Tuesday, October 29, 2013

Theo - Highscore Board

Version : 1.0
Perkenalan :
Mau game kamu punya fitur highscore? Script ini mungkin bisa mengabulkan permintaan kamu

Screenshot :

Highscore
Cara penggunaan : 
Pasang script ini dibawah material namun diatas main
Gunakan beberapa script call berikut untuk keperluan tertentu
 
*) Untuk masuk ke menu High Score
   - SceneManager.goto_scoreboard  
  
*) Untuk memasukkan nama buat score, gunakan script call ini
   - SceneManager.input_scorename(max_char)

Ganti max_char dengan angka. Angka tersebut adalah untuk menentukan sebanyak apa player boleh memasukkan huruf untuk nama
 
Instruksi lain ada di konfigurasi script

Download :

12 comments:

  1. Wah, bagus nih gan.

    Usul, gimana kalau ada sistem buat ngasi scorenya juga? Jadi dari satu quest, ada kategori-kategori tertentu yang harus dipenuhi, tergantung dari seberapa sempurna player menuhin ketegori-kategori itu, sistemnya yang bikin kalkulasi, baru ngasi score akhir.

    Misalnya :

    Jumlah Lawan yang Dibereskan : xxx
    Jumlah Saksi Mata yang melihat : xxx
    Jumlah Petunjuk yang Dikumpulkan : xxx
    Jumlah Item Terpakai : xxx
    Score Akhir : A (A-E, atau title tertentu)

    Sejauh ini belum ada script RGSS3 yang kayak gini sih (atau belum pernah liat), sementara kalau pakai event malah lebih ribet. Jadi *uhuk*RequestSecaraGaLangsung*uhuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Score formula ya? Bisa sih,...
      Ntar gw bikin addon aja paling. Sementara ini wa mau KISS dlu (Keep it Simple and Stupid) make variable yang lebih mudah dimengerti.

      Delete
    2. Kurang lebih. Jadi kalau ada kategori yang bisa nambahin total nilai akhir, ada kategori yang ngurangin total nilai akhir (masing-masing dalam persentase). Makin tinggi persentase nilai kategori yang "minus", total nilai akhir juga berkurang, dan score (A-E) yang didapat juga turun. Gitu juga sebaliknya.

      Yah, sekedar gambaran umum aja sih.

      Delete
    3. Nah, yg jadi masalah sih gw ngga ada ide mo bikin kategori apa aja. Kategorinya itu preset (udah disediain) ato custom (sediain sendiri)

      Kalo preset, script user lebih enak, tinggal mau make apa aja. Cuman masalahnya udah wa sebutin diatas

      Kalo custom, berarti silahkan make script call sendiri. Dimana butuh pengetahuan soal scripting dikit2.

      Misalnya, kamu nulis formula "$game_system.battle_count * 10" Artinya, jumlah battle kamu di game dikali 10 nah itu skor kamu. Atau "$game_actors[1].level * 20" itu artinya tergantung level karakter kamu berapa dikali 20. Yah itu sih custom script call.

      Kalo misal kamu nanya preferensi, wa prefer yg custom sebenernya. Cuman wa kasian ama yg ga ngerti script

      Dan soal A-E gitu emang mo ditampilin dimana? Wa ngga pinter desain layout menu gitu mungkin bisa kasih saran? (itu layout highscore juga ide ngaco gw)

      Delete
    4. Sebenernya emang lebih enak kalau custom sih. Soalnya kategori-kategori yang dipakai juga bakalan beda-beda tiap orang, satu kategori bisa aja dipakai satu gamemaker, tapi kategori lainnya justru ga ada yang dipakai. Tapi kalau ga ngerti scripting repot juga.

      Kalau lebih spesifik, tadinya kepikiran kalau sistem ini buat game stealth semacam Hitman gitu. Jadi kategorinya kira-kira :
      1. Item = Misalnya petunjuk-petunjuk/file tertentu yang harus dikumpulin selama misi yang diterima. Makin banyak petunjuk penting yang dikumpulin, makin tinggi persentase nilainya.
      2. Event = Persentase saksi mata yang ngeliat karakter waktu dia ngejalanin misinya, atau tindakan-tindakan tertentu yang bisa memperlancar/merusak misi itu sendiri. Persentasenya bisa "plus" atau "minus" tergantung settingan yang dipakai.
      3. Battle Count = Seberapa banyak encounter yang dilawan. Makin banyak jumlahnya, makin berkurang persentasenya.
      4. Time Bonus = Efisiensi waktu pas ngejalanin misi. Makin singkat waktunya, makin tinggi persentasenya.

      Item mungkin bisa dari notetag, event mungkin dari script call (common event/switch?) sama dengan item. Total dari semua persentase ini yang dihitung rata-ratanya buat nilai akhir, yang nantinya nentuin "rank" apa yang didapat (A-E/Title). Tapi yang beginian terlalu condong ke genre game tertentu aja kayaknya.

      Untuk ranknya itu sendiri... mungkin bisa pakai show image (transparan) di bawah total nilai akhirnya. Rada susah juga sih kalau ngejelasin layout, apa perlu dibikinin mockupnya?

      Delete
    5. Rekues lu masuk akal. Cuman drawbacknya script ini jadi kebanyakan instruksi yang mungkin menyebabkan user sendiri malah jadi bingung cara gunainnya. Plus, mereka juga belom tentu paham soal konsep ini.

      Seperti katamu, tiap game beda2 konsepnya. Makanya wa bikin generalisasi buat catet skor di dalam event. Dan silahkan manipulasi dengan cara u sendiri variable itu via event (ato script kalo bisa scripting)

      Well, seandainya u datang sendiri ke gw dan langsung ngasi penjelasan gitu kemungkinan besar wa kasi trik2 advancednya.

      Soal mockup, boleh deh dibikinin. Seriusan, wa ngga ada ide pikiran dimana huruf A-E ditampilin

      Delete
  2. udah muter muter di Google ternyata ada disini xD
    makasih om Theo :v

    ReplyDelete
  3. Kalo boleh saran untuk ini, buat jadi compatibel dengan sistem online, di mana namanya jadi sesuai username atau id, terus translate ke english, keluarin di forum luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin online system itu ngga segampang yang kamu kira

      Delete
  4. Kalau berdasarkan item yang didapat, gimana nulis scriptnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya setiap nambah item, variablenya ditambah?

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!