerasa tanpa implementasi nyata dalam script.

Cara Penggunaan :
Tulis dalam script (object harus window / sprite)
object.fade(opacity[,durasi]) >> fade ke opacity tertentu dengan durasi.
object.fadeout(durasi) >> untuk nge-fadeout
object.fadein(durasi) >> untuk nge-fadein
durasi default untuk fade bisa disetting sendiri di script

Core Damage Result

Perkenalan :
Script ini ngerubah def item apply dengan menggabungkan beberapa eksekusi @result ke beberapa method agar memudahkan aliasing. Script ini cuman core engine dan ngga gt berpengaruh

Theo - Common Event Shortcut

Perkenalan :
Script ini ngebikin game bisa akses common event tertentu kalau pencet tombol kombinasi antara CTRL + (F5-F9) / ALT + (F5-F9) / SHIFT + (F5-59). Contoh penggunaan kalau kamu pengen bikin cheat system dalam gamemu
 
Cara Penggunaan :
Pasang script ini diatas main namun dibawah material
Edit konfigurasi shortcutnya

Sunday, May 5, 2013

Theo - Multiple Skill Elements

Perkenalan :
Secara default, RPG Maker VX Ace tidak support multi element dalam database. Yang ada hanyalah satu element untuk satu skill. Script ini ngebikin kamu bisa bikin satu skill memiliki banyak element (misalnya, fire spear, elemental rage). Kamu juga bisa memilih kalkulasi perhitungan ratio elementnya tar di konfigurasi.

Cara penggunaan :
Jika skill mempunyai element fire, dan senjata mempunyai element slash, maka skill sudah mempunyai 2 element. untuk menambah element, gunakan notetag pada note di database skill / item :
<elements id: x>
<elements id: x,x>
Config yang tersedia dalam script

Theo - Item Max Specifier

Pengenalan :
Secara default, dalam RPG Maker VX Ace, maksimal tiap item adalah 99. Script ini ngebikin tiap item bisa disetting maksimalnya ada berapa. Misalkan, potion A maksimal dibawa oleh party adalah 10, item B maksimal boleh dibawa 20, dan seterusnya.

Cara penggunaan :
Pasang diatas main tapi dibawah material. Edit konfigurasinya

AMA - Skill HP Sacrifice

Perkenalan :
Script ini ngebikin skill yang membutuhkan MP, jika battler MPnya habis maka sebagai gantinya akan ngorbanin HP buat bayarnya. Script ini tar mo gw pake di Alumnea Magic Academy (kalo jadi).

Cara penggunaan :
tulis dalam note di database Actor, Enemy, Skill, Item, State :
<sacrifice rate: x%>
 
Untuk skill / item
Sacrifice rate adalah persenan dari harga MP. misalnya harga MP adalah 100, kalo misal u tulis 200%, maka tar harganya buat ngorbanin HP adalah 200.

Saturday, May 4, 2013

Theo - Object Circular movement

Perkenalan :
Script ini adalah core movement untuk menambahkan method untuk memutar sebuah object dengan titik koordinat pusat tertentu. Script ini adalah script lain untuk devtool para scripter aja. Tidak berpengaruh secara nyata kalo cuman u pasang aja.

Cara penggunaan : 
Tulis dalam script seperti ini. Ingat, object harus berupa window atau sprite.

  Movements:
  - object.circle_move(degree[,dur])  >> muter object sekian derajat
  - object.endless_circle(degree)        >> muter object tanpa henti
 

Cara pemasangan script dalam RPG Maker

Level : Beginner
Pembukaan :
Gw liat banyak banget para new comer RMer yg biasanya kebingungan cara pasang script. Well, sebenarnya pasang script itu tidak susah. Tutorial ini emang ditujukan pada yang baru2 megang RPG Maker. Langsung aja deh ya

Step 1 : Buka script editor (jelaslah)
Buka script editor bisa dengan pake pencet F11 atau seperti ini

Script editor
Step 2 : Sisipkan tab baru
Seperti dalam cara pemasangan script lain. Taruh diatas main tapi dibawah material. Jadi kalo di screenshot kayak gini

Theo - Quick Save and Load

Perkenalan :
Script ini ngebikin player bisa quick save dan load seperti di game2 lainnya. Save dan load hanya bisa dilakukan dalam map

Screenshot :

Notify keluar pas pencet tombol quick save

Core Damage Processing

Perkenalan :
Script ini nge-overwrite perhitungan core damage dalam RGSS3 di method make_damage_value. Secara default, perhitungan damage dalam RGSS3 tidak mengijinkan kita aliasing dan berakhir dengan overwrite kalo kita mo nyisipin sesuatu di dalemnya.

Thursday, May 2, 2013

Theo - Simple Menu Background

Perkenalan :
Script ini ngebikin kamu bisa nampilin background pas di menu

Screenshot :

Menu sekarang ada backgroundnya

Theo - Battle Weather Screen

Perkenalan :
Script ini untuk menampilkan effect cuaca dalam battle scene. Cuaca yang ditampilkan sama seperti cuaca yang ada di map

Screenshot :
 
Hujan pas dalam battle

Cara penggunaan :
Script ini masuk plug and play
Yang perlu kamu lakukan hanyalah letakkan script ini diatas main tapi dibawah material

Theo - Storm effects

Perkenalan :
Script ini untuk membuat effect storm / badai dengan menambahkan effect macem kilatan petir dan effect suara petir menggelegar.

Screenshot :
Flashing screen secara random pas ada di map

Cara penggunaan :
Pasang diatas main dan dibawah material

Theo - Splash Screen

Perkenalan :
Script ini digunakan untuk menampilkan splash screen sebelum game memasuki titlescreen

Cara Penggunaan :
Pasang diatas main, tapi dibawah material

Level Up Recover All

Perkenalan :
Script ini ngebikin tiap kali actor level up, bakal nge-restore HP, MP jadi penuh lagi

Cara penggunaan :
Pasang aja langsung di script.

Download :
Script

Note :
- Script ini tidak mengharuskan credit
- Bisa dipasang di RGSS2 juga

Theo - Object Collision Check

Perkenalan :
Script ini untuk ngecek apakah suatu object bertabrakan dengan object lain atau tidak. Object yang bisa dibandingin adalah Window dan Sprite. Aslinya ga gitu paham jg ngapain gw bikin ini. Well, barangkali aja ntar berguna, jadi gw bikin deh ~

Ethereal Things

Requested by : Deenos
Perkenalan :
Script ini ngebikin enemy always eva kalo dikasi tag <ethereal>. Dan hanya bisa ditabok dengan item yang mempunyai tag sama. Script ini hanyalah hasil convertan dari RGSS2 ke RGSS3 dari  Original Script

Debug Skip Title

Perkenalan :
Bagi kamu-kamu yg males merhatiin titlescreen, bisa pasang ini. Berguna buat kalo lagi debugging game gt daripada repot2 harus mencet new game lol

Theo - Event Self Variable

Perkenalan :
Script ini ngebikin tiap event id punya self variable sendiri disamping self switch.

Cara Penggunaan :

Penggunaan dalam eventing

Tulis dalam script call :

AMA - Automatic Price

Perkenalan :
Script ini gw bikin untuk game gw Alumnea Magic Academy. Script ini berguna untuk ngedatabase harga equip (armor dan weapon) secara otomatis. Misalnya untuk setiap penambahan attack dihargai 500. Maka untuk equip dengan penambahan parameter attack sebanyak 10 akan menjadi 5000.

Cara penggunaan :

Theo - Special Skill

Pengenalan :
Script ini ngebikin suatu skill bisa anti counter, anti reflect, atau always hit (meski itu adalah physical atau magical). Script ini gw bikin karena gw pengen suatu skill tetep bisa always tapi tetap bisa dihitung sebagai phyiscal atau magical

Cara Penggunaan :

Notetags
Tulis sebagai notetag

Wednesday, May 1, 2013

Theo - Gameover Choice

Perkenalan :
Script ini ngebikin menu command pas lagi gameover yg isinya load, title, ama exit. Kan rada nyebelin jg kalo gameover harus nunggu ampe selese, trus title, baru load game. Kelamaan -_-

Screenshot :
Menu pas gameover

Theo - Difficulty Settings

Perkenalan : 
Script ini untuk ngebikin custom difficulty dengan cara ngerubah parameter musuh, experience, gain gold dari battle, atau harga2 pas shop processing. Informasi soal difficulty didatabase lewat script dan ntar dipanggil pake $game_variables

Cara Pemakaian :

Database difficulty dalam script
value adalah nilai dari variable dengan id yg diset di var_id. Angka2 disana adalah representasi dari persen.

Theo - Wounded State

Perkenalan :
Script ini ngebikin battler (baik actor maupun enemy) kalo HP mencapai sekian persen bakal otomatis add state tertentu. Misalnya kalau HP battler dah 25 persen, maka add state critical dimana state itu ngurangin attack 50%. Well, gunakan imajinasimu

Screenshot :
Enemy kena status critical (Screenshot dari game gw) Credit : YEA - Battle Engine
Cara penggunaan :

Theo - Inventory Secure

Perkenalan :
Script ini bisa ngebikin kamu nyimpen inventori party untuk keperluan presentasi cerita. Jadi gini. Semisal di scene pertama nanti player berperan sebagai tokoh utama, di scene kedua nanti player berperan sebagai antagonis. Kan ga lucu kalo semisal item yg dibawa sama. Script ini bisa menyelesaikan masalah itu

Screenshot :
Kaga ada dan kaga butuh. Ini masuk system. Jadi apa yg harus gw tampilin di screenshot?

Theo - Experience Split

Perkenalan :
Terinspirasi dari BoF4. Script ini ngebikin pendapatan experience dari battle dibagi jumlah keseluruhan party. Jadi semisal party u ada 4 dan total experience adalah 400, masing2 dapet 100

Screenshot :
Kaga ada dan kaga btuh

Download :

Note :
Ini script ketiga gw. Dan masih jg tanpa aliasing. Kemungkinan rada bentrok ama script2 yg ngurus gain exp juga. Setidaknya buat ngecegah itu, letakin aja di atas semua script yg ngurus gain exp

Theo - Critical Modifier

Perkenalan :
Bagi kamu-kamu yg ga suka perhitungan critical damagenya VXA, bisa pake script ini buat ngemodifikasi. Secara default, critical VXA adalah damage * 3

Screenshot :
Kaga ada dan kaga perlu

Theo - In game load menu

Perkenalan :
Script ini bisa ngebikin kamu nambahin load dalam scene menu. Pastikan ini dtaruh paling atas di script custom menu yg laen. Soal e ini script g pake aliasing

Screenshot :
Load menu

Theo - Fast Travel

Version : 1.2
Requested by : Rusty
 
Pengenalan :
Script ini kamu bisa fast travel. Mirip kayak The Elder Scroll. Hanya saja, nanti player hanya bisa travel ke map2 tertentu saja tergantung gimana kamu manggil scriptnya

Screenshot : 
Fast Travel
Kamu tar bisa spesifikasi backgroundnya kek gimana. Jangan lupa, naruh backgroundnya ada di folder Graphics/system