Friday, July 26, 2013

Membuat Custom Escape Character

Default Escape Character
Level : Skilled / Scripter
Requirement :
  • Mau buka script editor
  • Ngerti regular expression Ruby minimal dikit2
  • Ngerti data struktur RGSS3
  • Ngerti struktur penulisan RGSS3
Pembukaan :
Bagi kalian yang udah lama gelud di dunia RM pasti udah ngga asing lagi soal escape character. Kode yang digunakan dalam window message untuk nampilin data game atau perintah tertentu. Seperti nama actor atau yang lainnya. Nah, kasusnya gimana kalo kamu pengen bikin escape character pake caramu sendiri? Katakanlah, \IN[1] nanti akan nulis nama item dengan ID satu. Well, langsung saja deh.

What to do?
Buka script editor, masuk ke Window_Base, cari convert_escape_character

Convert escape character
Fungsi gsub! adalah untuk mengganti isi string dengan yang laen. Bagian yang diganti harus sesuai dengan regular ekspressionnya. Mari sekilas wa bahas soal regular expression.

Regular ekspression dimulai dan diakhiri dengan " / ". Anggota symbol regular expression adalah  / \ [ ] ( ) + * . dan yang lainnya. Seperti halnya dalam string. Jika kamu pengen nulis \ dalam string, kamu harus gunain \\ agar string bisa ngeprint satu backslash. \\\\ akan menghasilkan dua backslash.

Kasusnya adalah, jika kamu pengen nge-match escape character misalnya \V[20], berarti kamu harus nulis (/\eV\[(\d+)\]/i)

Note :
  • Symbol (\d+) artinya angka antara 0-9. Symbol + artinya bisa lebih dari 1, (ex : 123, 23412, 99, 345). Hasil scannya itu nanti akan disimpen dalam symbol $1
  • Symbol \e adalah indikasi kalo itu adalah escape code.
  • Karena [ dan ] adalah symbol yang digunain untuk Regexp, maka kita disini gunain \[(\d+)\] yang artinya pattern itu match dengan [123], [45], [600], dst ...
Sekarang cara kerjanya adalah seperti ini

How escape code works
Sekarang kita rencananya mo nambahin escape character \IN[id] adalah ngeprint nama item. Kita bisa langsung nambahin di scriptnya kek gini.

Item Name
Nah, nanti kamu tinggal gunainnya kek gini.

Custom Escape Character
Escape character sebenernya dibagi menjadi dua. Yaitu convert escape character dan process escape character. Tutorial gw yang satu ini hanya nerangin convert escape character doank. Dimana convert escape character adalah replace string. Sedangkan process escape character adalah proses yang mungkin terjadi di tengah penulisan text seperti ganti warna (dengan code \C[2] misalnya).

Penutup :
Sekian dulu deh, untuk tutorial escape character gw berikutnya gw bikin kalo gw udah mood lagi dan kalo udah ngerti gmn cara nerangin yg enak lol.

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!