Sunday, May 12, 2013

Tutorial - Continuous Battle BGM pada RMVX

Level : Intermediate
Pembukaan :
Kemaren seseorang barusan minta gw untuk ngeconvert script Continuous Battle BGM (RGSS3) untuk engine RMVX / RGSS2. Well, tapi setelah gw liat lagi, keknya hal simple seperti ini enaknya gw bikinin tutorialnya aja. Here you go.

What to do?
1. Buka script editor RGSS2
2. Cari Scene_Map dan masuk ke def call_battle (line 196)

Scene_Map line 196
3. Letakkan simbol ' # ' sebelum RPG::BGM.stop (line 203) dan $game_system.battle_bgm.play (line 206)
4. Coba playtest dan call battle dalam map. Nanti lagu dalam map akan nyambung dalam battle
5. Tapi ada satu kekurangan disini. Gamemu akan selamanya begitu terus. Nah biar suatu saat kalo gamemu pengen play Battle BGM, coba ketik seperti ini.

Battle BGM akan dimainkan kalau switch (nomor 1) ON
Atau kamu juga mengganti "if" dengan "unless". Perbedaan "unless" dengan "if" adalah, "if" akan menjalankan perintah kalau dalam kondisi benar / ON. Sebaliknya, "unless" akan menjalankan perintah kalau kondisi salah.

Selamat mencoba ...

No comments:

Post a Comment

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!