Tuesday, July 2, 2013

Symbol Untuk Penamaan Charset

Symbol as name
Level : Beginner
Pembukaan :
Jika kita memperhatikan file RTP, beberapa diantara resource charsetnya menggunakan symbol-symbol yaitu dolar ($) dan tanda seru (!). Symbol itu bukan hanya sekedar nama. Tapi juga nanti akan berpengaruh pada kerjanya game. Bagaimana cara kerjanya? Simak bahasan berikut ini.

Symbol dolar ($)
Ukuran default untuk character set dalam RPG Maker adalah terdiri dari 4 charset kesamping dan 2 charset ke bawah. Seperti ini.

Character set has 4 x 2 scale size
Dalam kasus lain dengan alasan tertentu, kamu tidak ingin menggabungkan satu file karakter pada characterset. Jika kamu masukkan mentah-mentah, maka ini yang akan terjadi.

Single charset also scaled
Sekarang kamu coba untuk menambahkan symbol dolar didepan untuk nama file karaktermu. Maka ini yang akan kamu lihat.

Well, this is better

Tanda seru (!)
Secara default, grafis karakter jika dibandingkan dengan posisi tileset, adalah mempunyai kelebihan 4 pixel. Maksudnya apa? Coba liat gambar berikut.

Character offset position
Dengan menambahkan tanda seru, maka akan membatalkan pengaplikasian offset 4 pixel tersebut. Biasanya yang kayak gini digunakan untuk grafis2 object macem jendela, pintu, dan yang lainnya. Coba perhatikan misalnya jika charset object ngga dikasi tanda seru untuk namanya. Maka ini yang akan kamu lihat.

Awkward offset
Sekarang kalo kamu bandingkan jika make tanda seru pada awal namanya.

Better position
Penutup:
Sekian tutorial dari gw. Semoga bermanfaat bagi yang lain. Dan jangan lupa untuk senantiasa buka helpfile (F1) karena sbenernya tutorial ini udah ada disana :v

6 comments:

  1. script nya membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. *oh god why...*
      kenapa banyak orang komentar di tempat yang salah :v
      inikah mentalitas orang indo? :v

      Delete
  2. untuk Ayane_Gate gk dijelasin tuh kenapa make dobel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw rasa udah jelas deh? Kalo pake dobel, efeknya juga dobel

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!