Wednesday, December 25, 2013

Working on Sideview Battle


Pembukaan :
Kalian tau sendiri kan kalau blog gw bulan ini hampir ga pernah apdet. Pernah juga cuman satu atau dua post aja per sekian hari. Well, itu sih karena disamping lagi sibuk kerjaan kuliah juga gw penasaran ama yang namanya battle system. 

Sekitar sebulan yang lalu gw rilis Theolized Sideview Battle System versi 0.5 dan belom ada kabar lagi sampe sekarang kan? Nah, sekarang wa cuman mau kasi tau aja beberapa change log yang udah wa kerjain selama vacuum ngeblog. Aslinya wa mesti update info TSBS ini di tempat lain. Tapi mungkin beberapa orang kurang tau tempat itu, jadi gw bahas disini sekalian deh

Dan sorry ye bagi yang rekues-rekues terlantar ato beberapa ada yang laporan bug. I'm just one man after all...


State Tone :
Seperti namanya. Sekarang state punya tone sendiri-sendiri. Semisal kalo kebakaran, bakal jadi merah. Atau, kalo keracunan jadi ijo. 



Anim Guard & Skill Guard :
Namanya agak ngga umum sih. Intinya gini, anim guard adalah animasi pengganti yang bakal dieksekusi jika target dikenai damage. Seperti keluar shield atau semacamnya. Sedangkan skill guard adalah skill 'imajiner' yang akan diaplikasikan pada penyerang. Masih BETA sih.


Magic Reflection :
Seperti namanya. Kalo ada musuh nyerang dengan magic, bisa direfleksi dengan shield. TSBS akan ngeplay dua animasi. User dan Target secara bersamaan. Fitur ini juga masih BETA.




Lempar Proyektil :
Yup, lempar proyektil adalah hal wajib bagi battle tipe sideview. Di versi TSBS kali ini kamu nantinya udah bisa membuat lemparan proyektil. Entah itu dari animasi atau dari iconset. Pilihanmu.


Screen Tone :
Kamu bisa mengganti screen tone lewat sequence juga nantinya. Misalnya pas casting sihir api jadi tambah panas atawa gimana gitu.



Victory Pose & Escape Sequence & Intro Sequence :
Yup, biasanya ga sedikit yang minta jika menang, actor akan melakukan pose kemenangannya. Atau bahkan kalau kabur actor bergerak menghilang. Atau mungkin saat memasuki battle arena.


Focus attack :
Fitur yang sama kek Yami Battle Symphony. Yaitu FOCUS! Fungsi ini menghilangkan battler yang bukan termasuk target saat itu dan user / battler yang akan melakukan aksi.




Show Weapon Icon :
Sangat esensial banget menampilkan weapon icon kalo seandainya kita make battler kaduki untuk. Karena battle ngga akan greget kalo ngga bisa nampilin icon.


Call pre-define actions :
Buat ngiritin line, wa udah bikin kamu bisa gabung-gabungin action yang ada. Caranya nanti tinggal pake mode [:action] lalu panggil sequence key kamu yang udah ada.


If else sequence :
Ini ide dari scripter kita yang aktif di luar. Tak lain yaitu Estriole. Untuk TSBS kita bisa definisikan sequence if else dan semacaemnya. Hanya saja, ini masih belom support nested if (if di dalam if). Masih gw pikirin caranya hehe ...

Penutup :
Itu aja dlu dari update blog gw. Sekali lagi maaf kalo ngga ada update besar-besaran bulan ini kek bulan kemaren. Setidaknya gw udah jelasin ngapain aja wa bulan ini. Oh iya, rencananya TSBS demonya bakal gw jadiin project kecil. Jadi sorry lagi kalo TSBS belom bisa rilis dalam waktu dekat. Doain selese project demonya ya =D

Kalo mau lebih, silahkan lihat channel youtube gw

8 comments:

  1. setelah ane ngeliatin video di youtube...
    ane terharu...
    weapon swing nya lancar...
    lempar proyektil lancar...
    pokok'e hampir semua lancar...

    ReplyDelete
  2. sumpah keren uy, apalagi yang Hollowpoint Shot O.o

    ReplyDelete
  3. Ini sangat keren Mas Theo. sangat keren, mungkin ane harus belajar dari ente. mumpun liburan di lanjutin proyeknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gk kalau nyari scriptnya lewat web ini http://rmvxace.wikia.com/wiki/RPG_Maker_VX_Ace_Master_Script_List ?? soalnya masih dalam tahap pembuatan + pembelajaran RPG Maker VX Ace bagian Script

      Delete
    2. Apa hubungannya "masih tahap pembuatan" ama "master script list"?

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!