Sunday, October 27, 2013

Method Alias dan Penggunaannya

Aliasing
Level : Skilled / Scripter
Pembukaan :
Sering kali kita nemuin di dalam script orang terdapat keyword alias. Lalu alias itu apa? Secara bahasa, arti alias adalah nama lain. Seperti dalam script, kegunaan alias adalah untuk memberikan nama lain pada sebuah method dalam script.

Penggunaan :
Sebagai awal contoh, kamu bisa insert script seperti ini di section baru
class Game_Interpreter
  
  def add_text
    $game_message.add("Teks baris pertama")
    $game_message.add("Teks baris kedua")
  end
  
end
Kemudian, kamu bikin sebuah event --> script --> tulis saja add_text
Maka ini yang akan kamu lihat

Text di message box

Lalu, insert script baru tepat dibawahnya.
Kira-kira seperti ini.

Insert script dibawahnya

Buat alias dari method add_text. Formatnya adalah "alias nama_method_baru nama_method_lama" Contohnya seperti ini.

class Game_Interpreter
  
  alias aliased_add_text add_text
  
end
Kembali ke event tadi. Ubah, script call "add_text" menjadi "aliased_add_text". Dan saat kamu testplay, kamu akan menemukan bahwa kedua script call tersebut akan menghasilkan hal yang sama. Lalu kegunaan alias untuk apa? Coba edit script yang terdapat alias tadi seperti ini
class Game_Interpreter
  # -------------------------------------------
  # Aliased method
  # -------------------------------------------
  alias aliased_add_text add_text
  def add_text
    aliased_add_text  # call original method
    $game_message.add("Text baris ketiga")
  end
end

Lalu kembalikan script call dari "aliased_add_text" ke "add_text". Maka, kamu akan mendapatkan screenshot seperti ini.

Tambahan
Dari hal diatas, kamu bisa tarik kesimpulan kalau aliasing berguna buat ngedit script tanpa merusak script yang udah ada. Sekarang wa mau bahas contoh penggunaan nyata dalam script. Misalnya, kamu mau memindahkan command title screen ke sebelah kiri, seperti ini.

Contoh kasus ...
Sebagai scripter, kamu harus tau dimana tempatnya ngebikin command window tersebut. Dalam kasus ini, window tersebut ada dalam Scene_Title --> line 91 --> def create_command_window. Seperti ini.

Tempat command window
Nah, untuk tetap menjaga originalitas script RTP, gw saranin jangan ngedit langsung disana, bikin script dibawah section material, lalu bikin aja seperti ini.

class Scene_Title < Scene_Base
  # -------------------------------------------
  # Aliased create command
  # -------------------------------------------
  alias aliased_create_command create_command_window
  def create_command_window
    aliased_create_command  # Call original method
    @command_window.x = 10
    @command_window.back_opacity = 50
  end
  
end

Saat kamu testplay, maka kamu akan mendapatkan screenshot seperti ini.

Hasil dari aliasing
Sekian dari update tutorial tingkat skilled gw. Semoga bisa dipahami =D

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!