Wednesday, May 1, 2013

Tutorial RGSS3 Bahasa Indonesia


Level : Skilled
Pembukaan :
Well, mungkin bagi beberapa kalian ada yang pengen jadi scripter RGSS juga. Tapi kalian bingung mulai dari mana. Mau buka script editor aja rasanya dah mabok lol. Well, ane dlu juga gitu seh. Bagi kalian yg ga punya ilmu sama sekali soal scripting, ane punya PDF tutorial yg ane tulis ndiri. Tentunya pake bahasa indonesia. Beberapa syarat yg kamu harus penuhi.
  1. Punya RPG Maker VX Ace (Kita mau gunain consolenya)
  2. Punya / Mau nyisain waktu buat belajar. Soalnya ga cuman belajar bentar jadi scripter dewa
  3. Bisa dasar eventing RPG Maker (Switch, Variable, dst)
  4. Willpower. Alias keinginan yg tinggi untuk belajar. Kalo dikit2 nyerah mending g usah sekalian :v 
Download Link:
Beginner Guide to RGSS3 (Indonesia)

Konten:
  1. Chapter 1 (Ruby Basic Syntax) - Selesai
    • Lesson 1 : Hello World
    • Lesson 2 : Input dari user
    • Lesson 3 : Variable Type
    • Lesson 4 : Numeric
    • Lesson 5 : Conditional Branch
    • Lesson 6 : Advanced Conditional Branch
    • Lesson 7 : Looping
    • Lesson 8 : Methods
    • Lesson 9 : Variable Scope
  2. Chapter 2 (Ruby Basic Object) - Selesai
    • Lesson 10 : Arrays
    • Lesson 11 : Hash
    • Lesson 12 : Class
    • Lesson 13 : Module
    • Lesson 14 : Object Function
  3. Chapter 3 (RGSS Basic Module) - Selesai
    • Lesson 15 : Module Audio
    • Lesson 16 : Module Graphics
    • Lesson 17 : Module Input
  4. Chapter 4 (RGSS3 Data Structure) - Selesai
    • Lesson 18 : Module DataManager
    • Lesson 19 : Module RPG
  5. Chapter 5 (RGSS3 Workflow) - Selesai
    • Lesson 20 : Module SceneManager
    • Lesson 21 : Class Scene_Base
  6. Chapter 6 (RGSS3 Window Class) - Selesai
    • Lesson 22 : Window Attributes
    • Lesson 23 : Custom Window Class (Part 1: Basic Funtions)
    • Lesson 24 : Custom Window Class (Part 2: Implementation)
    • Lesson 25 : Custom Window Class (Part 3: Scene Implementation)
  7. Chapter 7 (RGSS3 Learning Default Script) - On Going
    • Lesson 26 : Game_Party
    • Lesson 27 : Notetagging - Belom ditulis
  8. Chapter 8 (RGSS3 -) - Belom ditulis


DEFAQ (The Frequently Asked Questions) : 
Q : Kok harus VXA sih kk?
A : Ane dah bilang, kita manfaatin consolenya VXA buat testing

Q : Ane g punya RMVXA. Gimana nih kk?

Q : Kalo ngga pake VXA bisa g kk?
A : Bisa pake VX ato XP. Tapi kalian harus insert RGSS Console buat VX ato XP dlu

Q : Ini kan buat RGSS3 ya kk. Ada ga buat RGSS2 ato RGSS1?
A : PDF ini chapter 1 ampe chapter 3 semua RGSS sama. Jadi lu g rugi deh baca chapter itu. Tapi mulai chapter 4 kebawah, tiap seri RGSS dah beda. Jadi sisanya pelajari sendiri

Q : Belom selese kk?
A : Belom, masi repot. 

74 comments:

  1. Mabok saya gan @.@ , yang bahasa indo az mabok , apalagi bahasa Inggris .

    Terus lanjutin tutorial nya ya !! Semangat!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kan udah wa bilang. Syarat nomor 4 tu willpower alias keinginan yg tinggi. Wa awal belajar dulu juga mabok2an wkwkwk....

      Tq gan ~

      Delete
    2. menurut ane belajar ruby lebih gampang dari belajar html ato java.. gak terlalu banyak simbol kolo ruby..

      Delete
    3. gw juga native java. begitu pindah Ruby cuman bisa bilang "dafuq, ini mah gampang" :v

      Delete
    4. Wah ada nih ruby nya, saya sudah sampai belajar ke youtube yang bahasa inggris terus belajar rubymonk dll gak taunya di sini ada pelajarannya bahkan bahasa Indonesia, makasih Tuhan, sekarang jadi lebih mudah dan menyenangkan, big thanks buat om/kak TheoAllen
      saya berasal dari golongan C++ pertama belajar ruby sebenrnya agak pusing, tapi waktu agak paham konsepnya, sepertinya lebih gampang ruby ya ?

      Delete
    5. Ruby lebih bebas kok ~
      Walo di beberapa sisi kadang rada nyebelin juga

      Delete
  2. thanks udah bagi2 ilmunya koko... mayan nambah lagi ilmu saya

    ReplyDelete
  3. Sep gan , Ini ane Ibnu Fadhil Mhd (FB) :D thanks ya gw coba pelajari smua

    ReplyDelete
  4. kok setiap ane download muncul error :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. IDM says " Bad Request"
      ane gk bercanda :v

      Delete
    2. Ya udah. Donlotnya ga usah pake IDM. Ato donlotnya diwarnet aja :v

      Ato kalo ente punya FB, coba gabung grup RPGMakerID
      http://www.facebook.com/groups/rpgmakerid/

      Gw juga upload disana :v

      Delete
  5. thanks bro,, bermanfaat bgt nih,, lagi setengah jalan,,
    ane belajar ginian karena mo bikin hud sendiri.. gak ada hud yang pas di internet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal HUD itu tar ane jelasin di chapter 6 gan. Sementara sabar dulu ya.

      Anyway, thanks for comment

      Delete
    2. sepp dah boss...

      Delete
  6. Mantap banget ni gan, smangat 45 bwt beljarnya.. Thanks gan, sangat bermanfaat...!!

    ReplyDelete
  7. Gan, masih update nggak nih ?
    lagi pengen banget belajar RGSS,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kok. Ntar kalo gw dah bener2 nganggur gtw mau ngapa2in wkwk ....

      Pelajari aja dulu, itu mayan banyak lho

      Delete
    2. Oke gan.
      ane tunggu Lanjutannya yah.. :D

      btw, bahasanya Keren :D
      jadi, brasa lebih ngerti dari pada modul biasa...

      Thanks yah Work nya. berguna banget.

      Delete
    3. sama2 om. ane sbenernya malah pesimis ntar pada bisa paham apa kaha kalo g pake bahasa resmi gini wkwkw ....

      Delete
  8. Wah, mantab nih gan.
    Bahasa yang gak formal malah lebih enak dibaca.
    Btw, ane mau ngasih tau aja, siapa tau yang baca tutorial agan ada yang mencentang menu Game > Launch in Full Screen (kayak gw -_-)
    Nah, lebih baik dikasih peringatan juga untuk mengnonaktifkan menu tadi sebelum mulai, soalnya consolenya malah gak keliatan
    dan not responding. Nanti malah yang masih awam-awam mabok duluan sebelum nyoba, karena ngiranya komputernya rusak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh, ntar wa kasi peringatan di awal. thanks buat sarannya XD

      Delete
  9. Om mau nanya nih ....
    kan gunanya super itu manggil semua fungsi yg ada di superclassnya. Semisal def method membutuhkan masukan, seperti method(x), maka ntar super juga ditulis dengan super(x).

    nah terus kalo class yg punya super kan parameternya gini <
    nah gwa liat di Window_Base itu dia juga ada 'super' trs Window_Base juga punya superclass yaitu Window (class Window_Base < Window) tapi gwa ga nemu class Window ....jadinya gimana tuh ...

    intinya ...apa fungsi super pada Window_Base :3

    engine : RMVX Ace

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buka helpfile --> RGSS Reference Manual --> Game Library --> RGSS Built-in classes --> Window :3

      ane ngga nanggung kalo helpfile u japan *kabur*

      Delete
    2. Berarti super buat bikin parameter kyk gini :
      Window.new([x, y, width, height]) gwa masih ga ngerti nih om hehe >,< tapi yasudahlah ,,,

      Haha semenjak gwa liat rmvxace lu bhs inggris gwa langsung searching wkwk XD

      Delete
    3. Iyo buat manggil initialize superclassnya.
      Kalo dalam helpfile, ada parameter yg di dalem [] itu artinya optional. Bisa diisi, ato bisa diabaikan. Well, you'll know it later =w=/

      Delete
  10. Makasih kk, aq dah lama kenal rpgmaker (sejak rm2k s/d rmvxa) tapi ga pernah paham scripting. kalo ada ini aq bisa mulai belajar skrg hehehe (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kk. Semoga paham penjelasan gw xD

      Delete
  11. wah, makasih nih :). ternyata ada yg bikin bhs indo nya :D.
    oiya, kalo bedanya RGSS ama ruby biasa apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruby itu bahasa pemrograman. Lebih umum. Sedangkan RGSS itu khusus untuk RPG Maker. Singkatnya sih RGSS itu Ruby yg udah dikembangin cuman khusus buat RPG Maker

      Delete
  12. cara insert rggs console nya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insert gimana? Kalo VXA tinggal hidupin aja

      Delete
    2. kalo buat xp gimana

      Delete
    3. Masukin aja script ini diatas main
      http://theolized.blogspot.com/2013/08/rgss-console-untuk-xp-dan-vx.html

      Delete
  13. method it apa sih?? kok aku masih belom ngerti ya @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. simplenya... method itu yg biasanya diawali def

      Delete
  14. masih lanjut ini gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen wa lanjutin tapi masi rada bingung mo digimanain lagi

      Delete
  15. ditunggu lanjutannya kakak, gak sabar lagi >.< pengen cepet-cepet bisa

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Macama... btw, nama lu alay banget sih :v

      Delete
  17. gan.. tu tutorialnya ada gak tentang bikin SBS..? yg detail n advanced skill sih klo ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well ....
      1. Kalo yang kamu maksud itu bikin script SBS original dari nol yang dinamis keren itu makan sekitar ribuan baris buat bikin e. Dan gw bikin tutorial untuk nulis script kayak gitu sama aja kek bikin skripsi. Gw malah mending bikin skripsi :v

      2. Kamu udah tamat baca ini belom? Kamu ngga akan bisa tau hitung-hitungan rumit kalau kamu 1 + 1 aja ngga tau hasilnya.

      3. SBS udah banyak tersebar di internet. Kalo ga mau repot, cari artikel gw soal link-link battle system. Pasang scriptnya, dan baca instruksinya.

      Delete
    2. nyoba punya orang sih pernah, tp kurang sreg,, jd kpengen aja bikin sndiri.. maunya sih masukin sprite yg gedean dikit, biar gk cebol lg.. :v

      soal basic programmingnya udah ngerti sih, tp banyak modul dr enterbrain tu yg blum gw tau.. -_-

      overall tq gan,,

      Delete
    3. kalo basic programming dah ngerti, kamu bisa eksperimen sendiri sisanya. untuk tahap awal, pahami aja script default. ga usah peduli semisal yang kamu pelajarin itu ngga berhubungan langsung dengan script SBS. Karena sebener e script battle itu kompleks dan ngelibatin banyak aspek.

      Gw bikin SBS original itu itungan e setaun dimulai dari gw bikin "Hello World" :v

      Good luck ~

      Delete
  18. wih mantep om/kak guidenya !
    basic saya di C/C++ , dan first step ruby saya pake guide om, dan hmm lesson awal ngejelasin logika dasar programming dengan syntax ruby (sial, print array ga perlu looping?!?)
    lesson selanjutnya udah focus ke RGSS3 dan pemakaian scripting terhadap database , dan juga draw object melalui script.
    saya rasa kalo udah ikutin guide dr awal - akhir (chapter 7) udah dapet logika dasar programming sm RGSS3 basic usage.

    saran nih buat guide selanjutnya , gimana kalo jelasin implementasi script ke system RM itu sendiri? (sistem menu , shop , battle, atau event editor seperti message)
    saya rasa setelah mereka baca guide sampe chap.7 bakal punya gambaran "oke , draw hud bisa , draw window bisa , draw nilai variabel + icon sudah bisa , implemen ke sistem gimana ya?"
    sebagai contoh mungkin HUD nya tadi mau dimunculin di menu , shop atau mungkin ke battle (morale HUD? maybe) tapi bingung gimana implementasi ke sistemnya, padahal udah ngerti draw dan ambil value dr database (termasuk saya, saya bingung :p)
    tapi Overall guide udah cukup, seengaknya pas buka script orang , udah bisa baca gimana runtutan kerja scriptnya dan bisa otak atik

    keep up the good work~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat berikutnya ane galau antara langsung implementasi script ke game atau masi bahas library dlu sih. Soal e soal nampilin sprite dan looping image macem parallax belom ane jelasin.

      Kalo jelasin default script itu bakalan panjang. Soal e default script itu kayak baca wikia bro. Nyambung kesana kemari. Gw pernah niatnya mo baca class Window aja ampe kebablasan baca-baca Game_Battler. Jadi kalo mo dokumentasi ato bikin tutorialnya gw kudu bahas sekalian bikin UML yang kayaknya malah jadi worth dijadiin skripsi wkwkwk....

      Kalo mau belajar sih, buat kedepannya emang harus otodidak dan contek-contek contoh script yg ada. Punya gw ini buat started doang.

      Anyway, makasih komennya. Dan sorry telat bales

      Delete
  19. Yang repot biasanya setelah mulai ngejelasin SceneManager yg diajarin kudu bener2 inteleck kalo ga ya repot wkwk.. Apalagi BattleManager wkowko.. Semangat bro theo kalo masih lanjut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you bro... iyo bagian itu paling susah jelasinnya lol

      Delete
  20. thank's bang theo!!!
    guide nya ngebantu banget nih...

    ReplyDelete
  21. Maaf Mr. Theo ana mau tanya sama anta. Waktu ana buka file RPGm VxAce, ada error: "Unexpected file format". Terus ngatasinnya gimana ya Mr. Theo? Soalnya ana udh ngebikin game tu ampe begadang 3 hari. Tolong bantuan dari anta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ente ngelanggar rules nomor 1

      2. baca rules nomor 2

      3. ane sengaja emang ngga buka tempat khusus buat support general questions. macem support pertanyaan masalah kek gini ato basic RM. Join komunitas sana, grup FB, ato RPGMakerID. Gw bukan satu2nya orang yg jadi sumber jawaban. Dan gw bosen ditanyain banyak orang mulu (yup, yg nanya bukan lu seorang).

      4. hint gw, udah dicoba bikin project baru? kalo project baru bisa dibuka... export semua data yg ada di folder data ke project baru. trus playtest di ojekan baru

      5. Ane ngga bakal lanjutin tanggepan ini kalo semisal lu ada tanggepan ato masalah berikutnya dengan alasan nomor 1, nomor 2, dan nomor 3

      Delete
  22. Sometimes, I really want this tutorial will be translate in English.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ew, you guys already have DP3 tutorials. That's enough I think

      Delete
  23. maksih om theo pejelasannya.
    aku satu minggu udah bisa kuasai semua
    ajaran dari om theo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wogh seminggu khatam. Keren gan.
      Share hasilnya dong :D

      Delete
  24. makasih om theo :D
    btw, ane cukup mabok jg mempelajarinya, 2 hari baru paham 1/4 nya doang....
    semangaaat om.... ane tunggu kelanjutannya

    ReplyDelete
  25. Thanks, om theo :3. Nih ane Steven Wu (FB) ane mau asah otak ane :v dgn segala tutorial om theo xD

    ReplyDelete
  26. pusing gue minta pencerahan sebagai newbie :

    ane punya masalah di script "can't dup NillClass"

    setelah ane buka script langsung mucul kae gini

    data = N03::ACTOR_POSITION[@battler.index].dup
    @base_x = data[0] * 100 if !@mirror
    @base_x = (Graphics.width - data[0]) * 100 if @mirror

    gimana fixnya ya gan, karena di tutorial kan jelesin fungsinya, trus fixnya ane masih bingung

    ReplyDelete
  27. Gan gua mraktekin tutor diatas. Cuman karena gua gak tahu. Menu main yang di editor script gua hapus, maksydnya mau gua ulang. Cuman habis itu kok semua element yang ada di database hurufnya jadi huruf jepang semua... Bisa bantu balikin kayak semula gak gan...?

    ReplyDelete
  28. Gan, kan ane nurut tuh sama tutor di pdf. Tapi mentok pas mau di fungsi gets "Input your name ="(fungsi yang bisa dimasukkan sama user), di pdf bisa dimasukkan nilainya tapi pas ane coba gak bisa, diketik apapun gak ada satu huruf pun yang muncul. Itu gimana gan?

    ReplyDelete
  29. bro ask donk ._. ane pake coba kaya di tutor pas pertama kalo yang hello world itu malah Force close ?? itu knapa ya

    ReplyDelete
  30. Di Sini Ada Komunitas Rpg Marker Ga?

    ReplyDelete
  31. Very important, thanks bro about everything

    ReplyDelete
  32. Update link min. Di Dropbox not found. Gw peng donlot tapi gak bisa :'D

    ReplyDelete

Comment rules :
1. Stay in topic or I will ignore
2. Comment must be in either Bahasa Indonesian or English.

I appreciate any form of comments. However, please do not spam!