Saturday, November 2, 2013

Cara menonaktifkan script

Level : Beginner
Pembukaan :
Beberapa kalian pasti ingin menonaktifkan script-script yang terdapat dalam RPG Maker untuk alasan tertentu. Selain dengan cara kopas script ke notepad (dimana itu ngerepotin banget), disini wa mau bahas beberapa trik ngenonaktifkan script. Langsung saja deh ya

1. Comment Out
Trik ini berdasarkan post gw Hotkey dalam script editor. Dimana fungsi CTRL+Q adalah menjadikan satu baris kode menjadi komen. Di dalam script, komen tidak akan dijalankan. Nah, trik ini adalah dengan mengkombinasikan CTRL+A (select all) dengan CTRL+Q (Comment out).

Hasilnya akan seperti ini :


2. Dipindah dibawah main / mainnya yang dipindah keatas
Cara yang kedua adalah dengan meletakkan script-script kamu dibawah main. Atau pindah saja section main berada diatas. Gambar dibawah ini adalah contoh gimana wa ngenonaktifin script.

Below main
Nah, kalo mindah main, jadinya kayak gini.

Move main

3. Pake script disablernya TDS
Untuk yang urusan kali ini silahkan dibaca sendiri instruksi scriptnya :v

5 comments:

  1. Nambah, di paling awal script pasang if false (logika if untuk switching script)
    terus di akhirnya pasang end :v

    (btw, pasang widget emoticon biar enak ngeliatin emot :v nya :v )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga bisa sih, tapi IMO keribetan harus make scroll bawah :v

      (soal widget ntar coba wa cari deh)

      Delete
    2. tambahin =begin di bagian paling atas,
      tambahin =end dibagian paling bawah :v

      Delete
  2. Replies
    1. di baris paling atas sendiri, kamu tulis
      if false

      lalu bawah script tulis
      end

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!