Tuesday, June 18, 2013

The Elder Scroll Like Game?

Setiap orang pasti punya impian untuk bikin gamenya seperti game yang diinginkan, didambakan, atau didewakan. Ada yang pengen gamenya seperti Breath of Fire 4 dengan fitur Skill combonya. Ada yang pengen seperti Suikoden dengan party yang sangat banyak jumlahnya. Atau seperti Harvest Moon dimana player bebas bercocok tanam dan memelihara hewan. Lalu bagaimana dengan gw?

Impian gw termasuk yang jarang diantara pemegang RM. Pasalnya, game yang jadi referensi gw adalah game RPG Barat (Western RPG) yang bernama The Elder Scroll (terutama seri Skyrim). 

Apa itu The Elder Scroll? Untuk artikelnya, kamu bisa langsung baca di link dibawah ini

Oke, karena gw yakin banyak yang belom maen seri The Elder Scroll, gw mau jabarin system2 dambaan gw yang nanti ada di game RPG Maker.

Open-World RPG. (On-Going)
The Elder Scroll adalah game RPG dengan Open-World sebagai salah satu fitur utamanya. Dimana nantinya player dibebaskan mau pergi kemanapun dia suka. Bahkan sampai ke ujung dunia sekalipun. Tentunya eksekusi hal yang satu ini sangat rumit dan butuh ketelatenan. Buat RPG dengan setting open-world itu berarti gw harus mempersiapkan konsep dunia yang sangat luas, dengan NPC2 di dalamnya. Well, gw sekarang juga lagi building dunianya. Lumayan lah, 70% secara konsep dunia sudah beres.


In Game Difficulty Setting. (Completed)
Dalam seri game The Elder Scroll, kita bisa mengganti difficulty di tengah permainan. Bahkan di tengah battle sekalipun (cuman di gw ngga bisa diganti pas battle). Jadi, tidak ada pilihannya untuk memilih difficulty di awal permainan. Fitur ini alhamdulillah udah wa implementasiin di RGSS3. Tepatnya u bisa liat script gw disini. [Link]

Character Generator. (Not Yet)
Dengan character generator, kita bisa membuat karakter kita sendiri. Mau cewe, cowo, jelek, cakep, dan sebagainya. Kita juga bisa memilih ras dengan bonus yang berbeda-beda. Hal ini gw masih belom kepikiran caranya gimana.

Realistic DayNite System. (On-Going)
Dalam game The Elder Scroll, sistem siang malam terlihat nyata. Dimana tone cahaya bergerak secara nyata. Jika diimplementasikan dalam RPG Maker, maka pergantian tone dari siang ke sore, dan sore ke malam tidak langsung mendadak. Tapi, tone dalam screen berganti secara perlahan. Well, mikir pergantian tonenya mayan ribet coy mwahahaha... *ketawa stress*

Limited Item Slot. (Completed)
Tidak seperti dalam default RPG Maker yang setiap item memiliki jumlah maksimal yaitu 99. Di The Elder Scroll, setiap item / inventory mempunyai berat. Dalam artian, jika berat total item yang kamu bawa melebihi jumlah berat yang dapat kamu bawa, maka kamu tidak akan bisa menambah barang lagi. Script ini udah gw bikin disini [Link].

Note : Ada kemungkinan script Item Slot gw masih ngebug yang ada disana. Karena gw ngga berencana ngesebar publik. Alias mau gw pake sendiri.

Chest System. (Complete)
Dalam default RPG Maker, quick event chest adalah membuka sebuah chest lalu langsung muncul notifikasi dapet item. Jika dalam The Elder Scroll, setiap wadah (chest, lemari, laci, dll...), kita ngga langsung dapet notifikasi dapet item. Namun, sebagai gantinya, kita bisa melihat item apa aja yang ada disana. 

Kita bisa mengambil, ataupun menaruh sesuatu disana. Untuk fitur ini, alhamdulillah udah gw bikin scriptnya disini. [Link]

Random Alchemy System. (Not yet)
Bukan seperti alchemy pada umumnya yang item X membutuhkan resep A dan resep B untuk membuatnya. Dalam The Elder Scroll, kita bisa membikin ramuan apa saja yang kita mau. Semisal item yang mengandung poison dicampur item yang menambah Mana. Atau Menambah attack, dicampur dengan menambah STR.

Setiap resep item mempunyai "traits". Semisal resep A mempunyai traits "Heal". Jika kita menggabungkan resep B yang mempunyai trait sama, maka akan menjadi "Healing Potion". Jika diantara kedua tersebut tidak ada yang mempunyai traits yang sama, maka alchemy akan gagal.

Hal yang satu ini pastilah susah bikinnya. Membutuhkan struktur data yang bejibun dan modul gede. Oh well, mungkin fitur yang satu ini gw kerjain belakangan ._.

Lockpicking System. (Not yet)
Ada kejadian dimana sebuah pintu atau chest membutuhkan kunci untuk membukanya. Namun, karena kita tidak punya kuncinya, kita terpaksa membuka paksa dengan lockpicking. Bagi yang jiwa-jiwa maling pasti ngerti deh. Kayaknya sih bikinnya gampang. Cuman gw kekurangan resors gambar, jadi ngga gw bikin dulu.

Sneak System. (Not yet)
Fitur lain lagi yang ada di The Elder Scroll, yaitu kita bisa menyelundup atau "assassinate" musuh tanpa diketahui. Kita bisa diam-diam menyelundup rumah orang, atau me-raid dungeon tanpa diketahui penduduk dungeon satupun. 

Konsep yang satu ini gw menggunakan semacam "Line of Sight". Dimana event sensor tidak lagi memutar di sekitar. Jika event menghadap keatas, maka area yang dapat disensor ya hanya sebatas area yang berada diatasnya.

Disamping line of sight, event juga bisa mendeteksi suara secara radial. Jika kita melakukan dashing, maka awareness sebuah event akan bertambah dengan cepat. Jika kita diam, maka awareness event akan berkurang.

Enemy Encounter Condition. (On-Going)
System Encounter dalam The Elder Scroll lumayan unik. Jika karakter kita masih level katakanlah cupu, maka encounter yang kita dapat di dalam map juga cupu. Seiring kita melakukan progress level, kita mendapat encounter yang lebih keren. Jadi, kita bebas travel dimana-mana tanpa takut encounter yang lebih kuat dari map awal.

Dynamic Merchant. (Not yet)
Merchant dalam The Elder Scroll mempunyai stock barang dan persediaan uang. Itu berarti kita tidak bisa seenaknya ngejual barang trus mendapat uang yang banyak. Kamu harus mencari pedagang kaya agar bisa seperti itu. Begitu juga dengan item yang dijual merchant tersebut. Kita tidak bisa membeli item sebanyak yang kita mau. Apabila merchant tersebut miskin, ya kita paling cuman bisa beli maksimal 5 potion lah.

Event Pointer. (On-Going)
Map game Elder Scroll terbilang sangat luas. Akan sengsara jika kita ngga diberi petunjuk pointer kemana kita akan pergi. Nah, untuk hal yang satu ini tentunga gw ngga bakal implementasiin dengan system map dalam RM yang mapnya sendiri terbagi jadi file2 kecil. Susah coy. Cuman sebagai gantinya,  gw mau adaptasi ini sebagai event pointer. 

Jadi saat event / karakter keluar dari cakupan screen, akan ada semacam gambar petunjuk di tepi screen yang mengindikasikan posisi event tersebut. Fitur ini masi setengah jadi. Untuk sementara, gw implementasiinnya seperti ini [Link]. Cuman itu belom sesuai seperti apa yg gw harapin

Fast Travel. (Complete)
Map yang sangat besar tentunya sangat membosankan jika kita harus berjalan kaki kesana kemari. The Elder Scroll menyediakan fitur fast travel dimana player bisa sesuka hati "teleport" dari kota ke kota dengan cara membuka menu. Alhamdulillah, implementasi fitur yang satu ini tidaklah susah. Bahkan gw udah bikin dua versi. Well, ini versinya

Versi 1 (Game gw) : [Link]
Versi 2 (Hasil Request) : [Link]

Ok, ini sekian dari unek-unek game impian gw. Dan mungkin masih ada lagi fitur yang kelewat karena terlalu banyak jg yg pengen gw buat.

10 comments:

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!