Monday, July 29, 2013

SHMUP - Planned Feature and Gameplay

Sejak kepikiran pengen ngebikin project shot them up ini, gw langsung ketagihan pengen nerusin dan seriusin. Ok, post kali ini gw mo kasi progress report dari ide game dadakan gw ini. Sekaligus planned featurenya. Entah ntar bakal jadi bagus ato ngga, gw masi dalam tahap riset

Health Bar, Bullet Collision
Beberapa hari ini gw fokusin ke bikin kolisi antara player bullet, dengan enemy. Dan enemy bullet dengan player. Bagian sini bikinnya ga gampang juga. Sering kali banyak refisi sana sini. Well, tapi skrng dah bisa dan berjalan dengan lancar. Alhamdulillah FPS masi tetep aman.

Tentang Fitur :
Oke, beberapa ini adalah fitur yang gw rencanain

Save Point
Karena rencananya ini gw bikin stage2 yang banyak banget, jadi setiap kali namatin satu stage, wa kasi kesempatan player untuk ngesave. Bukan seperti J-shooter (Touhou, dll ...) yang pada umumnya hanya sekali jalan.

Health Bar instead of Life
Kebanyakan J-shooter, kalau J-shooter ngasi player beberapa life. Jika player setidaknya terkena satu saja bullet, maka akan mati dan respawn dengan mengurangi jumlah life atau bahkan continue. Dalam game gw, player ngga gw kasi life, melainkan health bar. Jika player dah kehabisan health bar, maka ntar player akan mati dan harus mengulang stage itu dari awal.

Energy Bar
Player wa kasi parameter energy. Mirip seperti MP kalo dalam RPG. Setiap peluru laser yang player keluarkan akan mengurangi jumlah enery yang dimiliki player. Tentunya energy akan tetep direstore secara berkala. Jika ternyata beam yang digunakan oleh player membutuhkan energy yang besar, maka energy player akan cepat berkurang

Two tipes of Bullet
Peluru dibagi menjadi dua macam. Yaitu physical dan energy. Peluru energy membutuhkan energy untuk mengeluarkannya. Umumnya bisa ditangkis dengan shield. Sedangkan yang physical memiliki jumlah terbatas. Namun umumnya unblockable dan memiliki damage yang lumayan

Shop Processing
Setiap stage rencananya player wa kasi kesempatan untuk ngemodif kapalnya. Dan uangnya didapet dari score yang dia dapet pas lagi dalam stage. Dalam artian kalo di high score, makin tinggi score player, berarti makin hardcore juga dia maennya (ga beli2 senjata)

[Reference] Tyrian shop processing screenshot
Dalam shop processing disini kamu juga bisa mengganti generator energimu agar kekuatan generator energimu bisa mengimbangi laser beam yang kamu pakai.

1 comment:

  1. Great work! :D
    I want to see what this game will look like when it's finished :D

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!