Saturday, May 11, 2013

Mengubah animation rate dalam RPG Maker VX Ace

Level : Intermediate
Pembukaan:
Mungkin beberapa orang ada yang ngga puas dengan kecepatan pergerakan animasi. Well, tutorial kali ini wa mau bahas bagaimana cara kita nyepetin show animation yang ada di battle ama map. Langsung aja ke tutorial

What to do ?
Sebelum wa bahas lebih lanjut, wa mau tunjukin screenshot database animation dulu

Frame pada animation

Secara default RPG Maker VX Ace, satu detik itu sama dengan 60 frame dalam game. Dan untuk animasi, secara default adalah 60 / 4. Dalam artian setiap 4 frame dalam game adalah satu frame untuk animasi. Nah, yang kita lakuin disini adalah mengubah angka 4 itu dengan angka lain. Langsung sana deh. Cari yang seperti ini.

Cari Sprite_Base line 63
Ubah angka 4 dengan angka lain. Semakin kecil angkanya, semakin cepet animasinya. Misalnya kamu set jadi satu gitu.

Atau cara lain kalo mau sok2an jadi scripter, kamu bisa melakukannya dengan cara seperti ini.

Bikin script baru
Tulis kayak gini
Hasilnya sama saja. Tinggal kamu milih enak langsung ngedit dalam script bawaan atau nge-overwrite script yang udah ada dengan cara bikin script baru dibawah material.

Well, sekian update random tutorial gw. Semoga bisa bermanfaat

3 comments:

  1. Gan gimana cara nya, yang diperlambat cuma animasi serangannya aja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud lu "cuma" itu gimana? :v
      animasi pas di battle doang?

      Delete
  2. i read a lot of stuff and i found that the way of writing to clearifing that exactly want to say was very good so i am impressed and ilike to come again in future..
    RPGMaker MV

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!