Saturday, May 11, 2013

Tutorial - Conditional Branch -Part1-

Level : Beginner
Permbukaan :
Gwa liat banyak banget yang nanya-nanya soal conditional branch. Sangking banyaknya ampe berulang-ulang kali ditanyain. Well, daripada menjawab pertanyaan yang sama terus, coba gw bikinin tutorialnya.

Apa itu Conditional Branch?
Secara arti, conditional branch adalah kondisi bercabang. Secara istilah dalam RPG Maker adalah sebuah fungsi dalam eventing dimana ada dua kondisi yang saling bercabang. Jika iya dan jika tidak. Contoh kasus yang akan wa bahas disini adalah kondisi dimana player memegang sebuah potion atau tidak.


Kondisi player saat belom punya potion

Kondisi player saat dah ngambil potion
Apa yang harus dilakukan?
Target yang harus kamu penuhi adalah bikin event seperti ini pada ralph

Event
Nah, sekarang mari kita bikin eventnya. Pertama bikin event, lalu lakukan hal seperti ini

Langkah-langkah bikin conditional branch sederhana
Download :
Demo (VXA)

Note:
Karena gw terlalu malas lagi ngebikin demo versi VX, jadi ya deal with it :3

1 comment:

  1. Halo kaka, mo tanya nih kok di punya ane beda ya? yg harusnya "Item ... is in Inventory" disini malah "Item ... is present", dan alhasil command nya jadi beda. Ane pake vxa, apa beda versi?

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!