Saturday, June 15, 2013

Review - Chaos Hunter

Kemaren barusan ada temen gw minta gw ngereview gamenya. Ok, challenge accepted. Langsung aja de. Ini game masi demo sih


Judul : Chaos Hunter (Demo)
Genre : RPG Quest
Engine : VXA
Bahasa : Indonesia
Durasi : 10 menit ++


Original Link : http://www.rpgmakerid.com/viewtopic.php?f=111&p=117398#p117398


Cerita :
Mengisahkan Tentang Seorang Mantan Prajurit yang memutuskan untuk berhenti dan
memilih menjadi Seorang Hunter untuk terkenal di Khirstalia. Oh well, aslinya gw ngga gitu peduli ama storynya seh. *plakk!!

Game ini lumayan sederhana ceritanya. Kita cuman bolak-balik dari mengambil quest, kerjain, kelar, balik lagi dll dll. Yang gw komplain dari segi cerita disini, NPC yang ada di desanya kurang punya jiwa. Seperti penyedia quest yang disebut "pak tua".

Dari dialog yang terdapat pada screenshot tersebut, terlihat kalau percakapannya sangat menuju keinti masalah. Dan apabila dialog tersebut dikatakan berulang-ulang, bakal bosan juga. Begitu juga NPC2 lain, yang dimana tidak mempunyai rutinitas. Begitu selesai quest, mereka tetap disana dan melakukan kegiatan yang sama. Entah kenapa gw ngerasa berada di desa yang penuh dengan robot.



Kalau saran sih, menurutku. Setiap kali menyelesaikan sebuah misi, state / keadaan desa tersebut ganti sesuai dengan misi yang setelah diselesaikan oleh player. Semisal, selesai menyelesaikan quest membunuh scorpio, maka di desa tersebut ada seseorang yang datang, atau mungkin kegiatan NPCnya berubah.

Well, emang bakalan ribet dan penuh branch sana sini. Lagian ngga ada yg pernah bilang bikin game bagus tu mudah mwahahaha....

Gameplay :

Battle System :
Battle yang ditawarkan dalam game ini adalah sideview dengan action battler. Dan support mutiple party up to 9 (cmiiw) yang dapat disummon kapan saja menggunakan item (selama masih ada). Tapi gw ngga gitu fokus dengan item summonnya jadi kurang tau juga gimana kerjanya. Langsung saja kita bahas battlenya. Dan ada beberapa yang gw pengen komplen

No MP cost, yet I can't use the skill
Kekurangan info mayan janggal menurut gw. Padahal disana terlihat kalo TP actor gw bejibun, tapi entah kenapa, MP actor gw juga berkurang tanpa notifikasi. Gw harap, update berikutnya bug ini dapat segera diselesaikan.

Useless guard
Yang satu ini pendapat pribadi. Entah kenapa guard kalo cuman sekedar mengurangi damage itu kurang begitu berguna. Seandainya guard menambah HP, MP, atau semacamnya, gw rasa bakal menjadi lebih taktis. Emang sih, battlenya agak mindless. Ato cuman gw aja yg belom nyelesein quest level tinggi? entahlah.

Tentang Grinding dan Quest:
Awal-awalnya gw asik2 aja sih bunuh2 musuh. Gw berharap dengan ini actor wa bisa naek level tinggi, dapet gold, dan semacemnya. Cuman begitu gw selese battle, gw ngga disediain dapet gold atau item drop. Cuman exp doank. Well, awalnya gw berpikir. "Yah, biarlah, paling hadiah questnya ok". Tau2 pas balik dari quest, gw dikasi random box yg nanti dapet item random juga. Entah kenapa gw merasa ditipu soal ini.

Kalo saran gw, quest itu udah ada rewardnya secara tertulis. Sehingga player bisa mempertimbangkan mana yang akan diambil dulu dan seterusnya.

Graphics :

Desain Menu :
Dalam game yang menggunakan resolusi widescreen gini tentu banyak menu2 yang harus direvamp. Dan developer wa rasa udah sadar akan hal itu. Namun, kalo dari sisi pengamatan gw masi terdapat beberapa flaw. Well, wa kupas satu2 yaw ~

Confusing menu command
Kalo diliat dari situ, command main menunya rada bingungin. Setelah save, ke kiri apa, ke kanan apa ngga jelas. Gw bingung juga ini pergerakannya gimana. Kalo developer menganggap hal itu keren, di sisi gw itu wa anggap membingungkan player. Tapi, untuk keputusan akhir, biar developer yang memutuskan.

Summon item shop
Ini yang tadi gw bilang summon-summonan. Yg gw komplen disini, kita ngga tau stats summonan kita statsnya gimana, punya skill apa aja, dan semacemnya. Jadi rasanya sama kek hadiah quest tadi. Bagaikan beli "kucing dalam karung". Cuman bisa berharap, semoga saja bagus.

Seandainya ada window yang nge-popup keterangan summonan kita kek gimana wa rasa bakal lebih fair. Cuman gw kurang tau juga apakah developer bisa menyediakan fitur ini apa ngga.

Status menu
Each actor has unique background

Jujur, gw suka bagian ini. Menu status lebih berguna kalau dibarengin ama skill dan learn skill. Apalagi, setiap actor punya background. Gw sebagai player kalo kayak gini bisa bikin penasaran untuk unlock karakter hanya karena pengen liat backgroundnya doank. lol...

Cuman gw rada keganggu ama tulisan chaos hunter yang ada disana. Saran gw coba ditransparanin dikit mungkin bisa lebih acceptable bagi gw.

Formation menu
Nah, ini adalah bagian menu status. Cuman satu hal yg gw komplen sih disini. Penampilan informasi equipnya terlalu minimalis. Gw ngga tau itu icon apa representasi dari apa dan namanya apa. Keknya lebih baik kalo ngedraw equipnya disamain kek RTP.

Gw emang ngga gitu pinter desain layout-layout gitu. Tapi gw cuman bisa bilang kalo design soal menu jangan ampe player kesusahan ngambil informasi yang ada dalam menu. Soal penempatan atau layout sih terserah. RTP aja gw ngga masalah.

Mapping :
Personally, mappingnya standar sih. Walo kata gw kurang rame juga. Kekurangan banyak tumbuh2an. Jadi rasanya rada garing juga. Tapi setidaknya secara view, mappingnya ngga ada yang tileset fail. Semuanya pas pada tempatnya. Tinggal diperbaiki aja design petanya. Good job. Lanjutkan terus.

Musics :
Music yang dipake untuk project ini nyomot dari Atlantica onlen. Keren? iya emang keren gan. Gw aja nulis post ini sambil looping lagu yg dijadiin BGM dititlescreen mwahahaha....

Untuk aspek yang satu ini gw speechless deh,

Bugs or Features?
Yang namanya kerjaan manusia pasti ngga luput dari yang namanya kecacatan. Nah, seiring gw maen game ini, gw juga nemuin hal yg menurut gw kecacatan. Tapi entah juga kalo ternyata itu adalah sebuah fitur. Nah, gw mo kupas satu-satu nih.

Impassable terrain
Entah itu disengaja apa ngga. Tapi rasanya aneh juga seandainya tile yang begitu luas dan masuk akal untuk dilewati ngga bisa dilewati.

Autodoor in medieval?
Selalu saat actor pergi ninggalin rumah, pintu rumah actor kebuka. Dan kalo dideketin nutup lagi. Apakah ini disengaja ato ngga, gw juga gtw.

Impassable door
Gw juga ngga bisa balik masuk rumah. Ga tau juga ini disengaja ato kaga.

Suddenly, the dialog script switch to english
Sempet kaget juga sih. Jangan2 tar dialog sisa2nya bahasa inggris juga o_o
Eh untung ternyata kaga

This is the end of my journey
Hal ini kejadian pas tiba2 random encounter. Begitu selese, gw ngga bisa ngapa-ngapain. Padahal karakter gw dah level 5, dan gw males ngulang lagi. Yah, begitulah nasib :v

Rating? Game ini masih dalam tahap demo. Terlalu cepat untuk memberikan rating. Ntar kalo game udah jadi, baru deh gw kasi rating. Jadi, buat developer Another Chaos Story, tetep semangat !! \=w=/

8 comments:

  1. keren sih, tapi waktu liat gak bisa ngesave, dll, rasanya males mau maen :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kesave aslinya. Kalo diluar quest. Well, nunggu update dari developernya dulu aja

      Delete
  2. wkkwkwkw ngakak w liat bugsnya,,, bagus sih gamenya,. masih bisa di perbaiki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. developernya lagi benah2in katanya. kita tunggu saja (y)

      Delete
  3. Dear there,
    I found your demo by google,that's attract all my mind, could you pls send the demo to my Email:cangyu2004@gmail.com pls?
    I really want to study of it. I found it in 2 hours but getting nothing at all.
    Thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's not my game actually. Let me contact the developer and let see if they give the permission

      Delete
    2. Hii I`m the developer of Chaos Hunter, you can find the demo in our Facebook group, here is the link http://www.facebook.com/notes/acs-games-showcase/chaos-hunter/206451466171377

      The demo is split into 3 part and you need to join it with Hjsplit.

      In case if you need to ask about something in game related, just pm me in facebook > http://www.facebook.com/danny.s.hakuba

      Delete
    3. It's so nice of you replying my request. Thank you very much and with all my sincere thanks!

      Delete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!